Penjualan 0 Unit, Honda NSX Pamit dari Australia!

by  in Berita&Honda&International
Penjualan 0 Unit, Honda NSX Pamit dari Australia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat pabrikan mobil normal membuat mobil performa tinggi, soal penjualan memang bakal jadi taruhan besar bagi mereka. Laku syukur, tidak laku ya sudah. Makanya kadang-kadang merek-merek mobil normal terpaksa menghentikan produksi mobil sport mereka karena hasil penjualannya kurang memuaskan. Coba saja lihat di Australia, karena supercar hybrid Honda sudah resmi pamit dari benua kangguru itu.

Honda NSX model tahun 2020 telah distop penjualannya dan tidak ada lagi satu pun stok di dealer di Australia. Alasannya simpel : Pada tahun 2020, penjualannya 0 unit alias tidak ada yang beli sama sekali. Sebelumnya pada tahun 2019, Honda NSX terjual hanya 3 unit di Australia dan akhirnya turun terus jadi 0 unit pada tahun ini. Berita ini muncul saat Honda Australia sedang menggeser pengelolaan kontrol dari dealer cabang ke model yang dikelola di kantor pusat.

Dalam restrukturisasi strategi bisnisnya, NSX ternyata bukan satu-satunya model Honda yang tidak laku di Australia. Honda Jazz dan Honda City juga menghadapi nasib yang sama. “Informasi soal model NSX telah dihapus dari situs web beberapa minggu yang lalu, karena tidak mungkin melakukan pemesanan baru untuk NSX lagi,” ujar juru bicara dari Honda Australia.

Mobil super andalan Honda ini dirancang ulang sebagai hybrid all-wheel-drive alias AWD, dengan mesin V6 3.500 cc twin-turbocharged yang dikawinkan dengan tiga motor listrik, baterai, dan transmisi otomatis kopling ganda sembilan percepatan. Namun, tenaga mobil ini juga bhengis, 573 hp dan torsi 646 Nm, meskipun beratnya 1.780 kg karena komponen hybrid mobil ini memang punya bobot yang besar.

Walaupun dipersenjatai jeroan ciamik seperti itu, toh ia tidak cukup menarik untuk bertahan di Australia. Bersamaan dengan dihentikannya penjualan Honda NSX, pabrikan mobil Jepang itu akan mengganti model bisnisnya dengan mengaplikasikan harga tetap pada Juli 2021 nanti. Semua mobil diharuskan mengenakan label harga yang tidak dapat dinegosiasikan, hal ini ditetapkan oleh Honda Australia.

Honda memperkirakan volume penjualan di Australia turun secara signifikan pada saat restrukturisasi selesai. Pada Desember 2019 Honda telah menjual lebih dari 3.600 unit mobil, dan pada bulan Juli 2021 mendatang, Honda berharap untuk menjual sekitar 1.650 mobil per bulan. Honda menjual 43.868 mobil pada 2019 menurut data VFACTS, turun dari 51.525 pada 2018 dan tertinggi lebih dari 60.000 penjualan tahunan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: