Teknologi Masa Depan KIA Untuk Kenyamanan Berkendara

by  in International&Kia
Teknologi Masa Depan KIA Untuk Kenyamanan Berkendara
0  komentar
KIA IVI Concept

AutonetMagz – Pada pagelaran Consumer Electronic Show (CES) yang diadakan awal Januari lalu, KIA Motors memperkenalkan teknologi baru untuk masa depan, yang lebih mengarah pada telematika dan infotainment dalam berkendara. Teknologi yang dinamakan KIA UVO System ini lebih mengutamakan hubungan antara pengemudi dengan mobil yang dikendarainya, yang bertujuan untuk menciptakan rasa yang lebih aman, lebih dinamis dan efisien dalam pengalaman berkendara.

User-centered Driver Concept (UCD)

Konsep UCD yang ditawarkan oleh KIA ini berfokus pada keselamatan dan hubungan antarmuka yang peka antara pengemudi dan mobil yang dikendarainya melalui fitur Multi-sensory Design yang inovatif. Menjaga mata pengemudi di jalan dan tangan pengemudi pada setir merupakan tujuan KIA untuk teknologi terbarunya ini, sebagaimana dibuktikan oleh sistem UVO. Dengan layar lebar Head-Up Display (HUD) 18 inci pada dashboard, pengemudi dapat memperoleh informasi penting seperti kecepatan, navigasi dan informasi lalu lintas yang berwujud augmented-reality. Selain itu, layar 12,3-inch TFT-LCD cluster dapat menyajikan tampilan 3 dimensi dari kendaraan dan informasi penting lainnya. Menggunakan teknologi yang dinamakan eye-tracking yang berfungsi untuk memantau kendaraan dari berbagai sudut.

Ilustrasi teknologi canggih fitur IVI KIA

Cara kerja sistem canggih ini adalah melalui Hand-Gesture Controller, jadi gerak-gerik tangan pengemudi dapat terdeteksi berkat sensor infra merah dan sensor kamera yang canggih, sehingga pengemudi dapat dengan mudah mengganti channel radio dan mengoperasikan navigasi lain pada kendaraan hanya dengan menggerakan jari, tanpa harus melepaskan pandangan dari jalan.

In-vehicle Infotainment Concept (IVI)

KIA telah mengembangkan bahkan melengkapi mobil-mobil terbarunya dengan teknologi infotainment yang mutakhir namun sangat mudah digunakan. Termasuk pada All-new KIA Soul 2014. Pada CES 2014, konsep yang diperkenalkan KIA bernama In-vehicle Infotainment Concept atau IVI ini menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan untuk pengemudi maupun penumpang. Tata letak multi-display yang enak dipandang, dapat membantu pengendara melihat berbagai informasi selama berkendara dalam sebuah layar multi-touch berukuran 20 inchi yang berada di konsol tengah. Semua informasi pada layar tersebut dapat di sinkronkan dengan tablet atau smartphone si pengemudi melalui plug-in tablet portable.

Selain itu terdapat pula Hard disk dengan teknologi wireless (WiHD) yang dapat mengoptimalkan koneksi dari berbagai komponen. Jadi maksudnya antara yang ditampilkan di layar depan dan layar penumpang belakang bisa berbeda. Informasi penting bagi pengemudi tetap dapat ditampilkan di layar depan, namun penumpang belakang dapat menikmati musik dan video selama perjalanan.

Fitur canggih mobil KIA dengan teknologi IVI Concept

The Future of UVO

Teknologi yang tak kalah kerennya adalah UVO VR (Voice Recognition) technology. Teknologi masa depan KIA dalam hal telematika ini mengambil platform Hybrid VR yang memungkinkan pengguna dapat dengan mudah dan efisien dalam melakukan berbagai kegiatan selama mengemudi, seperti memilih musik atau menanyakan arah tujuan, memerintahkan untuk membaca pesan yang masuk hanya dengan perintah suara. Jadi konsentrasi mata tetap mengarah ke depan.

Bahkan beberapa model mobil KIA untuk tahun 2015 akan menggunakan teknologi multimedia terbaru, termasuk kemampuan untuk men-download aplikasi tambahan seperti layanan musik iHearth Radio, Sound Hound apps yang akan membuat perangkat entertainment pada mobil KIA lebih maju ke level berikutnya. Selain itu integrasi dari aplikasi Yelp® akan membantu pengemudi dalam mencari lokasi restoran hingga tempat clubbing favorit. Cakep ya!

Read Prev:
Read Next: