KIA Grand Sedona Diesel Terkuak, Rilis Resmi Sebelum GIIAS 2018!

KIA Grand Sedona Diesel Terkuak, Rilis Resmi Sebelum GIIAS 2018!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kami sudah memberitakan bahwa akan ada varian baru dari MPV besar KIA Grand Sedona, yakni varian bermesin diesel. Kini, foto-foto bocoran KIA Grand Sedona Diesel sudah terungkap, dan rupanya ini bukan sekedar penambahan varian baru, tapi facelift. Ya, KIA Grand Sedona facelift 2018 yang kemarin resmi diluncurkan di Amerika Serikat sekarang sudah sampai ke tanah air beta.

Mengenai penampilan, KIA Grand Sedona facelift ini hanya ditata seperlunya mengingat dari sananya saja mobil ini sudah lumayan cakep buat ukuran MPV besar. Desain bumper depan baru, dengan kehadiran garis hitam yang menghubungkan foglamp kiri-kanan dan garisnya selaras dengan air dam bumper depan. Gril diberi aksen hitam sedikit, LED DRL tetap ada tapi lampu utamanya masih halogen kuning. Kenapa tidak diberi bohlam HID ya? Ini bukan mobil middle-low lho.

Desain peleknya baru, dan di sini kembali ada plus-minus dari ukuran pelek. Minusnya, andai KIA Grand Sedona ini pakai pelek yang lebih besar 2 inci lagi, kami yakin penampilan mobil ini akan lebih ganteng dibandingkan sekarang, namun sisi baiknya adalah ban yang tebal biasanya menjamin bantingan yang lembut. Perubahan desain belakang ada di bumper belakang baru dan lampu rem yang full LED. Nah, begitu dong!

Warna interior kini adalah dual tone hitam dan abu-abu, dan sama seperti Toyota Camry, KIA Grand Sedona diesel ini sudah membawa fitur wireless charging untuk smartphone sebagai standar. Mewah dan canggih, namun biasanya hanya smartphone high-end yang bisa menikmati fitur ini. Jok kulit sudah pasti, dan pengemudi bersama penumpang depan bisa mengatur setelan bangkunya secara elektronik. Head unit KIA Grand Sedona kini pakai layar sentuh 7 inci. Nah, ini baru sip.

Pintu geser elektroniknya ada blind untuk privasi lebih, dan seluruh lampu kabin sudah LED demi pencahayaan interior yang lebih baik. Sisi kurang baiknya, kami mendapat kabar kalau sistem tata suara KIA Grand Sedona diesel ini diturunkan levelnya, sebab ia tak pakai speaker Infinity seperti Grand Sedona V6. Kekurangan lainnya adalah banyak slot kosong dekat persneling dan bawah kisi AC kanan driver yang membuatnya kurang terkesan mahal.

Tentu saja mesin KIA Grand Sedona diesel ini tidaklah asing bagi kami. Mesin turbo diesel 2.200 cc 4 silinder CRDi ini sama dengan milik Santa Fe dan Sorento, di mana tenaga 200 hp dan torsi 450 Nm itu sudah cukup untuk mobil sebesar ini. Didukung oleh transmisi 8 percepatan, ia masih mengandalkan penggerak FWD. Mungkin pilihan diesel ini bakal jadi jawaban yang lebih ekonomis bagi konsumen Grand Sedona, sebab varian 3.300 cc V6 biasanya jauh dari kata irit.

Belum ada harga resmi KIA Grand Sedona diesel, namun kami bisa memberitahu kalau mobil ini akan meluncur resmi pada hari Rabu, 18 Juli 2018 mendatang sebelum GIIAS 2018. Sedikit bocoran, diperkirakan harga OTR untuk daerah luar Jabodetabek ada di angka 599 juta Rupiah, dan ingat, itu sudah OTR. Apa ekspektasimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: