Teknologi e:HEV Jazz Diadopsi dari Teknologi Formula 1

by  in Berita&Honda&International
Teknologi e:HEV Jazz Diadopsi dari Teknologi Formula 1
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak kemunculannya di Tokyo Motor Show 2019 kemarin, All New Honda Jazz memang memantik banyak pro dan kontra, apalagi perihal desainnya. Baru – baru ini, unit yang sedikit berbeda juga diluncurkan di China. Sedangkan di Eropa, Honda berencana untuk memperkenalkan varian hybrid untuk mobil ini. Dan Honda menyebutkan bahwa teknologi Hybrid di Jazz diadaptasi dari teknologi serupa di ajang Formula One. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Jadi, Honda Motor Europe berencana menghadirkan All New Honda Jazz di Eropa pada akhir tahun ini, dan salah satu variannya akan mengandalkan teknologi hybrid. Nah, teknologi ini sudah diperkenalkan saat TMS 2019 lalu, namun kami belum membahasnya secara mendetail. Dengan bermodalkan pengalaman dari tim balap F1, Honda mengaplikasikan keahliannya dalam merancang Hybrid Power Unit (PU) kedalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV. FYI, mesin terbaru dari Honda Formula 1, bernama RA620H, menggunakan mesin 1.600 cc dengan enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System.

Kasarnya, sistem ini memungkinkan energi untuk didaur ulang dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan. Yasuaki Asaki sebagai Head of PU Development menjelaskan, “Di sepanjang balap Formula 1, tim kami dengan cermat telah mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap. Namun, ada beberapa situasi dimana kami berharap dapat menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk meningkatkan performa, atau situasi sebaliknya dimana kami ingin menghemat lebih banyak bahan bakar, misalnya saat mobil kami sedang berjalan dibelakang safety car.”

Asaki-san menambahkan bahwa di mesin e:HEV yang mereka rancang, Honda mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun. Dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar. Mesin tersebut terdiri dari dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan.

Sayangnya, Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia nampaknya belum mempertimbangkan kehadiran All New Honda Jazz versi Jepang karena desainnya yang dianggap kurang sporty. Tentunya kita tak bisa terlalu banyak berharap teknologi dan desain All New Honda Jazz akan mengaspal di Indonesia, apalagi sudah ada isu bahwa Honda City Hatchback akan menggantikan mobil ini walaupun belum jelas apakah menggunakan nama City atau Jazz. Jadi bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: