Honda Mulai Ujicoba Civic Type R-GT Untuk Persiapan Super GT 2024

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Honda Mulai Ujicoba Civic Type R-GT Untuk Persiapan Super GT 2024
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda Racing Corporation (HRC) sudah mulai persiapan untuk ajang balap Super GT Series tahun 2024 mendatang. Mereka menggunakan Honda Civic Type R-GT, dan mobil itu akan dijui coba pada 25 – 26 Juli 2023 di Sirkuit Internasional Okayama, Jepang. Super GT sendiri merupakan sebuah ajang balap mobil sport yang sudah eksis sejak tahun 1993.  Ajang ini sebelumnya bernama Zen Nihon GT atau All Japan Grand Touring Car Championship.

Akan Mengikuti Beberapa Ajang Balap

Honda Civic Type R-GT sebelumnya diperkenalkan secara world premiere dalam bentuk konsep pada ajang Tokyo Auto Salon 2023 Januari lalu. Mobil tersebut langsung mendapatkan penghargaan bergengsi “Concept Car Category Grand Prize” di acara Tokyo International Custom Car Contest 2023. Mengusung mesin 2.0-liter direct injection turbocharged inline 4-cylinder, sementara torsi dan tenaganya belum diketahui. Desain bodi, aerodinamika, serta teknologi lainnya dikembangkan oleh Honda Racing Co., Ltd (HRC).

Pada awal tahun 2023 ini, Honda melalui Honda Racing Co., Ltd (HRC). juga telah mengumumkan program balap di tahun 2023 ini. Dimana Honda akan memperkuat operasional dan kapabilitas motorsport dengan terus berpartisipasi di berbagai kejuaraan ajang balap roda empat serta roda dua tingkat internasional. Selain di ajang balap Super GT Series tahun 2024, Honda Civic Type R generasi terbaru juga akan digunakan di ajang balap Touring Car Series (TCR) 2023.

Rencana Honda kedepannya

Selain itu, Honda melalui Honda Performance Development (HPD) akan meneruskan partisipasinya di ajang balap IMSA SportsCar Championship. Disana, Honda menggunakan mobil balap Acura ARX-05 di kelas Daytona Prototype International (DPI) dan Acura NSX GT3 Evo di kelas GT Daytona (GTD Pro / GTD). Selain itu, Honda dan HPD juga masih akan memasok mesin balap Honda untuk 6 tim (total 17 mobil) yang akan berlaga di ajang balap IndyCar® Series tahun 2023 ini.

Selain itu, Honda akan terus mendukung bakat anak-anak muda asal Jepang yang mempunyai keinginan untuk bersaing di dunia balap mobil melalui Honda Performance Development Academy Program. Honda bertekad untuk kembali mencetak bibit pembalap unggul di ajang FIA Formula 2 Championship (F2). Selain F2, Honda juga berharap dapat menjaring bibit pembalap unggulan dari balapan lainnya, mengikuti jejak Yuki Tsunoda yang berlaga di F1 bersama tim Scuderia AlphaTauri sejak tahun 2021.

Read Prev:
Read Next: