Penjualan Raize di Jepang Hampir 3 Kali Lipat Rocky, Segera ke Indonesia?

by  in  Berita & Daihatsu & International
Penjualan Raize di Jepang Hampir 3 Kali Lipat Rocky, Segera ke Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kami sudah sempat membahas mengenai hasil test tabrak dari Daihatsu Rocky yang notabene juga merupakan kembaran dari Toyota Raize. Nah, selagi berita mengenai duet SUV kompak ini masih hot, kami juga ingin membahas mengenai capaian penjualan dari keduanya. FYI, keduanya sudah dipasarkan selama 7 bulan sejak diluncurkan, dan capaian penjualannya cukup menarik. Toyota Raize mampu mengungguli kembarannya hampir 3 kali lipat.

Mengutip data penjualan via BestCarWeb, terlihat bahwa penjualan dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky memang sudah didominasi oleh Toyota di bulan pertama peluncuran. Hal ini terbilang wajar, apalagi kalau kita perhatikan sejarah penjualan mobil duet kedua pabrikan ini, termasuk Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Mungkin hanya Sigra saja yang berhasil menunjukkan taji Daihatsu dibandingkan Toyota, CMIIW. Kembali ke duet Raize-Rocky, dalam 7 bulan penjualan, Toyota Raize berhasil mencatatkan penjualan di angka 62.270 unit. Lantas, untuk kompatriotnya yaitu Daihatsu Rocky hanya mencatatkan angka 23.103 unit dalam periode yang sama.

Berdasarkan Japan Automobile Dealers Association data

Artinya, ada gap hampir 40 ribu unit diantara keduanya. Padahal, kita semua tahu bahwa nama ‘Rocky’ adalah nama yang menjual dan legendaris dari pabrikan asal Jepang tersebut. Sedangkan Raize adalah nama baru dari Toyota. Ada beberapa faktor yang memang mendasari perbedaan yang cukup signifikan ini diluar brand image masing – masing. Salah satunya karena jumlah diler Toyota yang jauh lebih banyak dibandingkan Daihatsu. Di Jepang, Toyota memiliki 4.900 cabang, sedangkan Daihatsu hanya ada 720 cabang saja. Walaupun penjualan dari Rocky masih ada di bawah Raize, namun bisa dikatakan keuntungan dari Daihatsu tetaplah besar. Kok bisa?

Jelas, karena Daihatsu-lah yang memproduksi keduanya. Saat COVID-19 mulai melanda beberapa negara termasuk Jepang, Toyota Raize masih mampu terjual dengan angka yang bagus. Tentunya ini memberikan stabilisasi dana untuk Daihatsu pula. Nah, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sendiri diisukan kuat akan segera menuju ke Indonesia. Toyota sempat menyebutkan bahwa mereka menunggu waktu yang tepat untuk membawa Raize ke Indonesia. Sedangkan Daihatsu sendiri menunjukkan gerak – gerik bahwa mereka juga berminat dengan Rocky. Bisa jadi, akhir tahun ini atau mungkin tahun depan akan menjadi panggung bagi duet baru Toyota-Daihatsu di Indonesia.

Tapi ini baru sekedar prediksi, dan bisa saja meleset. Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: