Desain Paten Renault Alpine Sports Coupe Bocor Ke Publik

by  in Berita&Mobil Baru&Mobil Konsep
Desain Paten Renault Alpine Sports Coupe Bocor Ke Publik
0  komentar
Alpine-Celebration-patent-images-design-cover

AutonetMagz.com – Mari kita kembali masa lalu dimana kompetisi rally masih menggunakan sportscar berpenggerak roda belakang dan kompetisi Le Mans tahun 60an. Pasti anda familiar dengan nama “Alpine”, ya inilah sportscar murni asal Perancis yang muncul di tahun 1955. Nama Alpine akan kita temui jika kita memainkan game rally seperti Dirt atau game simulator Gran Turismo.

renault-alpine-a110-rally

Mungkin ada baiknya jika kami berikan sekilas info bagi anda yang belum tahu tentang mobil ini. Alpine adalah perusahaan yang didirikan oleh Jean Rédélé, dimana merek ini memproduksi beberapa sportscar yang diperhitungkan di masanya, termasuk Alpine A110 Berlinette yang berjaya di WRC dahulu. Namun perusahaan ini akhirnya diakuisisi oleh Renault dan Alpine menjadi bagian dari divisi Gordini (sekarang bernama Renault Sport).

Alpine-a110-berlinette-side

Pada tahun 80-90 an Renault memproduksi sportscar bernama Renault Alpine A310 dan Renault Alpine A610 namun penjualannya tidak terlalu fantastis sehingga hiatus pada tahun 1995. Setelah melewati masa hibernasi yang panjang, pada tahun 2013 Renault memunculkan Renault Alpine A110-50. Menariknya Alpine A110-50 ini berbagi platform dan mesin dengan Nissan GT-R.

Alpine-Celebration-Concept-side

Tiba-tiba saja kemarin Renault kembali membangkitkan nostalgia kita dengan retro car bernama Alpine Celebration Concept. Bentuknya mengingatkan kita kembali pada Alpine A110 dahulu yang berjaya di dunia motorsport dan Renault membuatnya sebagai perayaan 60 tahun Alpine berjaya di Le Mans. Mobil ini akan ditampilkan di Goodwood Festival of Speed untuk memanjakan para car enthusiast yang masih “terjebak masa lalu”.

Alpine-Celebration-Concept-back-stoplamp

Menarik? tentu saja, namun dengan embel-embel concept seakan membuat kita bingung kapan mobil seperti ini akan turun di jalan raya? Namun sepertinya kita tidak perlu putus asa, karena ternyata tiba-tiba bermunculan desain paten Alpine Celebration Concept yang bocor di internet. Seperti yang diberitakan L’Automobile Magazine, gambar ini dilaporkan telah masuk ke file World Intellectual Property Organization pada Desember 2014.

Alpine-Celebration-patent-images-design-front

Dalam bocoran gambar ini terlihat jelas beberapa perbedaan yang terlihat pada Alpine Celebration Concept saat mass-product. Perbedaannya cukup banyak, tentu saja tanpa livery penuh ala Alpine, selain itu anda bisa melihat garis lampu dan detailing LED yang berada di headlamp dan stoplamp. Selain itu perbedaannya dengan versi konsep terlihat pada desain mufflernya berbentuk heksagonal di tengah, desain velg, penggunaan jendela belakang dan tidak adanya spoiler di bagian belakang Alpine.

Alpine-Celebration-patent-images-design- back

Namun selain itu kami melihat detailing dan desain paten mobil ini sudah terlihat siap produksi layaknya mobil legal untuk jalan raya. Walau kami belum bisa mengorek spesifikasi mesin yang digunakan, sepertinya tidak lama lagi kita bisa melihat kebangkitan Alpine di jalan raya. Bagaimana tampilannya sportscar baru asal perancis ini? monggo sampaikan testimonimu gan!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafli Santosa

    Bagus bodinya belakangnya seksi tapi depannya kok ada lingkaran besar itu buat lampu g sih jelek banget klo ada lingkaran besar gitu

  • subaru

    Mantap!! Klasiknya dapet dari depan. Semoga ukurannya kecil biar jadi pocket rocket yang mantep

  • Rafli Santosa

    secara keseluruhan bagus. Tapi klo di sandingkan dg GT-R agak kurang bagus. Mending di sandingkan dg Porsche Cayman bodinya g beda jauh sama2 seksi

    • haha kalau masalah desain sih memang trademarknya sejak tahun 60an di lampu belo itu sih… gak belo gak alpine hehe… :v

      tapi mungkin tampilan lampu belonya harusnya mengikuti kontur headlamp saja ya… kayak mercy new eyes atau celica, walau konsekuensinya dianggep ngikut2in 🙂

      btw kalo renault alpine a110-50 concept yang kembarannya nissan gt-r seperti ini, secara dimensional sih mirip.