Tata Batal Bikin Sportscar Tamo Racemo, Kenapa?

Tata Batal Bikin Sportscar Tamo Racemo, Kenapa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat Tata bilang kalau mereka berminat membuat mobil sport, dunia memperhatikan. Bagaimana perusahaan India yang sekarang jadi bosnya Jaguar-Land Rover memproduksi mobil sport ringan bin sederhana seperti Lotus? Apalagi Tata hanya terkenal via mobil biasa, bukan mobil sport. Beda dengan Lotus yang terkenal berkat Elise, Ariel dengan Atomnya atau KTM dengan X-Bow.

Pikiran ambisius Tata akhirnya bisa dilihat dalam sosok Tata Racemo. Sedikit banyak, Tata mendalami betul apa yang dibilang Colin Chapman soal mobil sport, yakni,”Simplify and add lightness.” Tidak ada damper elektronik untuk mengatur ground clearance, harus diatur tinggi rendahnya secara manual. Bobotnya pun hanya 800 kg saja, bahkan Suzuki Swift manual pun masih jauh lebih berat daripada Tata Racemo.

Spek mesinnya sebenarnya kadang bisa bikin tertawa, sebab ia pakai mesin 1.200 cc 3 silinder turbo Revotron andalan Tata. Tapi jangan salah, mesinnya punya 190 hp dan 210 Nm yang siap dimuntahkan saat perlu. Memakai girboks AMT 6 percepatan, 0-100 harusnya bisa tuntas dalam 6 detik kurang sedikit. Itu klaim Tata, tapi mesinnya bukan dipasang di depan seperti Mazda MX-5, melainkan di tengah macam Alfa Romeo 4C.

Boleh juga kan? Hanya saja, buat yang berharap mobil ini bisa segera dinikmati, sebaiknya lupakan sajalah. Menurut CarToq, Tata akan membatalkan realisasi Tamo Racemo. Alasannya, karena biaya untuk membuat Tamo Racemo bersinar di kancah mobil sport dirasa terlalu mahal. Butuh sekitar 518 M Rupiah untuk memasarkan Tamo Racemo, dan petinggi Tata merasa proyek sportscar ini tidak terlalu mendesak.

Menurut mereka, uang itu akan lebih tepat untuk dipakai oleh divisi kendaraan niaga Tata. Sayang ya, padahal Tata sudah bilang akan meluncurkannya pada bulan Desember, sekitar pas hari Natal. Untungnya, bagi yang punya Forza Horizon 3, anda bisa menikmati Tamo Racemo secara virtual, karena ia tersedia sebagai DLC gratisan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: