Tak Bakal Ada Mesin Diesel Untuk Suzuki Baleno & Swift Per 2020

Tak Bakal Ada Mesin Diesel Untuk Suzuki Baleno & Swift Per 2020
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu perbedaan mencolok antara produk – produk yang dijual Suzuki di Indonesia dan juga di India ada pada varian mesin yang ditawarkan, utamanya untuk opsi mesin diesel. Yap, hampir smeua dari mobil yang dijual Suzuki di India memiliki varian bermesin diesel, bahkan untuk sebuah mobil yang berukuran kecil. Hal ini wajar, karena masyarakat di India sangat menyukai mesin diesel. Namun nampaknya kondisi ini tidak akan bertahan lama, bahkan per tahun depan, beberapa produk Suzuki akan dihentikan penjualannya untuk versi mesin diesel.

Mungkin beberapa dari kalian sudah bisa menebak, bahwa latar belakang dari adanya kabar ini berasal dari regulasi emisi. Yap, seperti halnya eksistensi Suzuki Gypsy yang akan dihentikan per tahun 2020, mesin – mesin diesel lain dari Suzuki juga berpotensi mengalami hal sama. Regulasi emisi BSVI akan diberlakukan per tanggal 1 April 2020 mendatang di India, dan penerapan regulasi ini membuat Maruti Suzuki harus melakukan modifikasi pada mesin – mesin diesel mereka sehingga bisa fit in dengan regulasi baru. Dan tentunya, pihak Maruti Suzuki harus menyisihkan uang yang tak sedikit untuk menyambut regulasi ini.

Mengapa? Karena ada 15 model dan 40 varian yang dijual oleh pabrikan ini. Nah, kini perkara regulasi emisi baru di India sedang digarap oleh pihak R&D Maruti Suzuki bersama dengan Suzuki pusat di Jepang. Dalam studi yang dilakukan, ternyata ada pergeseran konsumen yang sebelumnya membeli mobil bermesin diesel berpindah ke mobil bensin. Hal ini didasari dari lebih tingginya biaya perawatan yang harus dikeluarkan oleh konsumen mobil diesel dibandingkan dengan merawat sebuah mobil bermesin bensin biasa. Dan dengan penerapan regulasi BSVI, ada kemungkinan biaya perawatan akan semakin tinggi pula.

Nah, jikalau mobil – mobil bermesin diesel dibabat, salah tiga produk yang akan menjadi korban adalah Suzuki Baleno, Suzuki Swift, dan juga Suzuki Dzire. Selain ketiganya, Suzuki Ignis sudah merasakan pahitnya suntikan mati pada mesin dieselnya beberapa waktu silam. Oleh karenanya, pihak Maruti Suzuki juga memutar otak untuk menghadirkan solusi lain dengan kondisi yang melibatkan mesin diesel ini. Salah satunya adalah tawaran mesin ramah lingkungan berteknologi hybrid ataupun plug in hybrid, dan juga mobil listrik.

Kita tunggu saja, seperti apa manuver Maruti Suzuki untuk kondisi ini. Kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: