Maruti Suzuki Siapkan Grand Vitara XL? Versi 7 Seater?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Maruti Suzuki Siapkan Grand Vitara XL? Versi 7 Seater?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai kiblat utama brand Suzuki secara global, Suzuki India yang digawangi oleh Maruti Suzuki memberikan cukup banyak kejutan baru di tahun 2022 ini. Mulai dari Suzuki Ertiga dengan teknologi Smart Hybrid, diikuti generasi terbaru Suzuki Brezza dan puncaknya adalah Suzuki Grand Vitara yang comeback sebagai sebuah sub compact SUV. Nah, kali ini, muncul lagi rumor yang cukup menarik, dimana ada peluang bagi Suzuki untuk menghadirkan versi panjang dari Suzuki Grand Vitara. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Suzuki Grand Vitara Versi 7 Seater?

Mengutip informasi via GaadiWaadi, Maruti Suzuki dikabarkan sedang mempersiapkan versi panjang dari Suzuki Grand Vitara India dengan menambahkan imbuhan nama ‘XL’. Yap, nama ‘XL’ memang bukanlah nama yang asing dalam nomenklatur Suzuki. Kalau kalian pecinta Suzuki dari jaman baheula, mkalian tentu tidak asing dengan nama Suzuki Grand Escudo XL7 yang merupakan versi 7 seater dari Suzuki Grand Escudo. Nama ‘XL’ juga kini digunakan oleh Suzuki XL6 dan Suzuki XL7, tergantung jumlah kursi yang ditawarkan. Jadi, sudah jelas jikalau penggunaan nama ini merujuk pada versi 7 seater dari Suzuki Grand Vitara.

Jikalau Suzuki Grand Vitara masuk di segmen yang dihuni oleh Hyundai Creta dan KIA Seltos, maka jelas Suzuki Grand Vitara XL akan masuk di segmen yang dihuni oleh Hyundai Alcazar dan KIA Carens. Lantas, apakah Suzuki akan membuat wheelbase Suzuki Grand Vitara XL menjadi lebih panjang? Tentunya, langka tersebut harus diambil untuk memberikan ruang ekstra pada baris ketiga. FYI, Suzuki Grand Vitara memiliki dimensi panjang di angka 4,3 meter dan wheelbase di angka 2,6 meter. Ukurannya mirip dengan Hyundai Creta dan KIA Seltos. Jadi, seharusnya Suzuki Grand Vitara XL akan memiliki ukuran yang juga mirip dengan Hyundai Alcazar dan KIA Carens.

Lebih Panjang, Mesin Tetap Sama

Dimana panjangnya menurut kami akan melar ke 4,5 meter berkat wheelbase yang bertambah menjadi 2,7 meter. Walaupun begitu, Suzuki Grand Vitara XL masih akan dibangun dengan basis yang sama, yaitu Suzuki Global C Platform. Untuk fitur dan interior, nampaknya Suzuki akan tetap memanjakan konsumen mereka dengan fitur yang melimpah. Sedangkan untuk mesin, nampaknya opsi mesin 1.500cc K15C dengan Smart Hybrid khas Suzuki serta mesin 1.500cc Atkinson Cycle dengan teknologi Hybrid Toyota juga masih jadi andalan. Kabarnya, Suzuki Grand Vitara XL baru akan hadir di tahun 2024 mendatang. Sabar saja.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: