Suzuki XBee : Crossover Wagon Baru Suzuki di Jepang

Suzuki XBee : Crossover Wagon Baru Suzuki di Jepang
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara masalah crossover, maka salah satu pabrikan yang giat menelurkan produk dengan model ini adalah Suzuki. Masih ingat dengan langkah berani Suzuki memasukkan Suzuki SX4 X-Over beberapa tahun silam? Lalu disusul oleh Suzuki SX-4 S-Cross beberapa waktu lalu dan Suzuki Ignis di pertengahan tahun ini. Dan kini, di Jepang hadir satu lagi produk crossover yaitu Suzuki XBee ( Baca : Cross-bi ).

Sebenarnya ini bukan pertama kali kami membahas mengenai mobil satu ini, sebelumnya pada akhir bulan September 2017 silam kami pun sempat membahasnya sebagai sebuah mobil konsep yang hadir di Tokyo Motor Show 2017. Pada saat ini pihak Suzuki Jepang belum mengiyakan apakah akan memproduksi massal Suzuki XBee  atau tidak, karena secara bentuk depan, mobil ini cukup mirip dengan Suzuki Hustler. Namun memang dari sisi samping ke belakang kedua mobil ini cukup berbeda. Dan akhirnya, setelah 3 bulan, pihak Suzuki Jepang memberikan kepastian dengan merilis Suzuki XBee  untuk dijua bebas.

Secara perawakan, Suzuki XBee punya panjang 3,7 meter, dengan lebar 1,6 meter, tinggi 1,7 meter dan juga jarak sumbu rodanya 2,4 meter. Suzuki XBee  dibangun diatas platform terbaru Suzuki yaitu Heartect. Seperti mobil kecil di Jepang lainnya, Suzuki XBee  sudah dilengkapi dengan dua pilihan penggerak, baik dua ataupun empat roda. Kesemuanya akan diberikan opsi dua trim yaitu MZ dan MX. Mesin yang digunakan oleh Suzuki XBee  sendiri adalah mesin K10C yang punya konfigurasi tiga silinder, namun menggunakan turbo. Selain Turbo, mesin ini juga punya sistem mild hybrid pula. Dengan kedua teknologi tersebut, Suzuki XBee  mampu memproduksi tenaga 99 PS pada 5.500 rpm dan torsi 150 Nm di 1.700 rpm – 4.000 rpm.

Sistem mild hybrid dari Suzuki XBee  sendiri menghasilkan tenaga yang tak besar, hanya 3,1 PS pada 1.000 rpm, namun torsinya lumayan besar, yaitu 50 Nm pada 100 rpm, yap 100 bukan 1000 rpm. Tenaga dan torsi dari sistem mild hybrid ini hanya digunakan sebagai tenaga dan torsi bantuan saja, kawan. Mesin dari Suzuki XBee ini sendiri dipasangkan dengan transmisi otomatis dengan enam percepatan, waw. Untuk versi 4WD, Suzuki XBee  sudah dilengkapi dengan dua mode berkendara, sport dan snow. Selain itu, ada juga fitur grip control yang akan menjaga mobil saat akan berakselerasi di jalanan berlumpur ataupun jalanan licin, nice.

Beberapa fitur pendukung lain juga disediakan di Suzuki XBee ini, seperti hill descent control, 360 degree camera dengan 3D view, dan sepaket Suzuki Safety Support yang melingkupi dual sensor brake support (DSBS), collision-mitigating system, dan back-up brake support reverse traffic alert system. Paket keselamatan ini sendiri baru pertama kali diberikan di mobil kompak Suzuki, jadi Suzuki XBee menjadi yang pertama. Suzuki XBee juga akan hadir dengan kustomisasi yang luas untuk disesuaikan dengan selera konsumen, baik pilihan trim dan panel interior, hingga skema warna eksterior yang juga luas. Mobil ini bisa jadi alternatif bagi yang ingin punya mobil dengan fascia mirip Toyota FJ Cruiser namun versi mini. Bagaimana menurut kalian mobil ini? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: