First Impression Review Toyota Yaris 2014

by  in Mobil Baru&Review&Toyota
First Impression Review Toyota Yaris 2014
0  komentar
Toyota Yaris 2014 TRD Sportivo

Jakarta, AutonetMagz – Yaris terbaru yang memiliki desain berbeda 180 derajat ini akhirnya mengaspal di Indonesia pada hari Senin 17 Maret 2014 di Hotel Indonesia Kempinski Ballroom Jakarta. Jika kita membandingkan dengan desain Yaris terdahulu, sepertinya kita sama sekali tidak akan mengira bahwa mobil ini adalah generasi penerus Yaris yang dikenal dengan desain membulat.

Toyota Yaris 2014 wallpaperKini Toyota Yaris 2014 terbagi menjadi 3 tipe saja, yaitu tipe E, G dan tipe S TRD Sportivo. Semua tipe tersedia dalam pilihan transmisi manual dan automatic. Semua tipe sudah dilengkapi dengan 2 buah airbags, sistem pengereman ABS dan EBD serta Bluetooth audio.

Toyota Yaris 2014 LEDLampu depannya kini sudah menggunakan projection headlamp agar pencahayaan lebih baik, namun untuk tipe E belum. Pada varian tertinggi Toyota Yaris S TRD Sportivo sudah dilengkapi dengan body kit sporty lengkap dengan LED DRL (Daytime Running Light). Namun velg TRD yang digunakan pada unit display di foto ini merupakan aksesori tambahan, aslinya Yaris tipe G dan S TRD menggunakan velg 16 inch berwarna dark grey dengan ban ukuran 195/50. Sedangkan untuk tipe E, ukuran bannya 185/60 dengan velg 15 inch.

Toyota Yaris 2014 rear disc brake

Berbeda dengan Toyota Yaris terdahulu, pada All New Yaris sudah memiliki rem cakram belakang, namun hanya ada pada varian Toyota Yaris tipe S TRD Sportivo saja.

Toyota Yaris 2014 rear windowHal paling mencolok pada mobil ini ada pada pilar C-nya yang di kamuflase kan oleh bahan seperti kaca dengan lekukan tidak biasa seperti mobil pada umumnya. Awalnya kami mengira bagian ini memang kaca, namun ternyata hanya plastik yang dibuat menyerupai kaca untuk memberikan kesan floating roof atau atap yang melayang, seolah tidak menyatu dengan bodi bawahnya. Lumayan menarik perhatian juga.

Toyota Yaris 2014 belakang

Pada bagian belakang, kita akan menemukan siluet Toyota Yaris lama pada tarikan garis lampu belakang. Toyota menyebutnya sebagai desain boomerang tailight karena bentuknya yang tidak biasa, seperti bumerang. Posisi dudukan plat nomor yang tadinya terletak pada bagian bumper bawah kini berpindah ke pintu bagasi mobil untuk memberikan aksen difusser pada varian TRD Sportivo. Sebuah spoiler yang berukuran cukup besar juga disematkan pada Yaris TRD Sportivo ini, untuk versi non TRD tidak diberikan spoiler.

Toyota Yaris 2014 engine

Mesin yang digunakan pada Toyota Yaris 2014 ini mempunyai kode 1NZ-FE, 4 silinder 16 Valve DOHC VVT-i 1.500 cc, mesin ini masih sama dengan Yaris versi sebelumnya, tidak ada ubahan yang berarti kecuali tata letaknya yang baru karena memang bodi dan sasis mobil ini di desain ulang. Menariknya Toyota memberikan sambungan tambahan pada upfront mobil ini untuk memberikan stabilitas yang lebih baik.

Toyota Yaris 2014 interior

Masuk ke dalam interior, kita akan menemukan interior yang sama persis seperti interior All New Toyota Vios, perbedaannya ada pada warna interior yang kini full black dengan aksen piano black dan campuran warna merah pada jahitan kursi di tipe S TRD Sportivo. Hal yang tidak akan kita temukan pada Yaris terdahulu ada pada fitur AC digital dengan sebuah layar LCD dan head unit yang lebih canggih (akan kami ulas dalam sesi lain). Satu hal yang tidak kami sukai, kini door trim Toyota Yaris terbaru ini dibuat dari full plastik, padahal generasi sebelumnya memiliki bahan fabric yang terlihat lebih mewah.

Toyota Yaris 2014 driver seatSeperti halnya Toyota Vios, Toyota Yaris juga mendapatkan dashboard yang memiliki detailing cukup unik dengan nuansa jahitan seperti layaknya material kulit. Untuk varian TRD Sportivo sudah dilengkapi keyless entry dengan push start stop engine button, steering audio control dan material setir dengan bahan kulit. Hanya saja untuk varian tipe G kita tidak akan menemukan hal tersebut.

Toyota Yaris 2014 storageUntuk anda yang menyukai dashboard dengan banyak tempat penyimpanan, mungkin anda akan merindukan model dashboard Toyota Yaris versi terdahulu yang sangat praktis dan terdiri dari banyak ruang penyimpanan. Toyota Yaris terbaru kini memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih sedikit dengan ukuran kompartemen yang tidak begitu besar.

Toyota Yaris 2014 backseatMasuk ke kabin belakang, disini kita akan mendapatkan ruang dan kursi belakang yang sangat nyaman dibandingkan dengan hatchback manapun. Mulai dari headroom, legroom dan sandaran kursi yang tidak begitu tegak seperti hatchback pada umumnya, duduk di kursi belakang Toyota All New Yaris ini lebih mirip seperti duduk di dalam sebuah sedan. Bahan material yang digunakan juga lebih baik dan lembut jika disentuh meskipun untuk varian TRD S ada corak yang desainnya mungkin bukan selera semua orang. Kursi pengemudi juga sudah dilengkapi dengan height adjuster di semua tipe dan model semi bucket seat untuk varian S TRD Sportivo.

Toyota Yaris 2014 bagasi belakangKarena dimensinya yang semakin besar, ruang bagasi belakang pun ikut bertambah jika dibandingkan dengan Yaris model sebelumnya. Yaris 2014 ini juga mendapatkan separator yang dapat dilepas sebagai perangkat standar di mobil ini.

Toyota Yaris 2014 spare tirePada review Toyota Yaris 2014 ini kami mendapatkan sebuah ban serep full size yang dapat digunakan seperti layaknya ban untuk penggunaan harian, bukan ban serep darurat yang ukurannya kecil dan tipis. Ban yang digunakan adalah Bridgestone Turanza berukuran 195/50 R16 (tipe G dan S TRD Sportivo), 1 step lebih besar dibandingkan dengan kompetitor yang umumnya yang hanya menggunakan ring 15. Untuk tipe E masih menggunakan ring 15.

Toyota Yaris 2014 fog lampDari impresi pertama AutonetMagz, kami menyimpulkan bahwa Toyota Yaris 2014 terbaru ini meskipun terlihat lebih sporty dari segi eksterior, namun ketika masuk ke dalam interior kita akan merasakan mobil ini sebenarnya lebih mengutamakan kenyamanan penumpangnya dari segi kelegaan kabin, bagasi dan posisi duduk 5 penumpang yang ada di dalamnya. Namun kita perlu rasakan lagi lebih jauh, apakah suspensinya dibuat senyaman Toyota Yaris terdahulu? atau mungkin menjadi lebih stiff seperti kompetitornya? Hmm… Tunggu saja review kami berikutnya!

Read Prev:
Read Next:
  • Apakah lampu proyektor yaris dilengkapi dengan auto leveling? Thanks

    • Ridwan Hanif

      belum mas, baru jazz saja