Suzuki Sudah Siapkan Mobil Listrik, Segera Hadir?

Suzuki Sudah Siapkan Mobil Listrik, Segera Hadir?
0  komentar

AutonetMagz.com – Bila kita membicarakan tentang mobil listrik, dibandingkan dengan merek lain, nampaknya Suzuki sedikit tertinggal dalam hal elektrifikasi. Pada saat ini, Suzuki tidak memiliki kendaraan listrik murni di jajaran produknya. Bahkan di Jepang sendiri, Suzuki belum memasarkan mobil listrik sama sekali. Paling banter, mereka menawarkan versi hybrid dari beberapa produk seperti Suzuki Vitara, Suzuki Swift, Suzuki S-Cross, Suzuki Swace, dan Suzuki Across. Dan patut digaris bawahi, 2 mobil terakhir mengandalkan teknologi dari Toyota. Namun bagi kalian yang bertanya-tanya tentang masa depan mobil listrik dari Suzuki, nampaknya pertanyaan kalian akan segera terjawab.

Suzuki Segera Dirikan EV Business Headquarter

Kabar baiknya, Suzuki akan segera merilis mobil listrik dalam waktu dekat. Suzuki mengumumkan bahwa mereka akan mendirikan “EV Business Headquarter” untuk mempromosikan EV yang telah mereka buat. Garis bawahi itu, “Telah Mereka Buat”. Jadi, produknya kemungkinan besar telah ada, dan siap dirilis. Apakah ini merujuk pada versi EV dari Suzuki Wagon R terbaru di India? Mungkin saja. Pengumuman ini datang bersamaan dengan beberapa perubahan manajerial, dengan diangkatnya ‘tokoh-tokoh utama’ di departemen yang baru. Namun, rincian spesifik tentang Markas Bisnis EV baru Suzuki ini belum dirilis. Dengan berdirinya ‘Kantor Pusat’ Bisnis EV mereka, kita dapat mengharapkan Suzuki untuk mempercepat pengenalan kendaraan listrik mereka di pasar. Produk apa sajakah yang akan segera mendapatkan varian listrik?

Angkatan pertama Suzuki EVs bisa saja didasarkan pada model yang ada di lineup saat ini untuk mempercepat masuknya mereka ke pasar. Apalagi, kita semua tahu bahwa Maruti Suzuki India telah melakukan pengetesan terhadap versi EV dari Suzuki Wagon R sejak lama. Kehadiran Suzuki Wagon R EV sendiri akan sangat membantu Maruti Suzuki untuk bisa menggebrak pasar India. FYI, kondisi udara di India bisa dibilang buruk karena polusi udara yang tinggi. Oleh karenanya, Pemerintah India langsung menerapkan standar emisi BS6 yang setara dengan Euro6 di Negeri Bollywood tersebut. Pergeseran dari mesin diesel ke mesin bensin ataupun hybrid dan CNG juga sedang dilakukan. Beberapa merk lain seperti Mahindra juga mulai bergeser ke mobil listrik murni. Nah, disinilah Maruti Suzuki bisa menggebrak dengan menghadirkan mobil yang sudah dikenal pasar, namun dengan teknologi BEV.

Model Baru Segera Dirilis

Selain berbasis dari model yang sudah ada, Suzuki juga bisa saja meluncurkan model baru yang full electric. Tahun lalu, Suzuki memperkenalkan Konsep Futuro-e di India. Tidak seperti model yang ada saat ini, mobil konsep tersebut juga mengadopsi gaya bodi SUV-Coupe yang biasanya terlihat di merek Eropa seperti Porsche atau Volkswagen. Mengingat populernya segmen crossover listrik saat ini (seperti Hyundai Kona), model produksi Konsep Futuro-e mungkin sedang dikerjakan dan akan dirilis dalam waktu dekat. Sebenarnya masih banyak yang belum diketahui tentang apa saja jajaran EV Suzuki. Tapi satu hal yang pasti, dengan berdirinya Kantor Pusat Bisnis EV mereka, Suzuki akan mengerahkan tenaganya untuk mobil listrik. Penasaran kan produknya apa saja? kira-kira apa produk yang cocok untuk dijadikan mobil listrik?. Bukan tak mungkin suatu hari nanti kita juga akan menemukan Suzuki Ertiga EV atau Bahkan Suzuki Beleno EV.

Bagaimana pandapat kalian? sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: