Ban Belakang Tesla Cybertruck Bisa Belok!

Ban Belakang Tesla Cybertruck Bisa Belok!
0  komentar

AutonetMagz.com – Umumnya, kita hanya memahami bahwa roda mobil yang bisa berbelok adalah roda depan saja. Namun, ada juga teknologi yang memungkinkan roda belakang mobil bisa berbelok, walaupun tidak seperti forklift. Nah, teknologi itu bernama rear wheel steering. Mungkin banyak dari kalian yang belum tau apa itu Rear Wheel Steering. Fitur ini memang tidak banyak ditemukan pada mobil – mobil pada umumnya. Di indonesia sendiri kita bisa menemukannya pada salah satu varian dari Honda Accord Maestro, namun unit dengan fitur ini sekarang sudah jarang sekali ditemukan. Dan Tesla nampak terterik dengan teknologi serupa untuk diaplikasikan ke truck EV mereka, Tesla CyberTruck. Yuk kita bahas.

Tesla Cybertruck Pakai Rear Wheel Steering?

Apa itu Rear wheel steering? Sistem kemudi Rear wheel steering adalah kemampuan menggerakkan roda belakang untuk meningkatkan stabilitas dan kelincahan kendaraan dalam bermanuver. Cara kerja fitur ini adalah saat roda depan bergerak ke kiri, maka roda belakang akan bergerak ke kanan dan sebaliknya, roda belakang membentuk sudut kemiringan tidak signifikan (dibawah 5 derajat). Sistem Four wheel steering dipelopori oleh oleh Honda dan Mazda pada 1980-an. Untuk saat ini, kalian bisa kalian menemukan fitur serupa pada Audi A6, A8, A7, Q7, dan Q8 dengan Dynamic All-Wheel Steering . Nah, rencananya Tesla akan memasang fitur ini pada Tesla Cybertruck. Dimana fitur ini pada versi konsepnya dikabarkan akan tersedia.

Saat menanggapi tweet ucapan selamat dari akun TeslaOwners Online di Twitter mengenai pemecahan rekor kuartal kedua perusahaan. Elon Musk mengungkapkan bahwa desain Cybertruck akan “hampir persis” sama dengan versi konsep yang diperkenalkan pada 2019 dan akan tiba dengan Four wheel steering. Four wheel steering akan sangat dibutuhkan untuk kendaraan sebesar Tesla Cybertruck karena selain membantu meningkatkan kemampuan manuver, juga dapat membantu kemampuan di medan off-road. Tesla Cybertruck bukanlah satu-satunya truk pikap listrik yang memiliki fitur four wheel steering. GMC Hummer EV dan Rivian R1T juga memiliki kemampuan untuk mengarahkan roda belakang. Menurut laporan, Tesla telah mengamankan lebih dari 1 juta pemesanan Tesla Cybertruck sejak diluncurkan pada November 2019.

Four Wheel Steering, Saingi Hummer?

Tetapi, masih harus dilihat berapa banyak yang akan ditambahkan sistem ini ke dalam pesanan. Berapa pun jumlahnya, tidak ada keraguan bahwa para pesaing akan mendapatkan ‘pekerjaan tambahan’ untuk menyaingi Cybertruck. Biasanya sistem four wheel steering ini nantinya akan dikembangkan lagi oleh Tesla. Membuatnya berbeda dengan pabrikan lain, dan bahkan belum terpikirkan oleh pabrikan lain. Seperti memungkinkan mobil bisa berjalan menyamping layaknya kepiting. Eits, kok mirip Hummer? Itu baru prediksi saja. Yang jelas, fitur semacam ini mungkin terlihat tidak terlalu nyata dalam penggunaan sehari – hari, namun teknologi muncul karena adanya kebutuhan. Dan teknologi semacam ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi konsumen yang butuh manuver yang lebih baik dari sebuah Tesla CyberTruck.

Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: