Suzuki Perkenalkan Mobil Listrik Konsep eVX

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Suzuki Perkenalkan Mobil Listrik Konsep eVX
0  komentar

AutonetMagz.com – Maruti Suzuki telah memperkenalkan konsep SUV eVX, yang menjadi showstopper di Auto Expo 2023. Konsep Maruti Suzuki eVX merupakan SUV listrik pertama dari Suzuki dengan kode bodi YV8. Diperkirakan akan dijual pada tahun 2025, dan akan menjadi pesaing dari Hyundai Creta EV yang akan datang, sehingga diperkirakan juga akan memasuki pasar pada waktu yang berdekatan.

Collab dengan Toyota?

Maruti Suzuki mengonfirmasi bahwa SUV listrik global barunya akan didasarkan pada arsitektur EV khusus. Platform baru ini akan dikembangkan bersama dengan Toyota, yang juga akan mengeluarkan versi SUV-nya sendiri. Maruti mengatakan platform baru ini akan memunculkan rangkaian model full-EV di tahun-tahun mendatang. SUV Maruti YV8 dengan spesifikasi produksi dan mitranya dari Toyota akan diproduksi di Gujarat untuk India dan juga akan dijual di beberapa pasar internasional.

Mengenai dimensi, SUV baru ini memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.600 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Mengenai desainnya, bagian depan memiliki moncong yang datar dan kap mesin tinggi dengan lampu depan V-shaped dan LED daytime running lights yang unik. Memiliki overhang yang sangat pendek, ground clearance yang tinggi, dan wheel-arch yang kokoh. Garis atap yang landai berpadu dengan kaca depan-belakang, memberikan tampilan ala coupe-SUV. Velgnya menyerupai desain aero-style Tesla dengan ban profil rendah.

Baterai dan Range

Maruti telah mengumumkan bahwa konsep SUV eVX baru ini mengunakankan baterai 60kWh dengan range sekitar 550km. Versi produksi SUV ini diharapkan memiliki kapasitas baterai yang sama dengan range sekitar 500 km. Dikutip dari Autocar India, kedepannya juga akan tersedia versi entry-level yang akan datang dengan baterai yang lebih kecil sekitar 48kWh dan dapat menempuh sekitar 400km saat terisi penuh.

Mengenai produksi baterai, Maruti mengatakan bahwa perusahaan induk Suzuki Motor Corporation telah melakukan investasi sebesar Rs 100 miliar di India untuk produksi kendaraan listrik baterai. Bagaimana bentuk aslinya? Nantikan detail lebih lanjut tentang SUV listrik pertama Maruti Suzuki yang akan hadir saat debut globalnya pada tahun 2025.

Read Prev:
Read Next: