Suzuki Intruder 150 Dirilis Resmi di India

Suzuki Intruder 150 Dirilis Resmi di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Ya, akhirnya motor yang beberapa waktu lalu sempat kita bahas diluncurkan juga di India, apalagi kalau bukan Suzuki Intruder 150. Motor yang mengambil rupa sebuah motor cruiser dengan mesin dari Suzuki Gixxer ini resmi diluncurkan 7 November 2017 kemarin. Seperti apa detail lengkap dari motor ini? Yuk kita intip lebih dalam.

Suzuki Intruder 150 hadir dengan penampakan sejati sebuah motor cruiser, hanya saja dengan kubikasi mesin yang kecil. Lihat saja pada desainnya yang memiliki tangki yang berotot dengan beberapa add on di body motor ini yang membuatnya makin terlihat kekar. Selain itu, posisi footpeg yang diletakkan lebih ke depan nampaknya akan memberikan ergonomi yang nyaman dan rileks untuk motor ini. Dan seperti yang kami katakan sebelumnya, Suzuki Intruder 150 akan menggunakan mesin dari Suzuki Gixxer yang dijual di India. Mesin ini sendiri memiliki kubikasi 155cc dengan pengabut bahan bakar yang masih menggunakan karburator.

Ha? Ini tahun 2017 lho, kok masih karburator? Ya, nampaknya Suzuki ingin membuat mesin dari motor ini simpel dan mudah diperbaiki jika bermasalah, mirip dengan kasus Kawasaki W175 yang disinyalir juga akan menggunakan mesin karburator di Indonesia nanti. Mesin ini sendiri memiliki tenaga puncak 14 hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14 Nm pada 6.000 rpm. Namun meskipun basis mesin yang digunakan sama, pada kenyataannya banyak komponen yang berbeda pada motor ini dibandingkan dengan Suzuki Gixxer. Mulai dari rasio gigi yang berbeda, intake dan air box yang lebih besar, serta knalpot yang berbeda walaupun sekilas modelnya sejenis.

Namun, kabar buruknya, Suzuki Intruder 150 lebih berat 8 kg jika dibandingkan dengan Gixxer, nampaknya beberapa tambahan body yang dipasangkan ke motor ini berperan banyak dalam menyumbang bobot motor ini menjadi 148kg. Ya, dengan body yang berat, dan juga mesin yang biasa saja, plus karburator, motor ini diklaim pabrikan bisa menghasilkan konsumsi bbm hingga 44 km per liternya. Secara tampilan, motor ini sendiri sebenarnya cukup unik, karena biasanya motor cruiser identik dengan kubikasi dan dimensi besar, namun motor ini berkubikasi kecil dan dimensi kecil pula.

Lampu depannya sudah menggunakan LED, pun begitu dengan lampu belakangnya. Kaki – kakinya terlihat besar, walaupun masih agak sedikit kurang pas dengan ukuran body-nya. Dan yang cukup mengganggu dari sisi desain adalah stang yang digunakan oleh motor ini. Stang motor ini agaknya kurang pas dengan keseluruhan bentuk motor, bentuknya mengingatkan kita pada stang Yamaha NMAX ataupun stang Honda CS-1. Suzuki Intruder 150 sendiri akan dijual dengan harga kurang sedikit dari 1 lakh, alias sekitar 20,5 jutaan Rupiah, sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, Bajaj Avenger. Suzuki Intruder 150 sendiri akan diproduksi di India sebagai pusatnya, dan diekspor ke manca negara.

Perlukah diekspor ke Indonesia? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: