Suzuki Indonesia : Maxi Scooter Berstatus Under Study

by  in Berita&Merek Motor&Nasional
Suzuki Indonesia : Maxi Scooter Berstatus Under Study
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang kami sampaikan di artikel terkait ulang tahun Suzuki Indonesia ke-50, ada beberapa poin menarik yang dibahas di kesempatan ini. Tentunya salah satu fokus yang menarik perhatian kami adalah segmen roda 2 yang terbilang lesu untuk pabrikan berlogo S asal Jepang ini. Kami pun melempar pertanyaan mengenai produk masa depan dari Suzuki di Indonesia, khususnya peluang Suzuki untuk ikut bersaing di segmen maxi scooter. Bagaimana jawaban Suzuki? Mari kita bahas.

Kita semua tahu bahwa pasar sport fairing dan sport naked di kubikasi 150cc sudah mulai berkurang. Pun begitu di segmen underbone 150cc alias ayago. Padahal, Suzuki nampak cukup menggantungkan hidup mereka di 2 segmen tersebut selain di segmen skutik melalui Suzuki Nex. Sedangkan di pasar roda dua Indonesia, segmen yang kini menjadi ladang subur adalah maxi scooter. Tentunya Suzuki Indonesia tidak acuh dengan segmen ini. Kami pun melempar pertanyaan kepada President Director PT Suzuki Indomobil Sales / Suzuki Indomobil motor, Seiji Itayama mengenai hal ini. Beliau pun menanggapinya dengan meminta publik untuk bersabar mengenai maxi scooter dari Suzuki.

Saya mohon maaf saya hanya bisa jawab ‘under study’ ya. Memang kami sudah cukup menyadari bahwa market big scooter makin lama makin besar ya, terutama sejak tetangga kita Yamaha mengeluarkan Yamaha N-Max. Saat kami bisa memproduksi dan memasarkan Big Scooter oleh Suzuki akan hadir. Jadi mohon sabar ya”, ujar Itayama-san. kalau kita lihat ke belakang, sebenarnya Suzuki sempat mencoba peruntungan tersebut dengan menjual Suzuki Burgman 200 secara CBU. Namun, karena statusnya didatangkan utuh dari luar negeri, harga jual motor ini pun cukup tinggi. Kami juga ingat bahwa Suzuki juga cukup berani tampil beda di era awal skutik dengan Suzuki Skywave yang menggunakan dek tak rata, dual shockbreaker belakang dan velg 16 inci.

Dengan track record tersebut, ditambah dengan besarnya pasar maxi scooter di Indonesia, nampaknya Suzuki tidak akan melewatkan pasar ini. Apalagi, kita semua tahu bahwa beberapa waktu lalu sempat beredar kabar mengenai 4 produk baru Suzuki di segmen roda dua pada tahun depan. Dua diantaranya adalah produk baru, dan dua diantaranya berupa facelift atau varian baru. Kita bisa berharap satu atau dua produk yang benar – benar baru dari Suzuki adalah sebuah maxi scooter. Setidaknya, Suzuki bisa memberi warna pada segmen ini, dan konsumen memiliki lebih banyak pilihan selain 4 model yang sudah dipasarkan oleh 2 merk motor lainnya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: