Maruti Suzuki Siapkan Mobil Listrik di 2025, Indonesia Ikut Juga?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Maruti Suzuki Siapkan Mobil Listrik di 2025, Indonesia Ikut Juga?
0  komentar

AutonetMagz.com – Jikalau kalian melihat bagaimana respon dari netizen terkait produk Suzuki Indonesia saat ini, maka kalian pasti paham bahwa banyak yang mengeluh karena model yang dijual sangat mengikuti pasar India. Yap, Maruti Suzuki India memang memiliki power yang cukup besar di tubuh Suzuki Global karena penjualan mereka yang tinggi. Dan suka atau tidak, pasar Indonesia juga cukup ter-influence akan kondisi ini. Namun, kali ini ada kabar menarik yang muncul dari India, dan ini adalah kabar positif jikalau Suzuki Indonesia ingin mengikutinya. Cekidot.

Mobil Listrik Pertama di 2025

Sesuai judul di atas, Maruti Suzuki India memiliki rencana untuk mengurangi penjualan mobil konvensional berbahan bakar fosil di sana. Ini adalah langkah yang positif, dan memang harus segera dilakukan. Tim AutonetMagz sendiri sempat menyambangi India di akhir tahun 2019 silam, dan harus diakui bahwa polusi di Negeri Bollywood tersebut memang harus segera diatasi. Oleh karenanya, Pemerintah India kala itu langsung mengambil inisiatif untuk lompat ke standar BS6 yang setara dengan Euro6 serta menggalakkan energi alternatif untuk kendaraan. Salah satunya adalah kendaraan bertenaga listrik. Kembali ke Suzuki, Maruti Suzuki India kabarnya akan memperkenalkan mobil listrik pertama mereka di tahun 2025 mendatang.

Saat ini, mobil listrik tersebut sedang dalam tahap pengembangan sembari melihat bagaimana peforma penjualan kendaraan hybrid, CNG, dan mild hybrid mereka. Bahkan, Maruti Suzuki sudah menargetkan bahwa dalam 10 tahun ke depan, tidak akan ada lagi kendaraan konvensional yang dijual oleh mereka. Praktis, nantinya opsi elektrifikasi saja yang akan ditawarkan. CV Raman, Chief Technology Officer Maruti Suzuki menyatakan bahwa pihaknya sedang mengerjakan banyak teknologi ramah lingungan. “Antara kendaraan listrik, atau teknologi CNG (gas), ataupun bio fuels” ujarnya. Namun, Raman menyebutkan pihaknya berharap adaptasi EV bisa dilakukan di sektor fleet terlebih dahulu sembari menunggu infrastruktur pendukungnya tersedia.

Indonesia Ikut Kebagian?

Lantas, apa hubungannya dengan Indonesia? Kita semua tahu bahwa pasar Suzuki di Indonesia juga saling terikat dengan India. Seluruh model yang dijual di Indonesia, pada dasarnya sama persis dengan model yang dijual Maruti Suzuki. Bahkan, sejumlah besar model yang dijual di Indonesia juga diimpor utuh dari India. Dengan munculnya mobil listrik Suzuki di India pada 2025 mendatang, maka kita juga bisa berharap model yang sama juga akan diimpor ke Indonesia. Walaupun secara model belum tentu sesuai dengan keinginan kita, namun setidaknya Suzuki bisa ikut bermain di segmen BEV seperti halnya Nissan dan Lexus serta Hyundai.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Sumber : IndiaTimes

Read Prev:
Read Next: