Inden Mitsubishi Xpander Malaysia Mencapai 4.000 Unit

Inden Mitsubishi Xpander Malaysia Mencapai 4.000 Unit
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat kan bahwa Mitsubishi Xpander kini bukan merupakan produk yang eksklusif diproduksi oleh Mitsubishi Indonesia? Yap, selain Indonesia, Mitsubishi Xpander juga telah dirakit lokal di Vietnam dan Malaysia. Untuk pasar Negeri Jiran, perkenalan Mitsubishi Xpander CKD baru dilakukan di akhir bulan Oktober 2020 silam. Dan hingga saat ini, sudah ada ribuan unit Mitsubishi Xpander yang diinden di sana. Yuk kita bahas.

Mengutip informasi via PaulTan, Mitsubishi Xpander saat ini telah mengumpulkan 4.000 unit inden sejak order dibuka pada 22 Oktober 2020 silam. Mitsubishi Xpander rakitan Malaysia diproduksi di pabrik milik Hicom Automotive Manufacters di Pekan, Malaysia. Senior Vice President dari Mitsubishi Motors Malaysia (MMM), Hoffen Teh menyebutkan bahwa lebih dari 500 unit Mitsubishi Xpander telah dikirim ke konsumen yang memesan mobil ini. Sedangkan sisanya masih harus bersabar menantikan unit dirakit. Permintaan yang cukup banyak ini akhirnya membuat pihak MMM merencanakan untuk meningkatkan produksi Mitsubishi Xpander.

Awalnya, pabrik Hicom hanya menargetkan produksi bulanan Mitsubishi Xpander di angka 500 unit saja. Namun, Hoffen menyebutkan bahwa kapasitas produksi akan dikebut hingga mencapai 700 unit per bulan. Angka yang besar? atau kecil? Tentunya paling mudah adalah membandingkan angka tersebut dengan 2 pabrik Mitsubishi Xpander lainnya. Di Indonesia, pabrik MMKSI awalnya mampu memproduksi 160.000 unit Mitsubishi Xpanderper tahun, dan ditingkatkan ke angka 220.000 unit per tahun dengan investasi sebesar 500 miliar Rupiah. Tentu angka yang jauh kalau dibandingkan dengan 6.000 unit Mitsubishi Xpander rakitan lokal Malaysia, atau 8.400 unit kalau dihitung 700 unit per bulan.

Lalu, bagaimana dengan di Vietnam? Pabrik Mitsubishi di Binh Duong memproduksi 5.000 unit Mitsubishi Xpander per tahunnya, atau sekitar 416 unit per bulannya. Angka ini lebih kecil kalau dibandingkan dengan kapasitas produksi Mitsubishi Xpander di Malaysia. Di Malaysia sendiri Mitsubishi Xpander hanya ditawarkan dalam 1 varian. Kalau dibanding dengan unit versi Indonesia, Mitsubishi Xpander versi Malaysia memiliki beberapa tambahan fitur menarik. Sebut saja around view monitor, DVR, layar head unit 9 inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta auto wiper dan auto headlamp.

Mobil ini dipasarkan 91,359 Ringgit Malaysia atau sekitar 317 jutaan Rupiah (Peninsular Malaysia, 0% SST). Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: