Suzuki Ignis Lokal, Tunggu Enam Bulan Kedepan

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Suzuki Ignis Lokal, Tunggu Enam Bulan Kedepan
0  komentar

AutoneMagz.com – Seperti yang bisa anda saksikan jika anda mengunjungi Indonesia International Motor SHow 2017 yang sedang berlangsung, Suzuki Ignis nampaknya memang mempunyai sihir tersendiri yang membuat banyak orang rela mengantri demi bisa mencoba mengendarai sang urban SUV milik Suzuki ini. Tentu hal tersebut adalah kabar gembira bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sementara ini.

Mereka berhasil mencetak pundi – pundi Rupiah baru setelah sebelumnya bisa dikatakan kurang bersinarnya jagoan lain mereka di kelas yang sama, Suzuki Celerio. Dan kabar yang kami dapat menyatakan bahwa jumlah unit yang dipesan telah mencapai lebih dari separuh target penjualannya dalam sebulan. Dan data itu muncul hanya selang seminggu dari peluncuran Suzuki Ignis.

Dengan catatan penjualan yang menggembirakan, tentu kita bisa sedkit berharap bahwa PT SIS akan mencoba mengubah status Suzuki Ignis yang kini masih CBU India menjadi rakitan lokal alias CKD. Tentu jika PT SIS bisa mewujudkannya, harga akan lebih bisa ditekan dengan dua kemungkinan, harga direvisi lebih murah atau harga tetap dengan kualitas produksi dan fitur yang membaik. Padahal kita tahu bahwa mobil ini cukup value for money.

Dan hal tersebut mungkin saja terjadi, hal ini dibuktikan dengan statement prinsipal PT SIS sendiri. Mengutip dari laman otomotif Kompas.com, Direktur Marketing PT SIS, Donny Saputra mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya sudah siap melokalkan Suzuki Ignis. Baik dari sisi kapasitas produksi, line produksi maupun man power telah mumpuni memproduksi sang Urban SUV di tanah air.

Namun memang tak bisa semudah mengatakannya dan hal itu langsung terjadi. Ada momen selama enam bulan yang harus diamati dan dipelajari oleh PT SIS untuk melihat tren dari penjualan Suzuki Ignis. Jika penjualan bisa bertahan di target, bahkan lebih banyak, maka tak menutup kemungkinan sang city car akan bisa diproduksi lokal dalam waktu dekat.

Suzuki sendiri sementara ini masih menganggap penjualan masih di angka batas bawah dari target mereka, dan mereka memilih menunggu untuk melihat tren pasar yang biasanya baru akan terlihat di bulan ketiga dan keempat sejak produk mereka mulai dijual resmi. Harold Donnel, 4W Marketing Head of Product Development and Accesories PT SIS, juga mengamini hal yang senada terkait penjualan Suzuki Ignis. Menurutnya memang penerimaan pasar sudah baik, namun masih di batas bawah, dan pihaknya mengharapkan kenaikan penjualan hingga 15% sehingga memiliki bargaining power untuk melokalkan Suzuki Ignis.

Jadi, mungkin – mungkin saja nantinya Suzuki Ignis akan dilokalkan, yang mana tentu lebih minim biaya produksinya, dan kualitas produksinya bisa ditingkatkan, namun tetap saja harus dilihat kembali nanti trennya. So, Suzuki Ignis lokal, yay or nay? Mobil ini sendiri cukup menarik menurut kami, baik di sisi harga maupun fitur, walau desain sendiri masalah selera. Sampaikan penapatmu ya.

Read Prev:
Read Next: