Suzuki Ertiga Diesel Bermesin Baru Segera Dirilis, Di India

Suzuki Ertiga Diesel Bermesin Baru Segera Dirilis, Di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ada yang ingat jikalau Suzuki Ertiga memiliki varian bermesin diesel? Yap, mobil ini sejatinya juga sudah masuk ke pasar Indonesia beberapa tahun lalu, namun eksistensinya tidak bertahan lama karena adanya generasi terbaru dari Suzuki Ertiga di Indonesia. Sedangkan di India, walau sudah berganti generasi, pihak Maruti Suzuki tetap setia menghadirkan varian bermesin 1.300cc Diesel dengan teknologi SHVS tersebut.

Nah, kini pihak Suzuki bakal melakukan update pada mesin mobil ini, dimana mesin ini adalah mesin baru yang bukan lagi meminjam teknologi dari Fiat namun sudah dikembangkan sendiri oleh pihak Suzuki. Yap, pada bulan Februari 2019 kemarin kami sudah sempat membocorkan spesifikasi mesin diesel baru lansiran Suzuki ini, dimana kubikasi mesin diesel Suzuki ini bakal naik menjadi 1.500cc dengan keluaran tenaga mencapai 95 PS. Kecil? Ya wajar untuk sebuah mobil diesel, karena yang menonjol dari sebuah mesin berbahan bakar solar ini adalah torsinya. Jika sebelumnya Suzuki Ertiga Diesel bertorsi 200 Nm, maka dengan mesin baru ini torsinya meningkat jadi 225 Nm.

Nah, mesin 1.5L DDiS ini sendiri bakal dipadukan dengan transmisi manual dengan 6 percepatan, berbeda dengan versi lawasnya yang cuma 5 percepatan saja. Selain meningkatnya tenaga dan torsi dari mesin baru Suzuki ini, penggunaan mesin berkode E15A ini juga ditujukan untuk terus membuat eksistensi dari Suzuki Ertiga Diesel bisa terjaga. Kok Bisa? Karena mesin E15A ini sendiri sudah memenuhi standar BS IV alias Bharat Stage IV yang setara dengan Euro4. Berhubung standar mesin diesel di India berada di standar BSIV, maka pihak Maruti Suzuki bakal memproduksi mesin E15A dengan standar yang sesuai sebelum nantinya beralih menjadi standar BSVI di April 2020 jika sesuai dengan rencananya.

Ngomong – ngomong Suzuki Ertiga Diesel, pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga masih mengutarakan minatnya untuk kembali memasukkan sosok LMPV berbahan bakar solar ini ke Indonesia. Beberapa waktu lalu, Marketing Director 4W PT SIS, Donny Saputra menyebutkan bahwa ada peluang yang besar untuk membawa sosok All New Suzuki Ertiga Diesel ke pasar Indonesia. Dan kala itu kami menyebutkan bahwa akan lebih baik jika menantikan Suzuki Ertiga Diesel versi mesin terbaru muncul terlebih dahulu daripada tetap mengimpor versi mesin 1.300cc. Nah, jikalau Suzuki Ertiga Diesel bermesin baru akan segera rilis di India, maka pintu masuknya Suzuki Ertiga Diesel ke Indonesia juga akan langsung terbuka.

Kita nantikan saja, bagaimana nantinya eksekusi dari pihak SIS pada sosok Suzuki Ertiga Diesel bermesin 1.500cc DDiS baru ini. Apakah kalian juga tertarik dengan mobil ini? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Sumber : Gaadi Waadi

Read Prev:
Read Next: