Yamaha Xabre Segera Discontinue, MT-15 Ambil Alih Pasar

by  in Berita&Merek Motor&Nasional
Yamaha Xabre Segera Discontinue, MT-15 Ambil Alih Pasar
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat kah kalian saat pertama kali Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan sosok Yamaha Xabre hampir 4 tahun lalu? Kala itu, motor yang juga dikenal dengan nama Yamaha M-Slaz di Thailand tersebut cukup membuat geger dunia persilatan roda 2 di tanah air. Bagaimana tidak, sebuah motor naked nan bengis dengan karakter berkendara yang cowok banget dan suspensi USD serta lampu LED menjadi sebuah paket komplit yang susah ditolak. Sayangnya, harapan dan kenyataan memang susah sejalan bagi motor ini.

Dalam peluncuran trio motor 155cc terbaru di Jakarta kemarin, Manager Public Relation YIMM, Antonius Widiantoro menyebutkan bahwa kiprah dari Yamaha Xabre di pasar otomotif Indonesia bakal resmi berakhir. Kiprah dari motor berbasis Yamaha R15 v2 tersebut disebutnya akan selesai pasca stok unit motor ini sold out. Tak jelas kapan Yamaha Xabre berhenti diproduksi, namun yang jelas motor ini dalam beberapa waktu terakhir bak ‘pelengkap’ saja di dalam line up produk Yamaha. Kehadiran Yamaha MT-15 yang mengusung konsep mirip dan mesin lebih baru kian mengikis pasar dari Yamaha Xabre.

Jika mengacu pada harga jual di situs resmi Yamaha, Yamaha Xabre dipasarkan dengan harga 30,7 jutaan Rupiah OTR Jakarta. Angka tersebut jelas jauh lebih murah dibandingkan dengan Yamaha MT-15 yang dijual di angka 35,6 jutaan Rupiah OTR Jakarta. Tapi, jujur saja sosok Yamaha MT-15 memiliki bentuk yang lebih wah dan beraura MT-Series dibandingkan dengan Yamaha Xabre. FYI, Yamaha Xabre sendiri menggunakan mesin 150cc lawas milik Yamaha yang dahulu juga digunakan oleh Yamaha V-Ixion Advance. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 16,3 PS pada 8.500 rpm dan torsi 14,3 Nm pada 7.500 rpm.

Beberapa selling value dari Yamaha Xabre yang di-highlight pada awal kemunculannya adalah suspensi depan menggunakan USD dengan laburan warna emas yang catchy. Lalu ada juga lampu LED di sisi depan, dan swing arm aluminium model banana di sisi belakang. Panel instrumen full digital dengan model inverted alias terbalik pun juga ada di motor ini. Bagi kalian yang ingin memiliki motor 150cc dengan tampilan yang bengis dan kaki – kaki yang mirip dengan Yamaha MT-15, maka Yamaha Xabre bisa menjadi alternatif yang menarik, setidaknya jika barangnya masih ada.

Nah, bagaimana menurut kalian, kawan? Apakah ada yang masih membidik motor ini? Yang jelas segera tebus saja sebelum kehabisan. Yang punya pengalaman dengan Yamaha Xabre juga boleh komen di bawah sob.

Read Prev:
Read Next: