Suzuki Ertiga 2018 Bocor, Usaha Keras Hadapi Persaingan!

Suzuki Ertiga 2018 Bocor, Usaha Keras Hadapi Persaingan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kamis besok, Indonesia International Motor Show 2018 akan jadi arena peluncuran perdana All New Suzuki Ertiga 2018 yang pertama kali tertangkap basah diuji coba di India. Biarpun pertama kali kegep di India, rupanya world premiere Ertiga akan dilakukan di Indonesia. Setelah berbagai macam spyshot muncul, inilah bocoran sosok Suzuki Ertiga 2018 versi Indonesia yang akan dijual sebentar lagi.

Suzuki berusaha keras membuat Ertiga tetap menarik di tengah gempuran kontestan baru yang perlahan menaikkan standar konsumen MPV entry level. Urusan muka, Suzuki Ertiga 2018 tidak mengikuti desain Suzuki Swift baru yang punya gril menganga lebar dan menyatu dengan air dam bumper depan, melainkan terpisah dengan gril sempit dan air dam tidak menyambung dengan gril. Oh ya, yang di foto ini sepertinya varian GX yang termahal.

Di saat Honda Mobilio RS punya downgrade yang kentara dengan hilangnya lampu projector saat facelift, Suzuki Ertiga 2018 malah menunjukkan upgrade via projector headlamp di model baru ini. Saat melihat bumper depannya, aksen “taring” di dekat lampu kabut mengingatkan kami dengan bumper depan Lamborghini Aventador S, karena sama-sama bertaring. Yah, ini kan Aventador S-uzuki. Kami takkan kaget kalau nanti ada yang memanggil mobil ini “Ertiga Vampir”.

Desain pelek baru multispoke-nya keren, dan desain samping masih relatif sama dengan Ertiga lama. Meski demikian, dahi kami mulai mengerenyit sedikit kala melihat mobil ini dari belakang. Desain floating roof, kaca samping belakang dan lampu rem-nya itu Xpander banget, namun tatanan lampu rem LED, sein dan lampu mundurnya mirip dengan Avanza Xenia. Sisi baiknya, jika anda belum kebeli Xpander, mungkin Ertipander ini bisa jadi alternatif.

Urusan fitur, kita akan mendapatkan spion lipat elektronik dan smart entry. Suzuki Ertiga nanti akan jadi MPV kedua yang punya fitur start/stop button, dan Suzuki memasangkan dashboard yang sama dengan Swift Dzire untuk MPV andalan mereka ini. Bukan desain yang elegan, tapi kami suka panel instrumen yang jarumnya menunjuk ke arah jam 6 kala mesin mati, berasa keren saja melihatnya. Setirnya hanya bisa tilt steering, tidak bisa telescopic, namun sudah ada tombol di sebelah kiri.

Jok Suzuki Ertiga 2018 kelihatannya nyaman dan tebal, tapi kami heran dengan aksen coklat yang ada di bagian dalam jok. Head unit touch screen sudah standar di varian tinggi, dan semua varian sudah dapat dual airbags, jok ISOFIX, ABS dan EBD. Akan tetapi, hanya varian GX ESP yang dapat stability control. Waduh, mirip Honda yang hanya menawarkan stability control di Mobilio RS saja ya, varian lain tidak dapat.

AC double blower dan jok belakang yang terpisah 50:50 tetap dipertahankan di Suzuki Ertiga baru, dan itu adalah hal bagus. Kami harap ruang baris ketiganya bisa sedikit lebih luas lagi, meskipun rasanya mobil ini tidak seberapa melar dibandingkan yang lama. Baris kedua diberikan 1 buah power outlet untuk mengisi daya gadget, dan seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, mesin Suzuki Ertiga baru adalah mesin 1.500 cc berkode K15B.

Mesin 1.500 cc 4 silinder ini menghasilkan tenaga 104,7 PS dan torsi 138 Nm, dan semuanya disalurkan ke roda depan via transmisi manual 5 percepatan atau torque converter otomatis 4 percepatan. Hmm.. Masih terlalu dini untuk menarik satu kesimpulan soal Suzuki Ertiga 2018 ini, lebih baik besok saja saat kita semua melihat sosok aslinya di IIMS 2018. Apa kesan pertamamu melihat Ertiga inI? Kira-kira berapa harganya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: