Susul Hero MotoCorp, TVS Mulai Bermain di Segmen Motor Listrik

Susul Hero MotoCorp, TVS Mulai Bermain di Segmen Motor Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar kendaraan listrik beroda dua memang belumlah sebesar pasar mobil listrik, namun beberapa pabrikan sudah mulai menjajaki kemungkinan untuk terjun di segmen baru ini, bahkan beberapa diantaranya seperti Viar dengan Q1 dan Honda dengan PCX Listrik serta Yamaha dengan e-Vino sudah merasakan bagaimana rasanya berjualan motor listrik.

Yang terbaru, pabrikan asal India, yang baru – baru ini menjadi sorotan dunia dengan peluncuran motor sport barunya, yaitu TVS, pun turut serta berinvestasi dalam hal motor listrik. Yap, dibalik masifnya pemberitaan mengenai peluncuran TVS Apache RR 310, tersimpan sebuah agenda lain yang menunjukkan bahwa pabrikan asal Negeri Bollywood ini juga menyisihkan dana untuk berinvestasi di masa depan. Bukan membuat produk sendiri, pihak TVS malah menyisikan dana investasi untuk membeli saham sebanyak 14,78 persen dari sebuah start up asal India, yaitu Ultraviolet Automotive.

Bagi yang belum tahu, Ultraviolet Automotive adalah sebuah start up di bidang otomotif, khususnya di kendaraan listrik yang berpusat di Bangalore, India. Perusahaan ini sendiri didirikan pada tahun 2015 silam, dan walau masih berumur dua tahun, Ultraviolet Automotive sudah memiliki tiga buah prototipe motor listrik yang sedang diuji sejauh ini. Namun, memang terlalu dini jika kita bicara mengenai kapan produk akan diluncurkan. Ultraviolet Automotive sendiri dipimpin oleh CTO mereka yaitu Niraj Rajmohan dan CEO Narayan Subramaniam. Sejauh ini, ada tuga belas personil dari Ultraviolet Automotive yang bekerja untuk mengembangkan motor listrik masa depan.

Pasar utama mereka nantinya adalah para konsumen yang ingin kendaraan listrik untuk tujuan penggunaan di dalam kota saja. Oleh karena itu, merek mendesain motor listrik ini sesuai dengan sasaran pasar mereka, termasuk menyesuaikan dengan perkembangan pasar di masa depan. Dengan investasi mereka di Ultraviolet Automotive, maka TVS pun menjadi pabrikan asal India kedua yang terjun di pengembangan segmen motor listrik. Sebelumnya sudah ada Hero MotoCorp yang mengumumkan bahwa pihaknya turut berperan mengembangkan motor listrik dengan investasi di perusahaan motor listrik, Ather Energy Pvt Ltd.

Dengan mulai bergeraknya pabrikan – pabrikan motor dari berbagai negara, baik Jepang, China, dan India, maka tentunya ini adalah awal dari era motor listrik global. Walau masih panjang jalan dari pengembangan motor listrik, namun dengan hal ini, kita bisa memastikan bahwa pabrikan motor pun juga serius menanggapi isu energi, layaknya pabrikan – pabrikan roda empat. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Sumber Gambar : Drivespark

Read Prev:
Read Next: