AISI Siap Perangi Covid-19 Dengan Produksi Ventilator

by  in Berita&Honda&Kawasaki
AISI Siap Perangi Covid-19 Dengan Produksi Ventilator
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan pernyataan Kemenperin yang mengajak Agen Pemegang Merk (APM) otomotif di Indonesia untuk membantu memproduksi ventilator? Yap, langkah ini memang yang sedang dilakukan pabrikan otomotif di ranah global. Nah, kali ini ada pernyataan dari pihak Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia alias AISI yang menyatakan pihaknya siap untuk membantu memerangi Covid-19 dengan memproduksi ventilator. Mari kita bahas lebih jauh.

Mengutip informasi via CNN Indonesia, Ketua Bidang Komersial dari AISI, yaitu Sigit Kumala menyebutkan bahwa pihaknya sudah diminta untuk membantu memproduksi ventilator. Hanya saja, penjelasan yang lebih detail mengenai hal teknis produksi tersebut masih belum diberikan oleh pihak Pemerintah. Seperti yang kita ketahui, ventilator bukanlah komponen kendaraan bermotor, melainkan alat medis. Maka, jelas produsen otomotif tidak bisa memproduksinya bila belum mendapatkan gambaran detail dari produk itu sendiri. Namun, pasca gambar detail itu diterima, pihak AISI mengaku siap untuk membantu memproduksi alat medis tersebut.

FYI, saat ini AISI menjadi induk dari APM kendaraan roda dua di Indonesia. Total ada 5 perusahaan yang berada dalam naungan AISI, yaitu Astra Honda Motor (AHM), Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM), Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Suzuki Indomobil Motor (SIM), dan TVS Motor Company Indonesia (TMCI). Sigit menambahkan bahwa kesemua anggotanya sudah menyanggupi untuk membantu Pemerintah memproduksi ventilator. Sigit menyebutkan bahwa apa yang mereka lakukan ini untuk kepentingan dan kebaikan masyarakat Indonesia. Kami juga mengapresiasi respon positif dari AISI ini.

Nah, di negara lain, beberapa pabrikan otomotif juga sudah mulai turun tangan untuk membantu Pemerintah di negara tersebut memerangi Covid-19. Contohnya, BYD yang membuat pabrik masker terbesar di dunia, lalu Ford yang menggandeng 3M untuk memproduksi Ventilator, Walkinshaw Automotive Group (Holden SV) yang menawarkan produksi ventilator menggunakan printer 3D mereka, dan Geely yang menerjunkan sekian unit mobil untuk mobilisasi pasien. Pandemi Covid-19 sendiri saat ini telah menembus angka 1 juta orang yang positif, atau lebih tepatnya 1,016,150 orang saat berita ini ditulis. Di Indonesia sendiri sudah ada 1,790 kasus dan memakan korban 170 orang.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: