Susul Geneva, Detroit Motor Show 2020 Resmi Dibatalkan

by  in Berita&International
Susul Geneva, Detroit Motor Show 2020 Resmi Dibatalkan
0  komentar

AutonetMagz.com – Munculnya pandemi Covid-19 ternyata tidak hanya menjadi hal mengerikan bagi sektor medis dan kesehatan saja, namun juga menjadi momok bagi hampir setiap sektor, termasuk otomotif. Seperti yang kita ketahui bersama, Covid-19 telah membuat sektor otomotif harus mengambil kebijakan dan keputusan yang berat seperti menghentikan produksi, memundurkan peluncuran, hingga meniadakan ajang – ajang tahunan seperti Geneva International Motor Show. Yang terbaru, ada 1 motor show lagi yang menjadi korban pandemi ini.

Sebenarnya, pelaksanaan Detroit Motor Show atau juga dikenal sebagai North America International Motor Show (NAIAS) 2020 sudah dimundurkan menjadi bulan Juni 2020, yang biasanya dilaksanakan di bulan Januari. Namun keputusan tersebut bukan karena pandemi Covid-19, melainkan mepetnya pelaksanaan Detroit Motor Show dengan sejumlah ajang lain yang ditengarai mengurangi peserta maupun pengunjung gelaran ini, sebut saja event CES 2020 yang juga digelar di bulan yang sama. Nah, sedianya Detroit Motor Show 2020 akan dihelat pada tanggal 6 sampai dengan tanggal 20 Juni 2020 mendatang, namun harus dibatalkan karena kondisi waspada Covid-19.

Apalagi, per berita ini ditulis, Amerika Serikat telah mencatatkan angka positif Covid-19 yang sangat tinggi, bahkan mengalahkan China yang merupakan pusat awal penyebaran virus tersebut. Per tanggal 30 Maret 2020, di Amerika Serikat sudah ditemukan 142.178 kasus positif Covid-19, atau lebih banyak 60 ribu kasus dibandingkan dengan China, dan lebih banyak 45 ribu kasus dibandingkan dengan temuan di Italia. Kondisi ini sekaligus menutup jalan bagi Detroit Motor Show 2020 untuk diadakan tahun ini. Nah, lokasi pelaksanaan dari Detroit Motor Show yaitu TCF Center Detroit disulap oleh pihak medis setempat menjadi rumah sakit darurat dengan 900 tempat tidur.

Detroit Motor Show sendiri merupakan salah satu pameran otomotif yang cukup disegani, dimana ajang ini sudah berlangsung sejak tahun 1965 silam. Detroit Motor Show juga menjadi ‘rumah’ perkenalan bagi beberapa produk terkenal. Sebut saja sosok Toyota FT-HS Concept yang menjadi cikal bakal Toyota Supra J29 di tahun 2007 silam, yang disusul oleh Toyota FT-1 Concept di Detroit Motor Show 2014. Selain itu, di penyelenggaraan tahun lalu, Hyundai juga memperkenalkan sosok Veloster generasi kedua untuk pertama kalinya. Sedangkan KIA juga memperkenalkan mobil kentjang mereka yaitu KIA Stinger di Detroit Motor Show 2017 silam. Jadi, kita harus bersabar tahun ini, dan kita nantikan kejutan di Detroit Motor Show 2021 mendatang.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: