Suzuki Tambah Pabrik Baru di ASEAN, Kali Ini di Myanmar

Suzuki Tambah Pabrik Baru di ASEAN, Kali Ini di Myanmar
0  komentar

AutonetMagz.com – Ditengah suasana kurang menyenangkan karena Pandemi Covid-19, mari kita bergeser sedikit ke kabar menggembirakan dair pabrikan asal Jepang, Suzuki. Suzuki baru saja meresmikan rencana pembangunan pabrik perakitan baru mereka yang berlokasi di Myanmar. Pabrik ini sendiri akan menjadi pabrik ketiga yang dimiliki Suzuki di Myanmar dan akan bertugas untuk memproduksi kendaraan Suzuki untuk keperluan dalam negeri di Myanmar.

Nah, pabrik terbaru Suzuki di Myanmar tersebut berlokasi di Thilawa Special Economic Zone, di tenggara dari Ibukota Myanmar, Yangon. Pabrik ini sendiri baru akan berpoperasi pada bulan September 2021 mendatang, alias tahun depan. Nantinya, pabrik Suzuki tersebut akan bertugas untuk memproduksi 40.000 unit kendaraan per tahunnya yang kesemuanya merupakan kendaraan roda 4. Komoditas yang akan diproduksi pabrik baru Suzuki ini masih belum jelas, namun untuk saat ini pihak Suzuki Myanmar sejatinya sudah memproduksi 4 model yang mereka jual, antara lain adalah Suzuki Carry, Suzuki Ciaz, Suzuki Ertiga, dan Suzuki Swift.

Pabrik baru dengan luas 42.000 meter persegi ini diklaim menghabiskan dana investasi sebesar hampir 1,8 triliun Rupiah. Pabrik ini sendiri akan bertugas untuk melakukan pengelasan, pengecatan, serta perakitan mobil – mobil Suzuki. FYI, Suzuki memang menjadi salah satu merk Jepang yang memiliki posisi kuat di Negeri Pagoda Emas tersebut. Sebanyak 60,3% dari marketshare berhasil dikuasai oleh Suzuki di Myanmar. Kondisi ini mengingatkan kami pada dominasi Suzuki di India yang mampu mengalahkan beberapa brand kenamaan lain yang senegara. Tahun lalu, Suzuki Myanmar mampu memproduksi 13.300 unit mobil, dengan angka penjualan mencapai 13.206 unit.

Oiya, mobil paling laris dari Suzuki di Myanmar adalah LMPV yang juga ada di negara kita, yaitu Suzuki Ertiga. Suzuki sendiri juga menjadi salah satu merk yang punya percepatan pertumbuhan yang signifikan. Suzuki baru memulai produksi di Myanmar melalui pabrik mereka di Dagon selatan Yangon pada bulan mei 2013 dengan memproduksi Suzuki Carry. Beberapa tahun berikutnya, mereka mulai memproduksi komoditas lain seperti Suzuki Ertiga dan Suzuki Ciaz di pabrik kedua mereka yang berada di Thilawa Special Economic Zone. Mengikuti jejak Suzuki, Toyota juga akan membangun pabrik di lokasi yang sama untuk memproduksi Toyota Hilux.

Pabrik Toyota tersebut akan beroperasi lebih cepat, yaitu mulai Februari 2021 mendatang. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: