Support Netralitas Karbon, Toyota Indonesia Dukung Seminar Nasional Udayana

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Support Netralitas Karbon, Toyota Indonesia Dukung Seminar Nasional Udayana
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa waktu terakhir, ide mengenai netralitas karbon dan pewujudan ekosistem lingkungan yang lebih hijau menjadi perbincangan yang menarik di seluruh dunia. Sejumlah negara maju, khususnya di Eropa, telah mencanangkan target waktu penerapan netralitas karbon di kawasan mereka. Lantas, bagaimana Indonesia? Tentu juga mengikuti tren tersebut. Oleh karenanya, sebuah seminar nasional digelar di Universitas Udayana Bali untuk membahas masa depan negeri kita ini. Yuk kita bahas.

Wujudkan Net Zero Emission

Jadi, seminar kali ini adalah kelanjutan aktivitas rangkaian Seminar Nasional yang dimulai di Universitas Diponegoro (UNDIP) di Semarang pada Mei lalu. Dan kali ini, Toyota Indonesia kembali mendukung rangkaian seminar nasional tahap kedua dengan berkolaborasi bersama civitas akademia Universitas Udayana (UNUD) di Bali. Nah, tema yang diangkat di Seminar Nasional ini adalah “100 Tahun Industri Otomotif Indonesia Mewujudkan Net Zero Emission di Indonesia : Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bali Menuju Net Zero Emission di Indonesia”. Aktivitas seminar ini menjadi bentuk partisipasi aktif berbagai stakeholder yang terlibat, seperti sektor pendidikan, industri pariwisata, serta industri otomotif nasional.

Tujuannya? Jelas, untuk mewujudkan cita-cita Pemerintah mencapai target masa depan Indonesia “Bebas Emisi”. Paparan seminar nasional kali ini akan disampaikan oleh jajaran Pemerintah, Akademisi, hingga Pemerhati Lingkungan diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dr. (HC) Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT; Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc.; dan Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster. Para pembicara seperti Pemerhati Lingkungan dan Pakar Ekonomi Sirkuler Dr. Alexander Sonny Keraf telah memaparkan mengenai Sirkular Ekonomi untuk Sektor Pariwisata, sementara Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Antara, M.Eng., IPU juga menjelaskan secara mendalam mengenai gambaran ideal pariwisata Bali yang hijau dan berkelanjutan.

Akan Digelar di 5 Kota Lain

Kepala Pusat Komunitas Berbasis Energi Terbarukan Universitas Udyana, Prof. Ir. Ida Ayu Dwi Giriantari, M. Eng. Sc. Ph. D. akan menjelaskan tentang Green Energy untuk Pariwisata Bali yang Hijau dan Berkelanjutan. Sedangkan Executive Vice President Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing & Executive Program Director Toyota Mobility Foundation, Prasanna K. Ganesh akan memberikan presentasi mengenai Mobilitas Hijau & Digital untuk Pariwisata Berkelanjutan. Setelah Udayana, seminar nasional juga akan digelar di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Muda (UGM), Universitas Negeri Solo (UNS), dan Universitas Indonesia (UI).

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: