Sudah Siapkah Anda Untuk Mudik? Yuk, Simak 12 Tips Mudik Nyaman Berikut ini

by  in Mobil Baru
Sudah Siapkah Anda Untuk Mudik? Yuk, Simak 12 Tips Mudik Nyaman Berikut ini
0  komentar


AutonetMagz.com – Mudik lebaran atau pulang kampung memang sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat Indonesia. Dari berbagai macam moda transportasi yang tersedia, mudik menggunakan mobil pribadi tetap menjadi favorit. Bagi sebagian besar masyarakat, mudik menggunakan mobil pribadi dirasa lebih nyaman dan bebas, karena kita dapat bebas menentukan waktu keberangkatan dan kita bebas untuk berhenti kapan saja kita mau untuk beristirahat. Selain itu, kita juga lebih bebas untuk membawa barang apa saja yang kita mau.

Namun tak jarang kita juga melupakan beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dan kita bawa saat melakukan perjalanan mudik. Dan kali ini saya akan membahas apa saja yang perlu kita siapkan dan kita bawa selama perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi. Yuk, Simak 12 Tips Mudik Nyaman Berikut ini:

  1. Jangan Lupa Membawa STNK & SIM

Hal ini tentu hukumnya sudah wajib, berpergian dengan mobil pribadi sudah menjadi kewajiban untuk membawa STNK dan SIM. Jangan sampai perjalanan mudik kamu menjadi terganggu karena kamu harus ditilang oleh polisi

  1. Pastikan Membawa Dongkrak dan Kunci Roda

 

Dua alat ini sebaiknya memang jangan dikeluarkan dari bagasi mobil kamu, karena kedua alat ini akan sangat penting di kondisi darurat. Selain itu sebaiknya kamu juga membawa segitiga pengaman.

  1. Bawalah Tool Kits & Senter

Sebaiknya kamu juga membawa beberapa toolkits serta senter atau alat penerangan. Hal ini untuk berjaga-jaga jika kamu mengalami mogok atau ban kempes pada malam hari.

  1. Pastikan Membawa Ban Serep

Ban serep juga sebaiknya jangan kamu keluarkan dari mobil. Pastikan mobil kamu memiliki ban serep, dan pastikan juga ban serep tersebut dalam kondisi baik, periksalah tekanan angin pada ban serep kamu. untuk beberapa tipe mobil baru memang tidak tersedia ban serep, hanya tersedia kompresor portable, pastikan juga kamu tidak kelupaan untuk membawa kompresor portable tersebut.

  1. Bawalah Air Radiator Cadangan

Bawalah air radiator cadangan atau air mentah pada jerigen. Hal ini untuk berjaga-jaga jika mobil kamu mengalami overheat di kemacetan

  1. Bawa Obat-Obatan & Kotak P3K

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga, seperti obat pusing, obat maag, obat diare atau obat masuk angin. Jangan sampai ketika kamu mengalami sakit diperjalanan, kamu kesulitan mencari warung atau minimarket untuk membeli obat.

  1. Pastikan Persediaan Makanan dan Minuman Cukup

Bagi kamu yang mudik dengan anak kecil, sebaiknya pastikan dulu stok makanan dan minuman di mobil kamu sudah cukup hingga tiba di tempat tujuan.

  1. Jangan Lupa Membawa Charger Handphone Untuk Mobil atau Powerbank

Mengingat saat ini handphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, tapi juga bisa untuk bermain game, melihat peta, berfoto dan mendengarkan musik. Maka pastikan juga kamu tidak lupa membawa charger untuk mobil atau powerbank.

  1. Catat Beberapa Nomor Penting

Untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu juga mencatat beberapa nomor penting, seperti nomor bengkel, nomor posko mudik ATPM, ataupun nomor derek. Beberapa ATPM biasanya akan menyiagakan beberapa posko mudik di beberapa titik jalur mudik serta menyediakan nomor layanan darurat.

  1. Menata Barang Bawaan dengan Benar

Pastikan seluruh bawang baraan kamu sudah tertata dengan benar, jangan sampai barang bawaan yang terlalu berlebih akan mengganggu kenyamanan penumpang atau bahkan mengganggu kenyamanan kamu dalam berkendara. Hindari meletakan barang di tempat yang menghalangi pandangan pengendara. Dan untuk kamu yang membawa barang bawaan di atap mobil, gunakanlah roofbox atau roofrack. Pastikan juga seluruh barang bawaan sudah terikat dengan kencang dan aman.

  1. Tentukan Waktu Keberangkatan

Sebelum menentukan jadwal keberangkatan, sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu kondisi arus lalu lintas yang akan kamu lewati, kamu bisa mengecek dari tv, radio, media online atau media sosial. Pastikan juga kamu mengetahui jalur utama serta jalur alternatif yang akan kamu lalui. Jika kamu memilih perjalanan pada malam hari, maka pastikan juga kondisi fisik kamu yang akan mengemudi sudah beristirahat yang cukup. Hindari menyetir dengan kondisi mengantuk.

  1. Jika Sudah Lelah, Beristirahatlah

Dalam melakukan perjalanan mudik, tentu fisik dari pengemudi akan cukup terkuras. Dan jika kamu melakukan perjalanan lebih dari 5 jam sebaiknya kamu membawa teman atau saudara yang bisa kamu ajak bergantian menyetir. Dan jika kamu melakukan perjalanan yang cukup jauh dan memakan waktu perjalanan lebih dari 12 jam, sebaiknya beristirahatlah setiap 4-5 jam perjalanan dan beristirahatlah minimal 30 menit. Beristirahatlah di tempat yang aman seperti rest area, spbu, tempat ibadah, pos polisi atau posko mudik.

Nah itu tadi 12 hal yang perlu kamu perhatikan dan kamu bawa saat melakukan perjalanan mudik. Sebaiknya, kamu membuat daftar list barang bawaan atau hal yang perlu kamu persiapkan agar tidak ada yang terlewat atau tertinggal. Ketika berkendara, patuhilah selalu rambu lalu lintas yang ada dan selalu jaga jarak aman kendaraan. Jika sudah merasa lelah, sebaiknya segera beristirahatlah.

Yuk berbagi cerita dengan kita di bawah ini, kemanakah kamu akan mudik pada tahun ini?

Read Prev:
Read Next: