Yamaha STSJ Beberkan Bagian Yang Harus Dicek Dari Motor Pasca Mudik Lebaran

by  in  Berita & Merek Motor & Nasional
Yamaha STSJ Beberkan Bagian Yang Harus Dicek Dari Motor Pasca Mudik Lebaran
0  komentar

AutonetMagz.com – Demi bertemu dengan sanak saudara di hari lebaran, banyak orang rela untuk berkendara dengan jarak yang lebih jauh dari biasanya. Sepeda motor merupakan satu moda transportasi yang digunakan untuk bepergian. Sebelum pergi mudik lebaran, kan kita harus mengecek kondisi sepeda motor. Nah, sehabis mudik kita juga perlu mengecek kembali kondisinya karena ada beberapa komponen yang bekerja ‘lebih keras’ dari biasanya. Hal ini guna menjaga performa dari motor tetap optimal.

Agar Kondisi Tetap Terjaga

Banyak yang beranggapan bahwa sepeda motor itu cukup di service sebelum digunakan untuk mudik. Padahal, pasca lebaran kondisi kendaraan juga wajib untuk dicek. Terlebih jika digunakan dalam kondisi jarak jauh. Jangan sampai kita malas untuk mengecek kondisi kendaraan supaya kondisi kendaraan tetap enak digunakan,” ungkap Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Spare Part dari PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Ada beberapa hal yang harus dicek adalah sebagai Berikut : 

1.     Bersihkan sepeda motor dari debu, tanah, dan kotoran yang menempel. Contohnya pada bagian filter udara, dengan kondisi filter udara yang kotor akan membuat kendaraan jadi lebih boros. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan agar pengendara mengetahui kondisi kendaraannya. 

2.      Cek kondisi oli dan transmisi pada motor. Kendaraan yang habis melakukan perjalanan jauh perlu dicek olinya seperti kekentalan, volume, maupun warna dari oli tersebut. Apabila warna oli menghitam, segera lakukan penggantian pada oli. 

3.      Cek kampas rem. Komponen ini menjadi salah satu faktor utama untuk menjaga keselamatan pengendaranya. Jika masih dalam kondisi yang baik, cukup bersihkan kampas rem dari debu yang ada. Jika sudah mulai menipis segera ganti dengan yang baru

4.      Cek ketebalan alur ban kendaraan. Mulai dari tekanan udara pada ban, hingga alur ban. Apabila sudah terlihat Tread Wear Indicator (TWI) ban, segera ganti dengan ban baru

5.      Pengecekan aki atau battery juga diperlukan untuk menjaga sistem kelistrikan. Apabila kondisi aki dalamsudah mulai soak atau lemah, segera ganti dengan aki yang baru. 

Demikianlah tips dari Yamaha STSJ agar peforma kendaraan tetap prima setelah dibawa mudik lebaran. Pengecekan bisa dilakukan di bengkel terdekat dari tempat tinggal anda atau bisa mengeceknya sendiri sambil membeli komponen yang diperlukan jika ada (jika anda jago bongkar-pasang motor).

Read Prev:
Read Next: