Baru Pulang Mudik? Jangan Lupa Cek Komponen-komponen Ini!

by  in  Berita & Nasional & Tips
Baru Pulang Mudik? Jangan Lupa Cek Komponen-komponen Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam melakukan perjalanan mudik dan kembali ke rumah, mobil akan menempuh jarak yang lebih jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya. Belum lagi jika terjebak macet dan mobil diisi penuh oleh penumpang dan barang yang lebih banyak dari biasanya. Banyak komponen yang bekerja ekstra disana, maka dari itu perlu dilakukan pengecekan kembali sebelum digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Apa sajakah komponen yang harus di cek? mari kita bahas lebih lanjut!

1. Ban

Posisi ban langsung berhadapan dengan aspal atau beton jalan, hal ini membuat ban harus bekerja ekstra keras saat digunakan mudik. Maka dari itu, segera cek kondisinya begitu sampai di rumah, lihat tanda keausan telapak ban dan segera ganti jika sudah tidak layak.

2. Kaki-kaki

Perhatikan kaki-kaki mobil dari rembesan oli, gerakkan komponen kemudi dan suspensi untuk dapat melihat potensi masalah. Cek komponen shock absorber apakah ada kebocoran? lalu cek juga karet-karet penyangga apakah ada yang getas atau robek? Waspadai juga kebocoran pada selang rem, periksa kondisi kampas rem, karena komponen inilah yang bekerja paling berat untuk mengurangi laju mobil.

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Tugas oli mesin adalah melindungi mesin dari gesekan antar komponen, membantu melepaskan panas mesin, dan membuang kotoran akibat gesekan antar komponen. Cek takaran oli mesin lewat dipstick dan pastikan tidak kurang. Perhatikan apakah ada perubahan warna oli mesin, kalau sampai warnanya berubah menjadi coklat susu, tandanya oli sudah tercampur air. Segera ganti oli dengan rekomendasi pabrikan.

4. Cairan Rem Harus Bersih

Pastikan volume cairan rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur dalam tabung penyimpannya. Brake fluid yang kurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem. Periksa selang rem dan pastikan tidak ada yang sobek atau bocor.

5. Radiator Coolant Harus Penuh

Radiator tidak boleh habis dengan mengecek tabung cadangannya. Periksa kebocoran pada selang dan rumah radiator karena ada kemungkinan terkena lontaran kerikil dalam perjalanan. Pastikan pula warna radiator coolant tidak berubah apalagi sampai keruh yang wajib dikuras supaya tidak bermasalah.

6. Periksa Cairan Kendaraan Lainnya

Cairan mobil seperti minyak kopling untuk mobil manual, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, dan cairan power steering hidrolis wajib diperiksa kembali. Pastikan volumenya tidak berkurang dan tidak ada perubahan warna, karena berarti ada masalah yang harus segera ditangani.

7. Bersihkan Kabin Mobil

Kabin mobil pasti kotor saat mudik Lebaran, terutama jika membawa anak kecil. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

Read Prev:
Read Next: