Sudah Lama Dinanti-Nanti, Mesin Rotari Baru Mazda Tembus 455 HP

by  in Berita&Hot Stuff&Mazda
Sudah Lama Dinanti-Nanti, Mesin Rotari Baru Mazda Tembus 455 HP
0  komentar
Mazda-RX8-Biru

AutonetMagz – Setelah sekian banyak info simpang siur tentang penerus mesin rotari Mazda, akhirnya Mazda mengumumkan bahwa mesin fenomenal itu akan lahir kembali pada Mei 2017 mendatang, sekaligus menandai peringatan 50 tahun Cosmo Sport 110S yang legendaris. Sekedar info, setelah merilis RX-8 Spirit R pada 2011 lalu, Mazda sekaligus menghentikan produksi mesin rotari mereka.

Mesin-Rotary-Mazda-RX8

Ada tiga racikan baru yang telah dikonfirmasi mengenai mesin tanpa piston ini. Pertama, kapasitas mesinnya naik menjadi 1.600 cc, yang berarti naik 300 cc dari model terakhir mereka, Renesis 13B-MSP yang berkapasitas 1.300 cc twin-rotor . Kedua, teknologi Skyactiv akan hadir untuk mendukung mesin ini dalam mencapai performa terbaiknya. Namanya pun sudah diumumkan, bila mesin bensin Mazda bernama Skyactiv-G dan dieselnya bernama Skyactiv-D, maka mesin dengan rotor segitiga ini akan dinamai Skyactiv-R. Ketiga, mesin rotari generasi terbaru yang konon akan diberi kode 16X akan mendapat tenaga ekstra berkat bantuan turbo. Sempat ada kabar beredar bahwa mesin ini akan menjadi rotary hybrid pertama Mazda, namun hal itu belum dikonfirmasi oleh pihak Mazda.

Mazda-RX8-Merah

Dengan tiga racikan tadi, tenaga mesin rotari masa depan ini diprediksi akan tembus 455 HP. Itu berarti hampir 2 kali lipat dari mesin Renesis 13B-MSP yang “hanya” 230 HP, bahkan lebih bertenaga dari BMW M3 dan M4 yang tembus 430 HP. Belum lagi, karena tenaga sebesar itu diperoleh melalui mesin yang tergolong ringan, sekitar 150-200 kilogram, maka model yang mendapatkan mesin 16X ini diklaim akan menjadi mobil sport paling ringan di kelasnya.

Mazda-RX7-Spirit-R

Tapi itu baru kabar gembiranya saja. Kabar buruknya adalah kemungkinan model rotari terbaru ini akan dijual dengan harga yang tidak sekompetitif pendahulunya, mengingat riset untuk mesin ini cukup lama dan biayanya cukup besar. Tapi itu tak terlalu mengejutkan, mengingat ketika RX-7 dirilis dulu, harga dan performanya diatur untuk menyaingi Porsche 911, dan ketika itu mesinnya sudah mendapat cangkokan turbo. Sepertinya rotari terbaru ini akan membuat banyak kejutan, khususnya bagi penggemar mobil kencang. Layak ditunggu? Tentu saja!

Read Prev:
Read Next: