Paten Mazda RX-9 Baru : Suspensi Double Wishbone, Format Front-Mid Engine

Paten Mazda RX-9 Baru : Suspensi Double Wishbone, Format Front-Mid Engine
0  komentar

AutonetMagz.com – Maju mundurnya Mazda dalam proyek mobil sport rotary mereka yang sudah diberikan wujud konsep berupa Mazda RX-Vision kembali terendus. Masih baru, Mazda mendaftarkan paten yang menggambarkan space frame chassis untuk mobil sport FR, alias mesin depan penggerak roda belakang. Bagian yang didaftarkan ini menggambarkan struktur bumper dan sasis yang disebut oleh Mazda sebagai “Vehicle Shock Absorbing Structure”.

Motor Magazine yang mencium pendaftaran paten di kantor hak cipta ini juga menunjukkan suspensi depan paten ini. Suspensi depannya memakai tipe double wishbone, konstruksi suspensi yang bagus untuk kenyamanan dan handling meski berbiaya tinggi. Lebih lanjut, crossmember di ruang mesin membuat mobil ini punya posisi mesin front-mid, alias mesinnya akan dipasang di belakang as roda depan namun masih terbilang di depan mesin.

Materialnya pun menarik untuk sebuah merek seperti Mazda. Paten ini diceritakan berbahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP) yang kemudian dikombinasikan dengan aluminium supaya beratnya bisa dijaga seminimal mungkin.”Nampaknya tidak ada platform sharing antara Mazda RX-9 dengan mobil lain. Kami yakin Mazda RX-9 akan dibuat di atas sasis baru sendiri,”kata seorang narasumber Mazda kepada Motor Magazine yang enggan disebut namanya.

Namun sebaiknya ekspektasi tidak terbang setinggi langit dulu. Pendaftaran paten ini memang bisa menandakan adanya Mazda RX-9, tapi tak menutup kemungkinan juga paten ini buru-buru didaftarkan sebagai ide original supaya tidak bisa dipakai merek lain. Apalagi CEO Mazda, Akira Matsumoto bilang di bulan Juni 2019,”Di Mazda, kami sangat ingin mewujudkan mimpi mobil bermesin rotary. Tapi jika mengingat jumlah tugas kami, kami harus memundurkan ide ini, waktunya juga tidak ada.”

Okelah jike demikian, tapi antara Juni 2019 hingga September 2019 banyak hal bisa terjadi bukan? Bahkan tertangkapnya prototipe Mazda yang berupa RX-8 dengan kamuflase pun menimbulkan tanda tanya. Iya dong, ngapain mobil sport yang sudah lama stop produksi diuji lagi dengan kamuflase? Berharap saja, tidak apa-apa, siapa tahu mobil ini akan hadir di masa depan menyusul kemunculan mobil listrik Mazda di Tokyo Motor Show 2019 nanti. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: