Intip Paten Mazda RX-9 : Pintu Ala Aston Martin?

by  in International&Mazda
Intip Paten Mazda RX-9 : Pintu Ala Aston Martin?
0  komentar

AutonetMagz.com – Maju dan mundurnya pergerakan Mazda dalam usaha mengembalikan mesin rotary ke mobil sport generasi baru kadang bikin bingung, namun bukan berarti banyak pihak yang lepas mata gara-gara Mazda terkesan plin-plan. Selain paten desain mesin rotary yang sudah bocor ke publik, kini ada bocoran paten detail lain yang mengindikasikan harapan akan mobil sport baru Mazda.

Paten yang didaftarkan tersebut adalah paten desain pintu plus mekanisme pergerakan buka-tutup pintu. Terdaftar di Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika, Mazda sudah mendesain sebuah pintu yang bukaannya mirip dengan swan doors Aston Martin. Pintu macam apa sih? Bukannya pintu Aston Martin juga membukanya ke samping seperti pintu lain? Yah, tidak salah sih, namun kalau diperhatikan, ada bedanya sedikit.

Jadi begini, jika mobil-mobil lain pintunya membuka lurus ke samping, pintu mobil Aston Martin tidak demikian. Membukanya memang ke samping, tapi tidak lurus, melainkan miring ke atas. Ini dimaksudkan agar pintu tidak terkena trotoar atau benda lain kala dibuka, namun secara tidak langsung memberikan identitas karena bukaannya agak beda. Oleh karena itu, Aston Martin menamainya swan doors, meski bukaannya tidak 100% mirip dengan kepakan sayap angsa.

Nah, nantinya sport coupe Mazda RX-9 (namanya belum pasti) diklaim akan memakai pintu sejenis ini, setidaknya itu yang terlihat melalui paten ini. Bedanya, jika swan doors Aston Martin bukaannya terangkat miring hingga 12 derajat, punya Mazda bisa lebih miring dan terangkat hingga 15 derajat. Tidak revolusioner memang, tapi jika sungguh jadi kenyataan, mobil sport baru Mazda bisa jadi “baby Aston Martin”.

Sekali lagi, ini semua tinggal bagaimana Mazdanya, masih mau serius dengan Mazda RX-9 atau merasa sudah cukup dan bertaruh dengan MX-5 saja. Jika anda sempat ingat, Mazda sudah mempekerjakan sekitar 50 orang ahli yang sudah punya banyak pengalaman dengan mesin rotari di kantornya untuk meriset mesin baru yang diklaim bernama SkyActiv-R untuk Mazda RX-9. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: