Subaru WRX STI Type RA-R : Versi Gahar Dibikin Gahar Lagi!

Subaru WRX STI Type RA-R : Versi Gahar Dibikin Gahar Lagi!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tadinya saat Subaru meluncurkan WRX STI Type RA di Amerika sana, kami kita itu sudah varian paling hot dari si sedan sport bercita rasa reli ini. Ternyata kami kecele, soalnya Subaru sudah punya versi hot dari Type RA itu. Sama seperti saat Mercedes-Benz bikin varian Black Series untuk mobil-mobilnya, Subaru bikin WRX STI Type RA yang sudah gahar jadi lebih gahar lagi. Tadaaa… Inilah Subaru WRX STI Type RA-R.

Adanya embel-embel “R” di belakang Type RA adalah tanda sedikit perlakuan spesial yang sudah dilakukan Subaru di mobil ini. Dari sisi luar, Subaru ogah memeras otak banyak-banyak. Mereka cukup memberi gril motif sarang lebah, spion carbon fiber, antena sirip hiu dan spoiler carbon fiber yang sama seperti Type RA. Bisa pesan tanpa spoiler kalau mau tampilan yang lebih sleeper. Khusus mobil ini, ada emblem STI yang dilabur nuansa hitam.

Ada emblem spesial “STI 30th Anniversary” di pintu bagasi mobil ini, sekaligus penanda kalau STI sekarang sudah berusia 30 tahun. Subaru tidak merilis foto interiornya, tapi mereka bilang ada jok semi bucket berbahan fabric hitam dengan jahitan merah. Banyak aksen kulit sintetis buat pemanis dan emblem RA-R berwarna hitam di kabin. Oh ya, berkat dibuangnya bahan-bahan yang dinilai tidak penting, mobil ini 10 kilogram lebih ringan dibanding WRX STI standar.

Konsentrasi Subaru adalah performa dan handling. Maka dari itu mesin Subaru WRX STI Type RA-R ini diulik ulang supaya bisa dapat ekstra tenaga 14 hp dari mesin 2.000 cc flat 4 turbonya, alias jadi 324 hp. Intercooler diganti dengan yang kemampuan pendinginannya lebih jos, dan karena ini Subaru, jelas handling juga penting. Edisi spesial ini dapat spring dan damper spesial, pelek BBS 18 inci, ban Michelin Pilot Sport 4S dan rem Brembo. Oh ya, intake dan exhaust mobil ini juga baru.

Subaru baru membuka buku pemesanannya Desember nanti, dengan harga jual sekitar 4,62 juta Yen (602 juta Rupiah). Sayang seribu sayang, tidak semua orang bisa membelinya, sebab Subaru hanya membuat 500 unit saja dan ini khusus buat pasar Jepang, tidak diekspor. Apa opinimu mengenai mobil ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: