Honda ASIMO Akhirnya Stop Dikembangkan, Tapi…

by  in Honda&International
Honda ASIMO Akhirnya Stop Dikembangkan, Tapi…
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda tidak hanya membuat motor dan mobil, tapi juga perlengkapan lain seperti mesin pemotong rumput (yang jadi bahan bulan-bulanan), generator listrik, jet ski, pesawat dan juga robot. Untuk urusan robot, Honda boleh berbangga dengan robot Honda ASIMO yang terkenal, sebab sejak pertama kali diperkenalkan tahun 1986 hingga sekarang, ASIMO makin canggih menuntaskan titel humanoidnya, di mana ia mulai bisa bertingkah seperti manusia.

Evolusi terakhir Honda ASIMO kini berbentuk robot yang sedikit banyak penampilannya mirip astronot kate. Robot ASIMO yang ada sekarang punya tinggi badan 1,3 meter dan berat 48 kilogram. Berkat seabrek sensor, programming cerdas dan kemampuan motorik humanoid terdepan, Honda ASIMO bisa melakukan hal-hal yang kita lakukan seperti berjalan, melompat, membuka botol, menuangkan minuman bahkan lari hingga 9 km/jam.

Kemampuan percakapan standarnya juga bagus, dan ia juga bisa menyeimbangkan dirinya sendiri jika ada yang mencoba mendorongnya hingga jatuh. Honda ASIMO pertama kali dikembangkan di fasilitas litbang Honda di Saitama, dan koleksi evolusi Honda ASIMO bisa dilihat di Honda Collection Hall di Motegi, Jepang. Sayangnya, perkembangan ASIMO sedang menemui jalan buntu dan Honda belum menemukan cara menjual ASIMO di pasaran.

Nikkei Asian Review melaporkan bahwa Honda telah resmi menghentikan perkembangan ASIMO. Namun ini bukan berarti teknologi Honda ASIMO stop di situ lalu dibiarkan apa adanya, sebab hasil dari pengembangan ASIMO selama ini akan diteruskan dalam aplikasi lain. Salah satu kegunaannya adalah dalam merancang mobil self-driving. Kemampuan motorik ASIMO juga akan ditanamkan ke perangkatUni-Cub atau Walking Assist dari Honda yang pernah kami coba di Jepang.

Benda lain yang mungkin bisa mendapatkan warisan teknologi ASIMO adalah pemotong rumput otomatis yang bisa beroperasi di permukaan yang tak rata. Motor self-balancing anti jatuh yang dibuat Honda pun tak mustahil bakal dikembangkan lagi dengan pelajaran teknologi dari ASIMO. Terima kasih banyak ASIMO, semoga teknologimu banyak berguna untuk kehidupan manusia ke depannya.

Read Prev:
Read Next: