Subaru WRX STI Next-Gen Minimal Punya 400 HP

Subaru WRX STI Next-Gen Minimal Punya 400 HP
0  komentar

AutonetMagz.com – Subaru memang telah menuntaskan masa bakti mesin EJ25 yang menjadi identitas dari Subaru WRX STI, tapi mobilnya sendiri masih belum berakhir. Telah diketahui bahwa Subaru punya konsep Viziv Performance yang diklaim akan jadi penerus dari Subaru WRX STI. Jika memang ada penerusnya, mesin apa yang nanti akan dipakai? Tadinya kami kira akan pakai mesin FA20 dari WRX non STI, tapi ternyata belum tentu begitu.

Forbes mengutip sesosok narasumber yang diklaim punya kedekatan dengan Subaru dan tahu satu-dua hal soal mesin baru Subaru WRX STI. Mesin yang konon akan dipakai adalah mesin boxer 2.400 cc 4 silinder FA20 plus turbo dengan tenaga minimal 400 hp dan torsi 489 Nm. Alasan dipilihnya mesin FA24 adalah gara-gara aturan efisiensi BBM dan gas buang yang kian ketat, di mana mesin EJ25 gagal lulus dua syarat tersebut.

Mesin FA24 Subaru bisa ditemui di berbagai macam model, semisal Subaru Ascent, Legacy dan Outback. Standarnya, mesin FA24 punya 260 hp dan 375 Nm. Khusus untuk Subaru WRX STI, Subaru akan memasangkan crankshaft baru yang sudah diperkuat, piston yang lebih tangguh, timing balance yang lebih optimal, katup dan intake yang sudah disetel ulang dan boost turbo yang lebih besar.

Subaru juga konon sudah mempelajari mesin-mesin 4 silinder lain dengan tenaga super sebagai patokan. Ada juga warta bahwa mesin yang dipelajari oleh Subaru termasuk mesin M139 milik Mercedes-AMG dengan angka “45”, seperti A45, CLA45 dan GLA45. Memang mesin itu dinobatkan sebagai mesin 4 silinder terkuat, sebab sanggup menghasilkan 416 hp dan hampir 500 Nm dari mesin 2.000 cc turbo. Buat mesin 4 silinder road legal, itu angka yang gila sekali.

Selain Subaru WRX STI, Subaru juga akan membenamkan mesin FA24 ke Subaru BRZ generasi kedua, namun khusus BRZ nampaknya peranti turbo akan dilepas. Buat apa turbo, toh BRZ memang diset sebagai adiknya WRX STI kok. Jika BRZ pakai mesin itu, pasti Toyota juga akan pakai untuk GR 86 generasi kedua nanti. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: