Subaru WRX STI 2018 Akan Tanggalkan Mesin 2.500 cc Boxer Turbo?

by  in International&Subaru
Subaru WRX STI 2018 Akan Tanggalkan Mesin 2.500 cc Boxer Turbo?
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa tahun terakhir, Subaru hanya menyajikan 2 pilihan mesin untuk Subaru Impreza WRX STI, atau kalau sekarang, hanya Subaru WRX STI saja tanpa Impreza. Untuk versi JDM, dapat mesin 2.000 cc 4 silinder boxer turbo, sementara untuk versi Eropa dan Amerika, dapatnya mesin 2.500 cc 4 silinder boxer turbo. Meski kapasitasnya lebih kecil, biasanya Subaru WRX STI spek JDM lebih besar tenaganya, berkat penggunaan twin-scroll turbocharger.

Subaru WRX STI 2018 render rear

Setelah lebih dari 5 generasi muncul ke permukaan, Subaru tengah menyiapkan generasi terbaru dari WRX STI. Salah satu resep yang sudah mencuat adalah akan dihapusnya mesin EJ25DET yang berkapasitas 2.500 cc boxer turbo, jadi nanti hanya akan ada pilihan 2.000 cc boxer turbo saja, dengan output sekitar 325 hp dan 400 Nm. Kemungkinan besar, mesin 2.000 cc yang dimaksud adalah mesin FA20 turbo yang akan menggantikan mesin legendaris EJ20DET.

Mesin Subaru WRX STi 2.5 liter Turbocharged

Kira-kira mirip dengan Mitsubishi yang setelah 17 tahun mengandalkan mesin 4G63T yang legendaris, akhirnya pakai mesin baru 4B11T. Rumor lainnya, Subaru WRX STI baru akan mengusung teknologi hybrid, namun hybrid-nya akan condong membantu efisiensi, bukan performa. Kalau yang ini, maaf-maaf saja, saya tidak percaya dengan Subaru, soalnya antara XV biasa dengan XV hybrid saja iritnya tidak begitu signifikan selisihnya. Saking tidak ngefeknya, penjualan XV hybrid pun distop.

Review Subaru WRX STi Indonesia

Kendala lain dari adanya sistem hybrid adalah berat yang akan bertambah. Angka 1,5 ton adalah berat Subaru WRX STI tanpa sistem hybrid, jadi jika ditambah baterai dan motor listrik, angkanya pasti bisa tambah berat, mungkin 1,6-1,7 ton. Soal penampilan, Subaru akan menjaga hood scoop untuk mendinginkan top-mount intercooler dan spoiler belakangnya yang besar, knalpot ganda, bodi gemuk, dan AWD.

subaru wrx sti 2015

Namun antara Subaru WRX STI dan Mitsubishi Lancer Evolution sebenarnya ada kesamaan. Karena sama-sama menganut konsep “mobil reli harian”, mereka tidak pernah punya tampang cantik luar dalam. Gagah sih iya, tapi tidak cantik, paling yang mendingan adalah interior Lancer Evo X yang lumayan civilized. Subaru? Jangan ditanya, nyaris tidak ada Subaru versi produksi yang cantik, lain cerita dengan WRX STI Concept yang hanya menjadi bunga tidur.

Apa ekspektasimu mengenai Subaru WRX STI 2018? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: