All New Toyota Yaris Resmi Diperkenalkan, Pakai TNGA Juga!

All New Toyota Yaris Resmi Diperkenalkan, Pakai TNGA Juga!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya sudah beredar foto dari sosok All New Toyota Yaris untuk pasar Jepang dan Eropa yang beredar di dunia maya. Kami pun sudah sempat mengabarkan terkait hal ini. Ternyata, diluar dugaan, pihak Toyota pun langsung memperkenalkan secara resmi sosok All New Toyota Yaris kepada publik dalam selang waktu yang cukup singkat pasca bocornya foto sang hatchback. Nah, tentunya beberapa informasi resmi terkait mobil ini juga diberikan pihak Toyota, jadi mari kita bahas lebih lanjut.

Platform & Dimensi

Oke, karena artikel ini akan cukup panjang, maka kami akan bagi beberapa paragraf dalam segmen – segmen sesuai bahasan. Jadi, pertama kita akan bahas platform yang digunakan di All New Toyota Yaris ini. Seperti rumor yang beredar sebelumnya, All New Toyota Yaris menggunakan platform TNGA, namun berbeda dengan milik Toyota C-HR. All New Toyota Yaris Menggunakan TNGA-B yang memang lebih kompak dibandingkan TNGA-C milik Toyota C-HR, Corolla, dan Prius. Nah, penggunaan TNGA ini memberikan beberapa dampak positif pada mobil ini, salah satunya adalah reduksi bobot mencapai 50 kg.

Selain itu, All New Toyota Yaris juga tampil lebih sporty dengan TNGA-B, karena kini mobil ini bisa lebih lebar, lebih rendah, namun juga lebih pendek di saat yang bersamaan. Secara dimensi, All New Toyota Yaris lebih pendek 5mm, dan lebih rendah 40mm. Sedangkan di waktu yang sama, jarak rumbu rodanya malah naik 50mm, dan untuk lebar pun bertambah dengan jumlah yang sama yaitu 50mm. Artinya, All New Toyota Yaris punya ruang yang lebih lega dibandingkan dengan pendahulunya, namun berpotensi punya handling dan pengendaraan yang lebih dinamis.

Eksterior & Interior

Nah, berikutnya kami akan bahas eksterior dan interior mobil ini, dan jelas unsur desain yang sangat berpengaruh pada bagian ini. Untuk eksterior, seperti yang kami bahas di bocoran gambarnya, mobil ini tampil dengan cantik di sisi depan berkat lampu LED sipitnya yang dipadukan dengan bumper penuh lekukan, grille serba hitam, dan kap mesin dengan guratan garis yang tegas. Selain itu, pola warna dualtone dengan atap dan spion hitam, velg dualtone, dan lampu belakang LED yang cantik membuat mobil ini tampil beda dibandingkan pendahulunya. Permainan warna hitam di sekitar lampu belakang dan bumper belakang berkesan bold juga memberikan kesan lebih sporty dan modern.

Masuk ke interior, bisa dikatakan bahwa All New Toyota Yaris masih mengusung konsep minimalis dan modern. Setir yang digunakan dipenuhi tombol walaupun bukan model flat bottom. Sedangkan sistem infotainment berupa layar sentuh berukuran cukup besar dengan beberapa tombol fisik diposisikan cukup tinggi di tengah, semoga tidak menghalangi pandangan. Untuk kisi AC berbentuk mengotak dengan ujung rounded, dan ada 2 tempat penyimpanan terbuka di bawah kisi AC tengah dan di sebelah kirinya. Kontroler AC digital ditempatkan cukup rapi di sisi tengah, dan tuas transmisinya tergolong biasa saja secara desain, sayang.

Ada head up display di depan pengemudi, dan terlihat All New Toyota Yaris sudah menggunakan panel instrumen digital berbentuk dua dial berbentuk bulat di sisi kanan dan kiri yang mengapit layar MID berbentuk kotak. Oiya, untuk versi hybrid, ada tambahan panoramic roof dan ambient light berwarna bitu di beberapa bagian yang terlihat keren. Sedangkan doortrim dari All New Toyota Yaris ini terbilang nyeleneh dengan posisi handle pintu yang ngumpet di dalam grip. Nah, untuk varian standar masih menggunakan rem tangan manual, sedangkan varian hybrid sudah menggunakan EPB.

Mesin & Peforma

Lanjut ke sisi dapur pacu, seperti yang kami singgung tersirat di paragraf atas, akan ada 2 model utama untuk All New Toyota Yaris, yaitu varian standar dan Hybrid. Untuk varian non-Hybrid, pihak Toyota menawarkan All New Toyota Yaris dengan mesin 1.500cc 4 silinder dan 1.000cc 3 silinder. Yang menarik justru ada pada varian hybrid-nya, dimana mesin yang digunakan adalah mesin 1.500cc Dynamic Force 3 silinder Atkinson Cycle yang dipadukan dengan motor listrik dan baterai lihtium ion. Jika kalian cermat, teknologi ‘Dynamic Force’ sendiri adalah teknologi yang digunakan oleh mobil – mobil TNGA lain dari Toyota seperti Toyota Corolla, Toyota RAV4 dan Toyota Camry.

Nah, di versi 1.500cc ini, mesin Dynamic Force milik All New Toyota Yaris mampu menghasilkan tenaga maksimal sekitar 115 PS dengan tambahan tenaga dari motor listrik mencapai 80 PS. Menariknya, untuk pasar Jepang All New Toyota Yaris Hybrid akan ditawarkan dalam format e-Four alias penggerak 4 roda perpaduan mesin dan motor listrik. Format semacam ini juga sudah diterapkan pada Toyota Alphard Hybrid yang sempat kami coba dari Banyuwangi ke Bali minggu lalu.

Fitur

Tentunya bagian ini tidak luput untuk kami bahas, karena sudah selayaknya sebuah mobil baru seperti All New Toyota Yaris mendapatkan fitur baru pula. Untuk small hatchback ini, pihak Toyota bakal memberikan sepaket Toyota Safety Sense (TSS) generasi terbaru. Toyota mengklaim bahwa TSS ini akan membuat All New Toyota Yaris menjadi small hatchback paling aman di dunia, kita tunggu saja pembuktiannya. Yang jelas, dalam TSS tersebut terdapat beberapa fitur seperti full speed-range intelligent adaptive cruise control dan lane trace assist system. Selain itu, ada juga tambahan center airbag.

Jadi, bagaimana pendapat kalian terkait sosok All New Toyota Yaris ini? Oiya, untuk saat ini jangan terlalu berharap sosok All New Toyota Yaris akan dijual di Indonesia. Alasannya sederhana, karena di Indonesia sudah ada All New Toyota Yaris versi lain yang kita kenal sebagai All New Toyota Yaris Joker.

Read Prev:
Read Next: