Ssangyong Tivoli XLV 7-Seater Akhirnya Tampil Di Geneva

Ssangyong Tivoli XLV 7-Seater Akhirnya Tampil Di Geneva
0  komentar
ssangyong tivoli xlv

AutonetMagz.com – Ssangyong sebagai produsen mobil mewah asal korea selatan memang harus berlari lebih cepat dari awal. Sebab bisa dibilang produsen ini tertinggal cukup jauh dari produsen lain senegaranya seperti Hyundai dan KIA. Meski begitu dengan bantuan finansial dari Mahindra, mereka mencoba bangkit kembali.

Hal ini ditunjukkan dengan munculnya mereka di Geneva Motor Show 2016 dengan memamerkan produk terbarunya berjuluk Tivoli XLV. Secara kasat mata model ini memang tidak jauh berbeda dengan Crossover Tivoli yang pernah muncul. Secara spek pun memang ada kesamaan dengan model yang diluncurkan tahun kemarin ini. Namun akan terasa bedanya bila kita baru melihat bagian samping dan belakang Tivoli XLV. Dengan tubuh yang dipanjangkan sebanyak 238 mm maka terciptalah kapasitas bagasi yang fantastis sebanyak 720 liter.

ssangyong tivoli xlv side

Secara tampilan model ini jauh lebih proporsional dengan Tivoli yang kita ketahui sebelumnya, apalagi dengan desain belakang yang menonjolkan pilar C dan menyembunyikan pilar D sehingga floating roof terasa bila dilihat secara keseluruhan. Ketika kita melihat bagian belakangnya justru tidak terlalu ramai sentuhan, mereka menempatkan taillamp cukup mepet ke pilar dan plat nomer ke bumper, sedikit de javu dengan desain Blazer lawas sih. Singkatnya secara tampang model ini lebih enak dilihat dibandingkan Tivoli versi pendek sih.

ssangyong tivoli xlv interior

Tentu saja seperti yang kita singgung di atas, benefit dari perpanjangan sasis adalah adanya baris ketiga. Hasilnya baris ketiga menjadi sangat bersahabat untuk diisi orang dewasa, ini bisa dibilang positif karena pada umumnya SUV di kelasnya, pun ada baris ketiga hanya ‘nyaman’ bila diduduki anak kecil. Hal ini berkat sudut bangku baris kedua diposisikan 32.5 derajat dan kondisi belakang yang rata lantai.

Karena berdasarkan basisnya model ini serupa dengan Tivoli pendek jadi untuk bagian mesin juga saling berbagi pula. Sehingga model ini ditawarkan dengan 2 tipe mesin : bensin 1.6-liter yang menghasilkan 128 hp dan diesel 1.6-liter yang menghasilkan 115 hp. Mesin ini dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 6-speed dan transmisi automatic AISIN 6-speed. Untuk varian termahal dari Tivoli XLV akan menggunakan sistem pintar all wheel drive dimana pada kondisi jalan biasa akan menggunakan penggerak depan dan ‘jalan yang tidak nyata’ otomatis akan mengaktifkan penggerak seluruh roda.

ssangyong tivoli xlv rear

Johng-sik Choi, selaku CEO Ssangyong menyatakan bahwa model ini akan menjadi langkah ke depan yang lebih baik bagi Ssangyong. Ia pun menambahkan bahwa sejak dipamerkan di IAA Frankurt Motor Show 2015, ia mendapat kritik sehingga model ini lebih disempurnakan. Model ini akan segera dijual secara global pada bulan Mei mendatang dan target produksi Tivoli ditambah Tivoli XLV akan mencapai 100.000 unit. Bagaimana menurut anda? Monggo berikan corat-coretnya di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: