Porsche 911 R, Edisi Terbatas Spesial Bertransmisi Manual

Porsche 911 R, Edisi Terbatas Spesial Bertransmisi Manual
0  komentar
porsche 911 r

AutonetMagz.com – Di generasi 997, Porsche 911 GT3 RS masih sesuai jalurnya dengan hanya menyediakan transmisi manual saja, tapi semenjak generasi 991, versi GT3 dan GT3 RS sudah melupakan transmisi manual dan hanya menyediakan transmisi kopling ganda ala Porsche, yakni PDK alias singkatan dari Porsche Doppelkupplung. Nah, hal ini yang membuat die hard fans Porsche 911 kecewa berat.

Untungnya Porsche tidak buta. Belum lama ini, mereka menyatakan akan merangkul sebisa mungkin para penggemar transmisi manual dengan menyediakan pilihan mobil manual, meski jumlahnya sedikit. Bukan sekedar janji tanpa bukti, karena di Geneva Motor Show sudah hadir Porsche 911 R yang hanya tersedia dalam transmisi 6 percepatan manual dengan short shift. Wah, bagus nih, berarti untuk saat ini omongan Porsche bukan pepesan kosong.

porsche 911 r interior

Mesin yang diusung adalah mesin boxer 4.000 cc 6 silinder tanpa turbo, tenaganya 500 PS dan torsinya 460 Nm. Dengan bobot 1.370 kg, 911 R lebih ringan 50 kg daripada 911 GT3 RS, sehingga bisa melaju dari 0-100 km/jam dalam 3,8 detik saja, alias setara Mercedes AMG GT yang pakai mesin 4.000 cc V8 twin turbo. Kecepatan tertinggi 911 R diklaim bisa menyentuh 323 km/jam, tapi soal konsumsi BBM, baru ada fakta lain yang berbicara.

porsche 911 r back

Jika 911 GT3 punya catatan konsumsi BBM di angka 12,4 liter/100 km dan GT3 RS di angka 12,7 liter/100 km, maka 911 R sedikit lebih boros dengan konsumsi BBM hingga 13,3 liter/100 km. Beda sedikit, tidak masalah deh, lagian bisa beli 911 kok masih mempermasalahkan bensin? Sebagai standar, 911 R sudah punya rem karbon komposit, setting differensial belakang baru, rear-axle steering dan spoiler belakang yang bertipe retractable.

porsche 911 r top

Porsche mengatakan, 911 R adalah mobil yang track-oriented, tapi masih tidak salah jika mau dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Jika anda berminat dengan 911 R ini, sebaiknya pesan sekarang, soalnya Porsche hanya membuat 991 unit 911 R untuk seluruh dunia, jadi kalau kehabisan jatahnya, ya legowo wae. Apa opinimu mengenai 911 R ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Dio Puja Altha

    911 Favorit ane selain GT3 RS 4.0 997 karena mesin 4.0L ama transmisi manualnya :3

    Tapi bagusan kalau striping merahnya dibuang aja tapi striping Porsche disamping dipertahankan.

  • Joe

    Udah mw abis ya?
    Pesen 1 deh yg pake telor ya?
    😀 😀

  • farid

    sebenarnya kalau pake transmisi matic atau kopling ganda lebih gampang,tapi ada keasyikan tersendiri kalau pake manual,dimana perpindahan giginya dilakukan secara independen alias dari kemauan pengemudi sendiri kalau mau naik atau turun gigi.saat injak kopling ketika shifting sambil narik tuas disitulah letak keasyikan transmisi manual

  • kabe kabe

    Wuih spesial edition untuk MT, bangganya sbagai pecinta MT. ya walaupun bukan porsche tunggangan w haha. MT never die lah wkwkwk
    #lebaydikit

  • Aryo Wicaksono

    untung aja sayap depan nggak pakai lubang udara tambahan yang agak berlebihan seperti pada 991 gt3 rs. bisa jadi alternatif para pembeli yang tidak suka gaya rancangan gt3 rs. porsche 991 r standar kan nggak pake AC dan audio, cuma pas beli bisa minta dipasang gratis. paling pasang AC aja deh, untuk urusan audio kan udah pake bunyi mesin flat-six yang merdu.

  • ekkyfir

    Porsche bukan nya punya 7 speed manual ya ? Tp gpp lah yg penting manual and manual never dies for petrolhead

  • Dimas

    Manual sama NA engine nasibnya bakal kayak film camera, obsolete, but loved by the nostalgic type. selain itu Turbo+matic all the way

  • Green Coconut

    strip garis merahnya terlalu jauh…seperti motif kerokan…