Spesifikasi Toyota Calya Sadis, Berpotensi Membunuh Datsun Hingga Avanza!

by  in Daihatsu&Datsun&Toyota
Spesifikasi Toyota Calya Sadis, Berpotensi Membunuh Datsun Hingga Avanza!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Toyota Calya dan Daihatsu Agya tinggal menghitung minggu untuk segera diluncurkan di Indonesia beberapa saat lagi, menjelang peluncurannya, melalui situs otomotifnet, spesifikasi mobil ini sudah bocor terlebih dahulu ke tangan awak media.

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya akan berbagi spesifikasi seperti halnya mobil-mobil mereka sebelumnya yang cukup sukses, lihat saja bagaimana Avanza – Xenia, Rush – Terios dan Agya – Ayla. Berdasarkan jalan yang cukup panjang diantara kedua brand tersebut, bisa dipastikan secara dimensi dan mesin, kedua mobil tersebut akan memiliki spesifikasi yang sama.

Setelah melihat spesifikasi mobil ini, menurut analisa kami mobil ini tidak hanya akan membunuh Datsun GO yang dijadikan sebagai kompetitor utamanya, melainkan kakaknya sendiri yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Mengapa?

spesifikasi-mesin-toyota-calya-vs-datsun-go-vs-avanza

Pertama mari kita lihat dari mesin. Spesifikasi mesin Toyota Calya cukup menjanjikan dengan 88 PS pada 6.000 Rpm dan torsi 108 Nm pada 4.400 Rpm, selain mengungguli Datsun GO, mesin tersebut juga berbeda tipis dengan Toyota Avanza 1.300 cc yang bertenaga lebih besar 9 Ps dan torsi lebih besar 16 Nm.

Tapi, Toyota Calya bisa memiliki performa dan efisiensi yang bisa lebih baik dari Toyota Avanza, kenapa? Karena selain CC-nya lebih kecil, ia punya sistem penggerak roda depan dan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Toyota Avanza 1.300 cc yang memiliki power loss lebih besar karena menggunakan gardan dan bobt lebih berat untuk penggunaan perkotaan.

Contohnya gini aja deh, Datsun GO+ Panca yang punya tenaga lebih kecil dari Sigra dan Calya buktinya punya tarikan yang dahsyat dengan 0 ke 100 kilometer perjam dibawah 12 detik berkat penggunaan penggerak roda depan dan bobotnya yang ringan. Avanza? Bisa disikat!

Kemudian dari interiornya dan eksteriornya, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra punya dimensi yang tidak kalah dibandingkan dengan Toyota Avanza sekalipun. Coba simak gambar dibawah ini yang menunjukan perbandingan kabin Toyota Calya vs Avanza? Soal kelegaannya sepertinya mirip-mirip meskipun Calya terlihat lebih kecil.

kelegaan-kabin-avanza-vs-calya

Antara Avanza dan aclya, perbedaannya menurut spesifikasi sangat tipis, ia memiliki panjang lebih pencek 70 milimeter saja, tingginya cuma berbeda 95 milimeter saja tapi ground clearancenya lebih pendek 20 milimeter dan lebarnya cuma berbeda 5 milimeter, atau bisa dibilang tidak terasa. Namun penggunaan sasis monokok pada Calya bisa membuatnya lebih lega dibandingkan dengan Toyota Avanza, nggak percaya?

Coba lihat spesifkasi dibawah, Toyota Calya mengclaim memiliki kapasitas bagasi dengan kursi ditegakan sebesar 263 liter, Avanza? Hmm… Toyota nggak pernah melakukan penghitungan kapasitas bagasi dari yang kami cari, namun Honda Mobilio yang terkenal sangat lega memiliki kapasitas 230 liter saja, jadi jika Calya benar lebih besar dari Mobilio, tentu saja lebih besar dari Avanza yang memiliki bagasi lebih kecil dari Mobilio.

Dimensi-Toyota-Calya-vs-Datsun-GO-vs-Avanza

Begitupula saat kursi dilipat, Calya menglaim bisa memiliki kapasitas hingga 503 liter atau kapasitas yang nyaris sama dengan bagasi Mazda CX-5. Dahsyat sekali bukan? Angka-angka ini pasti sukses membuat Datsun ketar ketir dan pasar Avanza tergerus.

Dengan spesifikasi yang cukup killer secara dimensi, mesin dan kelegaan kabin. Mobil ini bisa menjadi gerbang kematian bagi Datsun dan mengambil tahta volume maker kakak kandungnya sendiri. Semoga saja built quality dan material mobil ini juga turut mendukung. Gimana?

Read Prev:
Read Next:
  • crl

    avanza sudah ada immobilizer untuk yang tipe G dan Veloz

  • farhan

    ane masih tetep ambil avanza sih IMHO..soalnya ada satu fitur yang hanya avanza bisa kasih..yakni fakta bahwa ane menyetir mobil “sungguhan” bukan mobil LCGC MPV yang menurut ane sih tanggung..kalau ane disuruh pilih antara avanza E ato calya atau sigra paling mahal..mendingan ane ambil avanza karena walaupun fiturnya hanya cukup..tapi cuma avanza yang dapat beri perasaan bahwa ane itu bawa mobil “sungguhan” bukan yang “tanggung2”..tapi overall sih..bagus sigra sama calya terus ane yakin Datsun GO+ bisa kegusur market sharenya ama duo maut baru..oh iya..xenia juga udah immobilizer buat tipe R dan R sporty

  • Tanpa nama

    Jangankan Avanza pasarnya Land Cruiser VX 200 aja terancam terbunuh karena ini mobil value for money bgt dari harganya aja jauh lebih murah dari Land Cruiser fiturnya jga mirip2, mesin dan transmisinya jga mirip2, jago di segala medan lagi, apalagi sma2 7 seater dan juga sma2 berlogo Toyota. Jelaslah lebih laku ini Toyota Calya dripa Toyota Land Cruiser secara overall aja hampir sma semua.

    • farhan

      gan..tapi land crusier kan beda segmentnya..calya ama sigra kan segment entry level..kalo land cruiser kan segment SUV mewah

    • sidiayangkomen

      apalagi sama alpret yg sekarang udah dijadiin silver bird, jelas calya lbh laku lah 🙂

  • Indra

    Datsun GO+ yg immoblizer cuma ada di tipe T keatas, kalau LCGCnya Honda dan Suzuki semua tipe sudah immoblizer, Xenia punya immoblizer cuma ada di tipe R dan R sporty.

  • mawar

    ngeri bray…
    makin macet aja nih jakarta.

    bertolak belakang bgt sama program pemerintah buat mengurangi kemacetan.

    • farid

      Yg dijual kan di seluruh indonesia bukan jakarta doang :v

    • Krisnadi Imam

      Yah… di satu sisi industri lokal perlu digedein supaya ekonomi tetap muter, tp di sisi lain jakarta makin macet… gimana kalo penjualannya dibatasi untuk luar jawa saja minim sampai program MRT, LRT dan transjak beres? hehehe. Dan kendaran luar jawa dibatasi pergerakannya di jakarta? Pepesan kosong sih… ada ide lain untuk solusi macetnya jakarta?

    • Adamgus

      Pemerintah bisa dengan cara membuat regulasi untuk memaksa atpm buat ngejual mobil dengan syarat keamanan minimal: misal tiap mobil harus punya abs-ebd-ba, sib, esc, seatbelt all seat 3-point, 3 airbags, immobilizer.
      Dengan cara ini harga mobil akan terkoreksi, dan masyarakat dapet mobil yg bener2 layak.

      Kedua, pemerintah bisa buat regulasi u/ memaksa dealer dalam pembelian kredit minimal 35-40% dari harga mobil, dan term paling lama 30 bulan (2.5 tahun) dengan cara ini hanya orang2 dengan ekonomi yg siap yg bisa punya kendaraan

      Ketiga, pemerintah seharusnya dan harus banget buat regulasi agar tiap2 orang yg punya kendaraan harus punya lahan/tempat parkir sendiri atau parkiran umum, jd ga boleh parkir dijalan.

      4. Pajak kepemilikan kendaraan bermotor >1 kendaraan harusnya dinaikan, biar lebih berasa. Bukan harga bbm yg dinaikan.

      Hal-hal ini bisa membatasi kepemilikan kendaraan dan industri mobil/motor bisa naik kelas secara kualitas.

  • Dewa Yudhi

    Ah bang ridwan judulnya agak (maaf) lebay nih, kirain sadisnya sampe ada driver + passenger + curtain + knee airbags, 360 camera, panoramic sunroof, start/stop button dan fitur2 lain yang layak dianggap sadis utk mobil sekelas ini

    • Oki Ngew

      Kalo itu malah lu yg lebay. Mobil 150 juta udah dpt fitur segitu ya emang sadis, apalagi ini toyodai yg biasanya terkenal pelit fitur

    • Ananda Ramadhan

      ini kan namanya toyota,jadi jika sudah mendapat dual airbag dan abs sudah bersyukur-Om mobi:v

  • dsainbar

    Ini mobil cocok buat cari duit kayaknya dengan harga yg lebih bersahabat

  • dat

    Waktu saya liat di otomotifn*t, kayaknya ni mobil ada armrestnya di kursi depan. Terus kursi tengahnya 60:40 ya? Kalo iya, lumayan juga tuh, gak kayak avanza yg ada bolongan di tengah

    • Indra

      Iya, di kursi depan ada armrest, tapi kayaknya cuma buat varian matik aja ya? Kursi baris kedua 60:40? Toyota yg mau masang headrest buat penumpang tengah baris kedua jadinya gak kebelah kyk Avanza..

  • Bye bye pasar Etios, kegerus/kekanibal deh haha.

    • Levi

      Etios emang dr awal tahun mau disuntik mati gan

  • Levi

    Calya/Sigra :

    + FWD, lebih efisien dan comfort
    + Dimensi cukup lega dikelasnya
    + Fitur reasonable dikelas harganya

    Tapiii ..

    – FWD & Monocoque rasanya gak bakal cocok dipakai di luar daerah perkotaan
    – Peredaman suara kabinnya jg gw ragu bs ngalahin Avanza
    – Avanza pakai RWD & Semi-Monocoque, jadi rasanya lbh tangguh dipakai di pedesaan dan tanjakan ekstrim
    – Avanza punya ABS disemua type dan letak transmisinya jg lbh normal

    Rasanya pasar AvXen bakal keambil tp kagak banyak, cm trim terbawahnya aja yg ngerasain. Dan itu di tabel spec ada yg salah Om Ridwan, Avanza G 1.3 smp Veloz 1.5 sdh punya immo

    • sidiayangkomen

      betul, pengalaman kmrn bawa freed ke luar kota diisi ber 6 lgsg ngeden, bahkan lbh enak avanza msh lebih bisa dibetot, cuman enaknya monocoque lantai kabinnya lebih rendah jd joknya ga kayak dingklik

      • Oki Ngew

        Avanzanya matik/manual?

        • Rockmeo

          Matik manual sama aj g ada beda ny
          Enak kalo dibawa mudik krn RWD beda banget sm yg FWD kecuali yg harga ny 350juta ke atas

          • Oki Ngew

            Ya gak mungkin sama lah.. matik itu tarikannya jelas gak bisa spontan, lebih ngeden drpd manual. Apalagi kalo milih giginya salah/terlalu awal. Di rpm tertentu kadang2 juga kerasa kurang narik. Data akselari aja pasti beda, gk mungkin kalo matik manual itu sama aja

          • Rockmeo

            Bisa aja kok tinggal kick down n posisi kn tuas ny di gigi 2 aja bisa ngacir jg
            Tapi klo matik ny cvt baru gak spontan krn tenaga ny baru dapet di putaran menengah-atas

            Data akselarasi emg untuk mobil matik pasti kalah karena posisi tuas ny di D coba di shifting sendiri kalo ad yg pny mode manual or tiptronic ny bisa lebih cepat jg

          • Oki Ngew

            Tapi ya tetep aja gk sama.. matik konvensional jelas lebih pelan drpd manual. Power lossnya lebih banyak, krn selip transmisinya besar. Tapi yg jelas, dlm kondisi yg sama tarikan matik gk bisa sespontan manual

          • Brabusbus

            Mau sejago apa orgnya, mbl matic ttp gak mungkin bisa lebih cepat dr manual.

            Kecuali transmisi mbl sudah Dual-Clutch.

          • DODGE

            Matic kalo turbo ya sama dengan manual karena dibantu dengan tenaga yang besar saya pernah coba avanza 1.3 matic demi apapun pengen saya dorong karena tarikannya kaya siput

        • sidiayangkomen

          1.3G manual pernah, veloz matic pernah, 22nya oke

      • ascherith

        freed emang bodynya uda berat 1300kilo kosong. plus tarikan bawahnya emang kurang tenaga. freed gw di tanjakan hyp**ma** pondok gede yg 45° klo dr berenti trs jalan malah perna mundur kok pdhal cm isi 3org dan baru 10rebu kilo kudu pake D2 ma tega nginjek gas emang klo di tanjakan curam. makanya gw sebel bgt ma ni mobil masi di pelihara ortu krn kapten seatnya doank nyaman

      • Mika Hendrawan

        Ya ampun om, Freed ngeden itu artinya kaki mesti disekolahin dulu :p
        serius deh, Freed kan emang mobil emak2, ngapain dibawa nanjak2an… masalah ngeden ya balik lagi… liat mobilnya apa

        beda lah peruntukkannya sama avanza

    • Ardhie Yoodha

      Yang nantinya ke gerus tuh great xenia D & M (1000cc) dan pastinya datsun go+ juga…

      • Levi

        Xenia 1000cc emang tanggung banget …

        Pengalaman pake rental buat ke Sempu, Malang, ngeden banget buat dipakai nanjak

        Sudah waktunya pensiun emang

      • Feb

        Apakah ini peluang adanya xenia 1500cc???? just wait and see hmmmm

        • fuchu92

          Susah rasanya kalo mau naik ke kelas 1500 secara daihatsu kan bawahannya toyota
          Mungkin aja bisa kalo veloz naik kelas 1800cc

          • DODGE

            Buat mobil seharga 200 juta untuk 1.8 cc hal yang sangat mustahil, veloz baru aja tidak ada peningkatan power… sedih ga

        • NGEBUT

          Kemungkinan malah Xenia hanya jual 1300cc, Avanza hanya jual 1500cc, biar tidak kanibal.

    • Hilmi

      FWD 7 seater ngeri aja kalo di jalan jelek berbatu yang agak naik, apalagi kalo yang naiknya curam, yang sering ditemui di daerah luar kota besar. Takut gampang selip kaya GL… Tapi kalo dipakai di kota aja mah, fine saja.

      • Levi

        FWD emang lbh baik dipakai di kota-kota

        Yaa sbnrnya mobil itu kan macem”, tinggal pemakaian kita gmn aja

        Kalau cm pakai di kota”, pilih FWD dan Monocoque, karena lbh nyaman dan irit

        Kalau sering keluar kota, pakai RWD dan Ladder Frame, karena lbh sigap di jalan off road dan bisa ngelahap jalan rusak

        • fuchu92

          Kalo yg susah itu tinggal di kota
          eh ada acara mendadak yg kudu naik puncak ntah gunung atau apapun
          Emank si avanza di desain banget buat jalanan di indo
          Tapi ya gitu minesnya itu limbung mobilnya

          • Levi

            Kan bisa rental ? ?

          • fuchu92

            duit lagi >.<

          • ascherith

            beli mobil kecil buat harian irit murah. rental pas ada acara bawa sekampung pake duit hasil ngirit dr beli mobil kecil klo di total mah malah bs jd lbh murah drpd melihara mobil gede panjang yg boros

      • rs

        Grand livina xv cvt saya selip dan susah nanjak waktu mudik kemarin ke jawa tengah (lewat jalur alternatif)…padahal avanza 2004 saya nggak kayak begitu..memang rwd lebih tangguh jika pergi ke jalan curam…saya juga tertarik sama grand New veloz pada 2015…awalnya mau ganti ke veloz, tapi nggak jadi….karena dihitung hitung, veloz meski desainnya lebih menarik dan bagasinya yang lebih besar dari GL, tapi dirasa sayang uang (menghamburkan)…lebih baik untuk kebutuhan rumah tangga, dll..

        • Krisnadi Imam

          Setuju mas, yg ada disyukuri aja, klo nurutin mau, ngga akan pernah cukup.

        • Shark Owner

          Bang Ridwan sejak kapan 1.000ccnya Daihatsu Dual VVT ._.

        • Mika Hendrawan

          CVT ya om, kalo ane pake manual yg X Gear, selama ini full seat sama bawa barang diatas fine2 aja ke puncak lol

          beli CVT duitnya ga cukup waktu itu :p

  • Ronny Rasdyantoro

    ahhaahhaha nice analysis

  • Ardhie Yoodha

    Misalkan nanti toyota calya punya 3 type (E, G, TRD) Airbags + immobilizer & ABS (G, TRD)..
    Fitur itu bisa buat datsun (nissan) yg tadinya santai wae skarang malah gatal- gatal..

    • Indra

      Dual airbag sudah possible, tinggal nunggu ABS sama immoblizer bakal ada gak di Calya ini..

  • rs

    Meski spesifikasi calya “Menggoda”…tapi tetap saya masih lebih memilih avanza dan veloz…meski pakai RWD, avanza memiliki ketangguhan yang lebih baik dari calya…dan fiturnya yang lebih banyak dari calya meski tidak jauh amat…belum lagi veloz 1.5 punya tenaga dan desain yang lebih baik dari calya…tapi ada ancaman bagi kelas LMPV (avanza, veloz, mobilio, dkk) soalnya calya akan merusak penjualan mereka…

    • Levi

      Yg paling berasa rasanya Mobilio, karena si Mobi basisnya dr LCGC tp harganya jauh diatas Calya/Sigra dan Avanza yg MPV beneran

      • Always35

        Mobilio mah ketolong karena mesin jazz aja itu, makanya berani lawan ke segmen avanza dkk. Kalo dari segi model memang lebih pas buat lawan go+ sama cayla sigra ini karena sama2 basis LCGC, dan kalo dikasih mesin 1.2 mah jadilah mobilio satya ?

        • rs

          Honda nampaknya tidak punya pilihan lain selain mengeluarkan mobilio satya untuk melawan calya sebab honda sudah terjebak dalam masalah strategi pemasaran…harusnya sejak 2013, honda masukin jazz yang dipanjangkan saja (fit shuttle/shuttle) sebagai saingan avanza…atau kalau mau buat lcgc mpv buat saja platform baru…tapi resikonya biayanya yang mahal.m

          • soya

            Honda bakal fight back, sekarang masih wait and see dan riset terus….(Diliat dari tabiat selama ini). Seandainya saja mobilio setampan honda Jade, mungkin penjualan mobilio bakal stabil. Dan penjualan Jazz yang so-so, kayaknya wajib bawa WRV kesini, jadi tumpek blek segmen SUV nya …. xixixixi

          • Ketek Mumei

            Lama Lama lengkap deh mobil *R-V nya Honda
            A-RV sampe Z-RV

  • qoqo

    De javu nih, dulu kijang mobil sejuta umat, digeser avanza, kijang naik kelas (jadi innova) sekarang calya diplot jadi mobil sejuta umat buat geser avanza. Innova sblmnya digeser naik lagi makan pasar nav1 (yg sekarang discontinue) ngomong2 tipe E nya innova juga udah discontinue, nanti paling avanza tipe E/xenia tipe D&M discontinue

    • Indra

      Nav1 masih jualan, bahkan udah dilaunching tipe Welcab, cuma walau Innova naik kelas pun nav1 ga akan berkutik karena ia dan Etios adalah anak tirinya Toyota.

      Soal tipe apa yg discontinue, mungkin tipe D & M nya Xenia yg paling possible buat digusur, secara tipe itu pake mesin 1.000 cc dan Sigra 1.000 cc punya tenaga + teknologi yg lebih tinggi dari xenia 1.0 vvti, dan punya harga lebih murah..

      • Adamgus

        Yoi NAV1 emang bakal dimatiin sama TAM sih. Palingan mpv 400an jutaan bakal di isi innova yg dinaikin kelas atau bawa estima baru.

    • Levi

      Avanza bakal naik kelas di tahun 2018

      • rs

        Maksudnya all new??

        • Levi

          Betul, Rush 2017, Avanza 2018, tp msh rencana ya

          • deathstalker

            Berarti avanza tahun ini masih facelift ya gan?

          • Levi

            Betul gan, facelift terakhir sblm All New

          • deathstalker

            Bocoran dr mana itu gan? Wah penasaran nih mobil legendaris ganti model jadinya begimana ya.. Hehehe

          • Levi

            Ada temen kerja di Mo***88, infonya sih spt itu, kmrn dia jg prediksi launchingnya Innova sm Fortuner di bulan januari 2015 akurat smua

          • Levi

            Masih gan, facelift terakhir tapi

      • Indra

        Berarti rush umurnya udah 10 tahun lebih dan Avanza yg sekarang hanya sampai 7 tahun?

  • Eko Nukman

    Bisa makin banyak korban kecelakaan gara2 mobil bertenaga besar tapi fitur safetynya minim buat ngejar power to weight ratio. Udah gitu makeknya ugal ugalan. Hadeeeuh.

    • Levi

      Sebenarnya kecelakaan atau tidak itu,dr pengemudinya, kalau ugal”an patut dipertanyakan tuh gmn kok dia bs dpt SIM

      • Oki Ngew

        Ugal2an kayaknya lebih ke penyakit mental. Kalo ujian mah, ya dibagus2in nyetirnya. Udah dpt sim, bisa seenaknya.

        • Levi

          Hehe jd inget waktu cobain BMW Serie 3 punya temen, yg dulunya gw nyetir kayak opa”, lgsg jadi kayak orang kesetanan …

          Maklum tarikan sm manuvernya Serie 3 itu bikin gak tahan … Kayak digoda ama Janda muda anak satu ???

          • Oki Ngew

            Seri 3 apa bro? Kayaknya 320i tarikan gk gitu2 amat. Tapi kalo biasa nauk mobil biasa trus nyoba 320 udah kerasa kenceng banget. Smoe skrg gw juga masi penasaran bgt sma 330i msport yg skrg

          • Levi

            Kurang th tipenya tp th lama sih 2000, maklum biasanya pake mobil jepun jd kaget naik mobil Eropa

          • Krisnadi Imam

            Mas, sorry, klo mobil jepang tenaga gede pun ada. Ngga cuma mobil eropa aja. Klo dah pernah coba pake WRX / EVO, pake 320 / ato Golf GTI ya biasa aja, cenderung lemot malah. Yg terpenting itu rasio tenaga / bobot… Memang klo mobil jepang di indo rata2 ya mobil ekonomi, jarang yg ber orientasi sporty. Btw, buat perbandingan aja nih abis pake Forester XT 2.0T, trus balik ke C 250… lsg berasa lemot… HAHAHA

          • Levi

            Hahaha maksud gw mobil jepun utk opa”, yg asal irit ?

      • Eko Nukman

        Setuju. Itu masalah lain lagi.

  • Oki Ngew

    Keren lah, bakalan jadi calon mobil ugal di jalan, apalagi mengingat tenaganya juga besar utk body seringan itu

    • deathstalker

      Ugal2an kayaknya lebih ke penyakit mental. Tenaga gede body ringan harusnya mah serem.

      • Oki Ngew

        Semakin limbung semakin ‘menantang’ wkwkw

    • Levy Pillar

      Ntar diceperin,ganti velg,dikasi rollbar,dikasi spoiler uda deh jadi mobil balap ?

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Menunggu komen seperti ini “Wah mobilnya kenceng gini bakalan kebalik, harusnya pasang ESC nih!!” wkwkkw :v

    • Andi Toyota

      itumah reviewer autonetmagz yang satu itu aja aneh emang mobil MPV/SUV bakal dipake buat cornering 100kpj apa harus pake ESC segala. Lebay. Mana bisa mobil pindah jalur aytau bermanufer darurat bisa kebalik. Norak aja ah kemakan media otomotif barat.

      • Levi

        Ibaratnya ESC itu helm mas, apa harus dipakai tiap naik motor ?

        NGGAK

        Tp masnya bakalan bersyukur waktu kecelakaan ada helm itu yg ngelindungin mas

      • Oki Ngew

        Tau fungsi esc gak mas? ESC itu menjaga biar mobil gk ‘ngepot’, sewaktu menghindari sesuatu didepan (kondisi kaget & mobil jalan agak kencang). Melek teknologi dong, jangan abs mulu yg dibanggain

      • aiueo

        Dari namanya udah ketahuan dia ini siapa

    • Sudah besar

      Hahahahaha….

  • Sudah besar

    Wow…….Spesifikasinya udah kayak avanza

  • RianS

    Bayangin aja, Apa bisa Calya gantiin posisi Xenia/Avanza sebagai mobil rental?ga mungkin….so calya/sigra hanya utk komuter dalam kota. Buat disiksa ke luar kota saya masih lebih percaya Xenia 1000cc daripada ini. Apalagi FWD bukan teknologi ramah utk org daerah luar jawa.

    • fuchu92

      Rental mungkin bbrapa iya ga banyak
      armada taxi nih keknya lebih cocok di perkotaan

  • sandy

    Acnya doble blower gk?

    • Andi Toyota

      tidak bro

    • Indra

      Kisi AC buat penumpang tengah dan belakang ada di tengah bangku baris pertama, seperti Nissan Grand Livina

  • Indra

    Sepertinya pengembangan calya-sigra ini terinspirasi dari Daihatsu boon luminas (yg juga punya kembaran Toyota namanya passo sette dan sudah discontinue), kayak Agya-Ayla yg terinspirasi oleh Mira e:S (apa jangan-jangan itu basisnya?). Sejak calya-sigra masih konsep (UFC2 dan UFC3) yg bagian kaca samping, terus doortrim, kursi depan menyambung, dan tuas transmisi di dasbor, bagian-bagian itu menyerupai si Boon luminas serta alza di Malaysia itu.

    Seandainya calya-sigra bukan LCGC dan diplot sebagai lawan Mobilio dan Ertiga, mungkin ini adalah lawan yg lebih sepadan dibanding Avanza-Xenia yg RWD (lebih tangguh walau performa dan konsumsi BBM kurang bagus), trus mesin bisa pakai 1.500 cc dual vvti, kabinnya bisa lebih gede dari yg sudah ada (yg bocoran Sigra), fiturnya bisa ditambah, tampilan lebih cakep, dll.

    • romanof

      setujuh sedelapan

    • fuchu92

      Nah iya mobilio kan basis lcgc
      Andai mobilio ga basis lcgc dan mukanya ga memper ama brio
      Pasti ane pinang kemarin
      Masa kalah ama agya avanza yg beda muka, kan brio lio avagya dua”nya beda platform

      • Krisnadi Imam

        Logika nya sih begitu ya. Honda memang ngga punya kompetitor langsung untuk Avanza – Xenia, klo Mobilio dan BRV itu sebenarnya jatuh ke kategori Ertiga, Cayla – Sigra dan Datsun Go+ dan upcoming Datsun GO crossover. Brio sendiri kan kelas nya LCGC.

  • Always35

    Cayla Sigra ini sepertinya Lebih pas buat mobil perkotaan sepertinya deh, kalo buat jalan jauh avania masih lebih “meyakinkan” karena RWD itu…

    Walau pernah denger cerita jakarta – banda aceh jalan darat pake go+ ?

  • Brabusbus

    Dengan gebrakan keras Toyodai yang ngeluncurin Calgra pasti ngebuat Honda gak mau ketinggalan.

    Kalau dilihat dari strategi Honda yang selalu manfaatin yang udah ada dan menjunjung tinggi efisiensi, gak nutup kemungkinan kalau Honda bakal tega ngelokalin mobilio dengan mesin 1.2 yg bertenaga 90 dk itu.

    Dengan skema perpajakan dan biaya komponen lokal yg lebin rendah bukan gak mungkin harganya bisa turun 20-30 juta dr skrg. Yang berarti bisa jd Calgra KILLER.

    • Oki Ngew

      Parah dah kalo itu sampai terjadi

      • Brabusbus

        sabar ya om

    • Gakkou gurashi

      Mobilio Satya jadinya

  • Muhammad Katrok

    setiap persahaan itu punya strategi ,dan tidak semudah itu membunuh pasar merek mobil lain ,juga mobil dlm satu merek .

    ambil contoh avxen brand image nya kuat banget sudah terbukti dng gempuran hadirnya merek mobil lain ,spin livina ertiga mobilio ,mereka toh masih tetap bertahan bahkan avanza masih nagkring sebagai mobil terlaris di indonesia…

    begitupun dng datsun ,januari-mei 2016 masuk 10 besar mobil terlaris diindonesia dng penjualan 15 ribu lebih unit ,mmg masih kalah dng penjualan agya dan ayla ,tapi perlu diingat kehadiran brand DATSUN itu relatif masih baru terdengar ditelinga bagi generasi sekarang ,kecuali bagi pecinta otomotif yg pasti tahu DATSUN sudah ada sejak tahun 70an ,artinya sebagai merek yg belum dikenal hadir ditengah persaingan otomotif yg super ketat ,strategi penjualan datsun sudah luar biasa ,dan kita juga bandingkan dng chevrolet spin ,yg tidak familiar di masyarakat indonesia penjualan nya jeblok ,hingga harus menutup pabriknya ,

  • Sporky

    Saya dukung kemunculan mobil2 hemat bbm kayak begini tapi Jakarta makin macet deh kalo mobil tambah banyak dan penggunaanya tidak dibatasi, kalo cuma bawa badan sendiri enakan naik transjakarta atau krl, cuma capek jalan kaki aja tapi nggak capek nyupir dan parkir, belum lagi musti sabar krn disiplin berlalu lintas masih rendah. Nyupir sendiri enakan weekend pagi2 aja dan usia parts mobil juga jd lebih lama.

    • ascherith

      itu problemnya mobil kursi 7 isinya sehari2 cm 1 ato 2 org. isi 7 pas libur ma lebaran doank

  • tfk001

    Saya masih menunggu Honda bikin Mobilio Satya 1200cc.

    • Sudah besar

      Setuju!!!!!!!

    • deathstalker

      Kasihan yg punya mobilio RS. Bentuknya sama persis dengan lcgc
      Avanza dan Calya aja dibikin beda

  • nusantara nusantara

    tolong kasih tau klo mata ane salah, kok mirip BMW 2 Series Gran Tourer, mercy b class,
    juga tebakan ane nih mobil klo ikut Euro NCAP ato japan ncap minimal dapet bintang 4

  • Tulus Budi

    strategi mumpuni dari Astra……. disinyalir bukan sekedar ‘melawan’ Datsun Go+ ….. lebih untuk menggoyang hati bakal konsumen Low MPV FWD seperti Mobilio dan Ertiga …. harga lebih murah, kabin lapang, BBM irit …. sekali tepuk kena 3 jidat ……

    • ALTEZZA EXEL

      Bisa jadi tuh.. Sama2 7 seater, sama2 FWD, sama2 irit,.. Tinggal adu fitur dan harga aja..
      Mereka yg tidak keturutan beli MPV FWD 7 Seater karena mahal, bisa beralih ke duo astra ini..

    • DODGE

      Betul juga yang ente bilang tinggal toyota dan daihatsu mainin fitur dan minimal plat bodynya sedikit di tebelin akan kacang goreng dan memungkinkan ertiga dan mobilio berpikir keras lgi membuat facelift…

  • Buzzera

    Gila makin macet dah wkwk

  • COEG

    Kaleng kerupuk g nih bodinya :v … apa lebih parah kayak kaleng wafer wkwkwkwk
    semoga bodinya kuat minimal sekuat kaleng biskuit monde atau oreo all in one

  • hammerhead

    Sebenernya bukan membunuh datsun atau avanza. Mobil kaya gini yg membunuh mobil merk lokal… gimana mau punya merek mobil sendiri klo mobil sejuta umat diperbanyak…..

    • Mika Hendrawan

      bisa membunuh keluarga sendiri juga om,
      lagi marak fenomena Agya/Ayla, Datsun Go Panca kebut2an di jalan Tol
      Manusia kadang emang suka lupa daratan

  • Arnev

    Calya agya body tinggi n lebar. kalo gak pake ac double blower pasti k panasan tuh penumpang yg d belakang. Berbanding terbalik dengan datsun go+.
    Mesin. Datsun pake nisan march. Klo calya masih prlu d uji. Kalau Pake mesin xenia 1000cc atau 1300cc. Boleh tuh.
    Interior calya agya menang dr pada Datsun go+.
    Apakah harga bisa dibawah Datsun.???

  • Adrian

    mungkin datsun bisa bertanding dengan calya&sigra, kalau datsun ingin memberikan datsun go+ panca facelift exterior&interior.

  • ascherith

    yah selamat datang mobil 7 tempat duduk berpenumpang 1,2 orang dan makan ruas jalan. yg bkin macet bkn soal bnyk nya jumlah mobil tapi jumlah mobil berbadan gede berisi cuma sopir dan tandemnya alias 5 bangku sisa cm kepake klo lebaran, mudik, jalan pas tanggalan merah. moga2 pemerintah bikin pajak buat mobil 7seater lbh mahal. pdhal klo buat harian mobil kecil lbh murah dan pas mo jalan sekampung knp ga mamfaatin jasa rental toh kepake cm 1 hari doank tuh mobil gembrot?

  • Igor kankarouf

    Kalo menurut ane biar jakarta gk macet ntu cara nya. Mobil yg boleh di pake di jalan ntu harus mobil mewah buatan eropa+dgn pajak yg gede pula. Sama motor yg boleh jalan ntu yg 1000 cc. Di jamin pada kagak mampu beli kendaraan pribadi. All hasil kendaraan umum jadi laku.

  • Djoni

    Mayan buat ngegrab ato nguber. Tp mending mana ya? Avanza, mobilio ato ertiga buat ngegrab

  • Mika Hendrawan

    Oh my, here comes another one
    jgn dibawa kebut2an ya di jalan Tol
    plis, saya sering ngeliat Datsun Go Panca dipake ngebut di tol

    ngeri2 sedap liatnya
    be humble and down to earth

    and keep remember of cicilan, eh nyawa kita yaaa

  • Shafa pratama

    Gambar turbo kayak on mobi

  • Shafa pratama

    Pake turbo kayak Om mobi supaya bisa nyalip Bis malem di pantura