Spesifikasi Toyota Calya Sadis, Berpotensi Membunuh Datsun Hingga Avanza!

by  in Daihatsu&Datsun&Toyota
Spesifikasi Toyota Calya Sadis, Berpotensi Membunuh Datsun Hingga Avanza!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Toyota Calya dan Daihatsu Agya tinggal menghitung minggu untuk segera diluncurkan di Indonesia beberapa saat lagi, menjelang peluncurannya, melalui situs otomotifnet, spesifikasi mobil ini sudah bocor terlebih dahulu ke tangan awak media.

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya akan berbagi spesifikasi seperti halnya mobil-mobil mereka sebelumnya yang cukup sukses, lihat saja bagaimana Avanza – Xenia, Rush – Terios dan Agya – Ayla. Berdasarkan jalan yang cukup panjang diantara kedua brand tersebut, bisa dipastikan secara dimensi dan mesin, kedua mobil tersebut akan memiliki spesifikasi yang sama.

Setelah melihat spesifikasi mobil ini, menurut analisa kami mobil ini tidak hanya akan membunuh Datsun GO yang dijadikan sebagai kompetitor utamanya, melainkan kakaknya sendiri yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Mengapa?

spesifikasi-mesin-toyota-calya-vs-datsun-go-vs-avanza

Pertama mari kita lihat dari mesin. Spesifikasi mesin Toyota Calya cukup menjanjikan dengan 88 PS pada 6.000 Rpm dan torsi 108 Nm pada 4.400 Rpm, selain mengungguli Datsun GO, mesin tersebut juga berbeda tipis dengan Toyota Avanza 1.300 cc yang bertenaga lebih besar 9 Ps dan torsi lebih besar 16 Nm.

Tapi, Toyota Calya bisa memiliki performa dan efisiensi yang bisa lebih baik dari Toyota Avanza, kenapa? Karena selain CC-nya lebih kecil, ia punya sistem penggerak roda depan dan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Toyota Avanza 1.300 cc yang memiliki power loss lebih besar karena menggunakan gardan dan bobt lebih berat untuk penggunaan perkotaan.

Contohnya gini aja deh, Datsun GO+ Panca yang punya tenaga lebih kecil dari Sigra dan Calya buktinya punya tarikan yang dahsyat dengan 0 ke 100 kilometer perjam dibawah 12 detik berkat penggunaan penggerak roda depan dan bobotnya yang ringan. Avanza? Bisa disikat!

Kemudian dari interiornya dan eksteriornya, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra punya dimensi yang tidak kalah dibandingkan dengan Toyota Avanza sekalipun. Coba simak gambar dibawah ini yang menunjukan perbandingan kabin Toyota Calya vs Avanza? Soal kelegaannya sepertinya mirip-mirip meskipun Calya terlihat lebih kecil.

kelegaan-kabin-avanza-vs-calya

Antara Avanza dan aclya, perbedaannya menurut spesifikasi sangat tipis, ia memiliki panjang lebih pencek 70 milimeter saja, tingginya cuma berbeda 95 milimeter saja tapi ground clearancenya lebih pendek 20 milimeter dan lebarnya cuma berbeda 5 milimeter, atau bisa dibilang tidak terasa. Namun penggunaan sasis monokok pada Calya bisa membuatnya lebih lega dibandingkan dengan Toyota Avanza, nggak percaya?

Coba lihat spesifkasi dibawah, Toyota Calya mengclaim memiliki kapasitas bagasi dengan kursi ditegakan sebesar 263 liter, Avanza? Hmm… Toyota nggak pernah melakukan penghitungan kapasitas bagasi dari yang kami cari, namun Honda Mobilio yang terkenal sangat lega memiliki kapasitas 230 liter saja, jadi jika Calya benar lebih besar dari Mobilio, tentu saja lebih besar dari Avanza yang memiliki bagasi lebih kecil dari Mobilio.

Dimensi-Toyota-Calya-vs-Datsun-GO-vs-Avanza

Begitupula saat kursi dilipat, Calya menglaim bisa memiliki kapasitas hingga 503 liter atau kapasitas yang nyaris sama dengan bagasi Mazda CX-5. Dahsyat sekali bukan? Angka-angka ini pasti sukses membuat Datsun ketar ketir dan pasar Avanza tergerus.

Dengan spesifikasi yang cukup killer secara dimensi, mesin dan kelegaan kabin. Mobil ini bisa menjadi gerbang kematian bagi Datsun dan mengambil tahta volume maker kakak kandungnya sendiri. Semoga saja built quality dan material mobil ini juga turut mendukung. Gimana?

Read Prev:
Read Next: