Spesifikasi Mazda 3 SkyActiv-X Bocor, Lumayan Besar!

by  in International&Mazda
Spesifikasi Mazda 3 SkyActiv-X Bocor, Lumayan Besar!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah melihat Mazda 3 2019 langsung di Singapore Motor Show 2019, tadinya kami pikir mobil itu sudah langsung menggendong mesin baru SkyActiv-X. Sayangnya, mesin baru itu ternyata belum siap dihadirkan, padahal kami penasaran seperti apa spesifikasi mesin SkyActiv-X Mazda yang katanya menggabungkan kehalusan mesin bensin dan torsi mesin diesel. Setidaknya kan boleh tahu dulu berapa angkanya sebelum mencoba di jalan.

Nah, akhirnya kita bisa mengintip spesifikasi mesin Mazda 3 2019 yang pakai teknologi SkyActiv-X. Pasalnya, Jalopnik mendeteksi adanya bocoran spesifikasi dari Mazda Slovakia yang memuat angka tenaga dan torsi mesin SkyActiv-X. Pada data itu, disebutkan tenaganya 133 kW dan torsinya 222 Nm. Jika dikonversikan, 133 kW itu sekitar 181 metric horsepower alias PS atau 178 mechanical horsepower alias hp.

Sayangnya, bocoran data ini tidak menyebutkan berapa kapasitas mesin SkyActiv-X Mazda 3 2019, hanya angka tenaga, torsi dan harga saja. Sebagai pembanding, mesin Mazda 3 yang SkyActiv bensin biasa saat ini tenaganya 160 PS dan torsinya 210 Nm. Jika spek itu benar, maka selisih kenaikannya bisa dibilang besar. Meski tidak ada kapasitas mesinnya, kami ingat kalau mesin SkyActiv-X yang kami coba prototipenya berkapasitas 2.000 cc.

Tapi mengapa Slovakia? Kalau menurut warta dari Motor Trend, Mazda sengaja ingin memasukkan mesin SkyActiv-X ke negara atau pasar yang regulasi gas buang kendaraannya sangat ketat dulu, baru kemudian ke pasar yang regulasinya agak longgar. Berani juga sih, soalnya mesin ini kan masih “bau kencur”, belum lagi harus berhadapan dengan mesin-mesin hybrid yang konon juga bisa menghasilkan emisi rendah. Secara teknologi pun, SkyActiv-X tidak sekompleks mesin hybrid.

Pilihan mesin SkyActiv-X untuk Mazda 3 2019 konon akan disediakan buat kedua jenis bodi. Jadi mau pilih yang hatchback atau yang sedan, tetap dapat pilihan SkyActiv-X. Mesin ini juga dapat pilihan girboks otomatis atau manual, tapi hanya varian hatchback yang bisa pilih penggerak antara FWD atau AWD, sementara sedan hanya dapat penggerak FWD saja. Apa menurutmu jika sebuah mesin bensin non-turbo bisa dapat 178 hp dan 222 Nm? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: