Spek Mazda 3 Turbo Bocor : 227 hp, 420 Nm Standar!

by  in  Berita & International & Mazda
0  komentar

AutonetMagz.com – Mazda tetap tidak patah asa untuk terus mengembangkan produk-produknya dan bertransformasi menjadi merek premium meski kondisi juga sedang sulit, bahkan di dalam kas mereka sendiri. Beberapa waktu lalu mereka mengijinkan publik mendengar tipis-tipis suara Mazda 3 baru bermesin turbo. Ya, setelah mesin SkyActiv biasa dan SkyActiv-X, Mazda 3 akan pakai turbo seperti sedan premium Jerman, misalnya BMW 3-Series dan Mercedes-Benz C Class.

Sebenarnya mesin yang terpasang di Mazda 3 turbo bukan mesin baru, melainkan mesin 2.500 cc 4 silinder SkyActiv Turbo yang sama dengan Mazda CX-9. Meski sebenarnya masih belum meluncur, Mazda Mexico baru membuat video yang menerangkan soal lonjakan positif yang dialami Mazda 3 turbo. Berkat mesin itu, Mazda 3 turbo bisa memuntahkan tenaga 227 hp dan 420 Nm dari mesin ke aspal. Biar mudah membayangkannya, mari kita main perbandingan sedikit.

Tenaga 227 hp dan torsi 420 Nm membuat Mazda 3 turbo jadi jauh lebih bertenaga dibandingkan BMW 320i spek Indonesia, namun masih di bawah BMW 330i. Perlu diingat, harga BMW jauh lebih mahal daripada Mazda. Perbandingan lainnya lagi adalah bahwa Mazda 3 turbo punya torsi lebih besar daripada Honda Civic Type R FK8 yang bertenaga 306 hp dan 400 Nm. Ya, hanya torsinya yang lebih besar, tenaganya tidak, tapi hebat lho torsinya lebih besar daripada hot hatchback itu.

Jangan bandingkan dengan Civic Turbo biasa atau Corolla Altis baru ya, jelas jauh angkanya. Dengan angka sebagus itu, Mazda 3 harusnya mudah untuk membuat merek Jerman takut. Bukan sekedar khawatir, tapi takut. Meski mesinnya berubah, transmisinya masih sama-sama otomatis 6 percepatan. Spesifikasi Mazda 3 turbo pasar Meksiko menyebutkan bahwa Mazda 3 turbo dilengkapi penggerak AWD.

Mazda 3 turbo yang ditampilkan juga memiliki pelek alloy 18 inci, sunroof, 7 airbags, MZD Connect, lampu LED depan belakang, blind spot monitoring, audio Bose 12 speaker dan masih banyak lagi. Mazda 3 turbo di sana duduk sebagai varian tertinggi yang jelas akan membuat harganya jadi yang termahal, namun masih terjangkau jika dibanding BMW, Audi, Mercedes-Benz atau Lexus. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: