Spek Hyundai Ioniq Bocor, Konsumsi BBM Lebih Baik Dari Prius

by  in Hi-Tech&Hyundai&International
Spek Hyundai Ioniq Bocor, Konsumsi BBM Lebih Baik Dari Prius
0  komentar
hyundai-ioniq-front-fascia-design-leaked

AutonetMagz.com – Walau sebenarnya terlambat untuk masuk ke kancah mobil hijau, Hyundai tetap berani menyajikan mobil andalannya untuk bersaing dengan Toyota Prius. Tentu bukan cuma gertak sambal biasa karena Hyundai sendiri mengerti seberapa kokoh Toyota memelihara dominasi Prius. Maka dari itu beberapa kartu AS mereka susun agar mobil terbaru mereka, Ioniq bisa sukses diterima pasar.

Berdasarkan media Auto Evolution, Hyundai Ioniq memang tidak akan menunggu waktu lama lagi dilempar ke pasar. Bahkan di korea sendiri sudah dibuka daftar inden untuk Ioniq. Lalu dari situs Hyundai-Blog, akhirnya kita mendapatkan detail spesifikasi mengenai Hyundai Ioniq. Seperti pemberitaan kami sebelumnya, Hyundai mensetting Ioniq dengan tiga jenis : Electric Vehicle, Plug-in Hybrid dan Hybrid standar. Namun berdasarkan bocoran keterangan hanya tertera spek untuk Plug-in Hybrid dan Hybrid standar. Bisa jadi peluncuran versi EV akan disusulkan di lain waktu.

hyundai-ioniq-specification-leaked

Sesuai data yang didapat, Hyundai Ioniq akan mendapatkan mesin 1.6-liter GDI (Gasoline Direct Injection) dengan tenaga 105 HP @ 5,700 RPM dan torsi 147 Nm alias 108 lb-ft @ 4,000 RPM. Tenaga ini akan didistribusikan melalui transmisi 6-speed DCT. Sialnya kami memang tidak terlalu favorit dengan sinetron korea, plus mumet lihat huruf korea, sehingga kita tidak tahu mana yang Plug in Hybrid dan mana yang Hybrid standar di tabel ini. Yang jelas versi EV tidak tertera disini.

Pada tabel tersebut, dua jenis Ioniq dibedakan dengan penggunaan ban dengan velg 15 inchi dan velg 17 inchi. Untuk versi 15 inchi maka konsumsi BBM mencapai  22.4 kilometer/liter (4.46 liter/100 km atau 52 MPG) dengan emisi 69 gram/kilometer. Pada versi 17 inchi maka konsumsi BBM mencapai 20.2 kilometer/liter (4.9 liter/100 km atau 47.5 MPG) emisi yang dihasilkan 78 gram/kilometer.

hyundai-ioniq-back-design-leaked

Dengan rancang bangun Ioniq, Yang Woong-chul, kepala R & D Hyundai menyatakan mereka cukup pede untuk masuk ke kelas Hybrid. Bukan apa-apa, karena banyak hal baru yang terkandung di Ioniq seperti sasis, penawaran tiga tipe mesin, rancang bangun yang berbeda dengan Toyota dan baterai jenis baru. Baterai ini berjenis lithium polymer yang dibuat oleh LG Chem. Struktur polymer yang diusung diklaim jauh lebih baik dibandingkan lithium-ion konvensional. Selain itu konsumsi BBM pun diklaim Yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kompetitor asal Jepang.

Hyundai Ioniq rencananya akan segera dilaunching pertama kalinya di Korea Selatan pada bulan Januari ini. Sedangkan untuk debut global akan dipamerkan pada Geneva Auto Show Maret 2016 dan New York Auto Show. Harapan Hyundai, Ioniq akan mendapat hati di mata konsumennya dan dapat menggoyang kue penjualan Hybrid yang sudah eksis terlebih dulu. Gimana pendapatmu tentang Ioniq terbaru ini? sampaikan saja komen di bawah ini seperti biasa bung…

Read Prev:
Read Next: