Singer dan Williams Tawarkan Mesin 500 hp Tanpa Radiator!

by  in Hi-Tech&International
Singer dan Williams Tawarkan Mesin 500 hp Tanpa Radiator!
0  komentar

AutonetMagz.com – Singer adalah perusahaan kecil asal Amerika yang sudah khatam soal merestorasi Porsche 911 klasik dan membuatnya menjadi lebih segar, lebih cantik dan lebih bertenaga untuk hidup kembali di masa kini. Sementara Williams, ya, salah satu tim F1 yang punya kemampuan engineering yang patut diwaspadai, terutama di pengembangan teknologi otomotif. Nah, bagaimana kalau Singer dan Williams berkolaborasi?

Itu sudah terjadi. Sekarang, Williams dan Singer punya proyek untuk membuat mesin 4.000 cc flat 6 bertenaga 500 hp. Mesin ini tidak pakai turbo, jadi luar biasa kala mesin yang tidak sebesar mesin supercar dan hanya 6 silinder bisa menghasilkan 500 hp meski tak pakai turbo. Eh tunggu, bukannya Porsche 911 GT3 RS dan 911 R juga pakai mesin 4.000 cc 6 silinder boxer normally aspirated 500 hp buatan Porsche Motorsport? Terus bedanya di mana?

Bedanya, mesin buatan Porsche Motorsport lebih modern dengan pendinginan air, sementara buatan Singer dan Williams akan mengambil kiblat klasik dengan pendingin udara. Gila? Memang, tapi jika ada yang minat, kenapa tidak? Mesin ini sanggup untuk berputar hingga 9.000 rpm lebih, memakai connecting rods berbahan titanium, throttle body dari aluminium, air intake carbon fiber, kipas pendingin mesin yang lebih besar dan lain-lain.

Untuk memastikan mesin ini layak pakai, Singer dan Williams meminta Hans Mezger sebagai konsultan teknis proyek ini. Beliau sudah khatam dengan mesin Porsche selama bertahun-tahun dan merupakan salah satu perancang mesin terbaik yang pernah ada. Menurut Singer, ini adalah proyek mandiri dan basis mesinnya adalah buatan Williams, di mana sudah ada 1 konsumen yang bakal jadi pemakai pertama mesin ini.

Adalah Porsche 911 tahun 1990 milik Scott Blattner yang sedang direstorasi Singer yang siap dipasangi mesin gila ini. Scott sudah punya 3 Porsche 911 lain yang sudah direstorasi oleh Singer, jadi dia sudah tahu apa yang akan ia dapat nanti. Sebelum dengan Williams, Singer meminta Cosworth di California untuk menyetel mesin 3.800 cc flat 6 non turbo buat menghasilkan 360 hp. Apa opinimu tentang mesin 500 hp tanpa radiator? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: