SHVS Bermasalah, Suzuki Akan Recall 60 Ribu Mobil di India

SHVS Bermasalah, Suzuki Akan Recall 60 Ribu Mobil di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama SHVS alias Smart Hybrid Vehicle by Suzuki memang sempat menghiasi diler – diler Suzuki di Indonesia berkat hadirnya teknologi mild hybrid tersebut di Suzuki Ertiga Diesel rakitan India beberapa tahun lalu. Nah, pasca Suzuki Ertiga berganti generasi, teknologi SHVS pun menghilang di Indonesia, namun tidak di India. Teknologi ini masih ditanamkan di beberapa mobil yang dijual oleh Maruti Suzuki. Sayangnya, justru SHVS-lah yang menjadi problem beberapa waktu lalu.

Mengutip informasi via Team-BHP, pihak Maruti Suzuki kabarnya akan segera mengumumkan sebuah recall yang berjumlah besar untuk beberapa mobil dengan teknologi SHVS. Mobil – mobil yang terkena dampak recall ini antara lain adalah All New Suzuki Ertiga, Suzuki XL6, dan Suzuki Ciaz. Nah, kalau diperhatikan, ketiganya menggunakan mesin yang sama, yaitu mesin K15B yang dilengkapi dengan sistem mild hybrid SHVS. Sumber menyebutkan bahwa komponen yang bermasalah pada sistem SHVS kali ini adalah komponen utama dari sistem tersebut yaitu Integrated Starter Generator (ISG).

Sayangnya, belum ada detail informasi mengenai apa masalah yang ditemukan pada ISG mobil – mobil ini. Yang jelas, ada sekitar 60.000 kendaraan produksi Maruti Suzuki yang ISG-nya bermasalah. Pihak diler Suzuki sendiri kabarnya juga sudah menerima perintah untuk menghentikan sementara penjualan dari varian SHVS untuk ketiga mobil tersebut. Sedangkan pabrik perakitan yang merakit varian mild hybrid tersebut juga sudah diinstruksikan untuk berhenti melakukan pengiriman ke diler. Nampaknya, pihak Maruti Suzuki masih akan mendalami apa masalah dan penyebab serta solusi untuk sistem SHVS mereka.

Untuk para pemilik kendaraan yang masuk dalam daftar recall, kabarnya Maruti Suzuki akan menyediakan kendaraan pengganti sementara hingga mobil mereka selesai di perbaiki nantinya. Dan seperti recallrecall lain, pihak Maruti Suzuki juga akan membebaskan biaya layanan tersebut. Jika kita mundur sejenak, sebenarnya kemunculan SHVS pertama kali adalah di mesin 1.300cc Diesel. Namun, sejak Suzuki Ciaz facelift diperkenalkan, pihak Maruti Suzuki menerapkan teknologi tersebut di mesin bensin. Hal serupa pun akhirnya ikut diterapkan di All New Suzuki Ertiga dan Suzuki XL6 yang mesinnya sama.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Mari sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: