Seriusi Toyota Supra 2019, Toyota Tak Hanya Mengacu ke BMW!

by  in International&Toyota
Seriusi Toyota Supra 2019, Toyota Tak Hanya Mengacu ke BMW!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah setengah jalan bagi Toyota dalam mendevelop Toyota Supra baru. Mereka sudah mengonfirmasi kalau kode Toyota Supra 2019 akan berkode A90, meneruskan dari Supra A80 (JZA80) dan Supra A70 yang menjadi pendahulunya. Tetsuya Tada, orang yang juga mempelopori duet kembar Toyota 86 dan Subaru BRZ lumayan terbuka soal apa yang Toyota siapkan demi menghidupkan Supra lagi.

Bukan rahasia kalau Toyota bekerja sama dengan BMW untuk menghadirkan Supra dan Z4 buat masing-masing merek. Toyota memastikan Supra bakal pakai mesin 6 silinder turbo, karena itulah yang diminta fans Supra.”Banyak fans bilang kalau Supra baru tidak pakai mesin 6 silinder, itu bukan Supra lagi namanya,” kata Tetsuya Tada, sekaligus demi alasan tradisi. Jelas, 4 generasi Toyota Supra selalu pakai mesin 6 silinder, khususnya klan mesin JZ yang kuat, tangguh, badak dan legendaris.

Demi handling, Toyota Supra akan dibuat dengan titik berat yang lebih rendah dari Toyota 86, termasuk bodi yang 2 kali lebih rigid daripada 86. Selain itu, Tetsuya Tada tidak mengharamkan soal varian hybrid, tapi entah pakai sistem hybrid-nya Toyota atau BMW. Menariknya, meski bekerja sama dengan BMW, Toyota tidak bilang kalau mereka cuma mengacu ke model-model sport baru BMW dalam menggodok Supra baru. Jadi, siapa yang menjadi benchmark atau patokan Toyota?

Ketika ditanya oleh Motor Trend soal mobil dari siapa yang telah diteliti oleh timnya, Tada-san menolak dengan mengatakan, “Tidak ada patokan atau benchmark yang jelas dalam hal model Supra ini. Tapi setiap kali ada model baru dari Porsche, kami pasti membeli dan mempelajarinya. Jadi itu salah satu referensi penting.” Mungkin ada beberapa mobil lain yang juga diteliti, tapi Tetsuya Tada lebih fokus ke Porsche.

Selain itu, diketahui kalau Porsche 911 baru yang berkode 992 akan dirilis tahun depan, dan di situlah akan muncul 911 hybrid. Bisa jadi Toyota akan turut mempelajarinya untuk menggodok Supra hybrid. Selain Toyota, Honda juga diketahui membeli beberapa unit Porsche untuk dipelajari dan diteliti dalam merancang supercar mereka, NSX. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: