Seriusi Konsumen China, BMW Siap Suguhkan Mesin 2.0 L 4 Silinder Turbo Untuk Seri 7

by  in Berita&BMW&International
Seriusi Konsumen China, BMW Siap Suguhkan Mesin 2.0 L 4 Silinder Turbo Untuk Seri 7
0  komentar
bmw 7 series white

AutonetMagz.com – BMW Indonesia sudah memasarkan Seri 7 terbaru yang berkode G11/G12 di sini, dan meski hanya 1 model yang dijual yaitu BMW 740Li, tapi ada 2 trim kemewahan yang ditawarkan. Lain Indonesia, lain China, karena BMW China yang memiliki jumlah konsumen yang besar – karena penduduk di sana juga jumlahnya besar – BMW punya menu khusus untuk pasar di sana. Menu khusus itu adalah seri 7 versi murah dengan mesin 2.000 cc 4 silinder turbo.

Menurut Paultan, Seri 7 bermesin kecil itu akan dinamai 730Li. Dibanding BMW 740Li Indonesia yang bermesin 3.000 cc 6 silinder twin turbo, 730Li memang terlihat kurang besar mesinnya. Mesin 2.000 cc 4 silinder turbo ini dipinjam dari Seri 3, bisa menyalurkan tenaga 252 hp dan torsi 350 Nm, masih disalurkan ke roda belakang via transmisi matik 8 percepatan. Oh ya, ini sekaligus merupakan pertama kalinya BMW Seri 7 punya pilihan mesin 4 silinder.

bmw 7 series interior

Alasan BMW menyediakan pilihan mesin kecil ini adalah membantu konsumen yang akan menggunakan Seri 7 sebagai kendaraan pribadi atau mobil korporat/perusahaan agar bisa lolos dari pajak mesin besar yang menggila dan mencekik di sana. Tidak masalah sih, meski rasanya agak aneh kalau sudah bisa beli BMW Seri 7 tapi masih mempermasalahkan biaya operasional.

Sebagai konsekuensi logis, BMW 730Li ini tidak akan memiliki fitur yang selengkap Seri 7 lain yang lebih mahal, tapi tidak sesadis sunatan mayoritas merek di Indonesia yang sangat hobi membuat mobil jualannya terkesan kosongan karena nyaris tidak ada apa-apa di dalamnya. Perlu diingat, 730Li ini kemungkinan besar khusus untuk pasar China saja, tidak akan diekspor ke negara lain di Eropa dan Amerika, karena sedan besar kelas premium dengan mesin kecil adalah ide yang konyol.

kabin-belakang-bmw-seri-7

Andai tak ada hambatan dan rencana ini mendapat lampu hijau, BMW 730Li akan diluncurkan pada bulan Maret 2016 dan langsung dijual di China beberapa bulan setelahnya. Indonesia? Sepertinya tidak butuh lah ya, BMW 740Li yang kita dapat di sini sudah cukup memuaskan kok. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Levi

    Nanti di Indonesia dibuatkan Serie 7 yg mesinnya bisa minum Premium

    Maklum, bbm mahal skrg, kasihan pemilik Serie 7

    • Yonzi

      Mustahil banget kayanya bro

      • Levi

        Itu buat nyindir orang” kaya yg bisa beli mobil mahal tp msh pake premium bro

    • petrolhead

      seri 7 diesel yg bisa minum solar kampung dong, please…..:-))

      • Levi

        Jangan gan, solar dipedalaman sering habis, mending premium,

    • wkwkwkwk…. laris pasti disini :v

      • Levi

        Wkwkwkwk

  • Ahuru

    Tetep lebih suka 7 series indonesia

  • V-max

    3 series bener-bener dibikin mirip 7 series eksteeiornya,
    Sama kasusnya kaya cbr150r dan cbr1000rr

    • ajo

      C class juga baby S class hehe

  • pescarolo

    Kayanya mesin ini justru lebih sensible daripada yang 3.0L. 252 dk dan 350 nm pas2 aja buat seri 7. Mobil segede dan senyaman ini justru pas banget buat nikmatin kemacetan di Jakarta. Kalo ga macet, kenikmatannya cuma sesaat. Malah jadi percuma beli mobil nyaman mahal2. Buat nikmatin macet ga butuh mesin gede dan kenceng. Butuhnya mesin yang awet bensinnya buat dipake jalan pelan2. Hehe..
    Eniwei, yg seri 3 bukannya 187 dk dan 350 nm ya diesel 2.0 nya?