Serius Jual Online, Honda Gandeng Sejumlah e-Commerce

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Serius Jual Online, Honda Gandeng Sejumlah e-Commerce
0  komentar

AutonetMagz.com – Meskipun banyak pabrikan otomotif yang kini mengalami kesusahan karena adanya pandemi COVID-19, namun mereka tidak kehabisan akal untuk terus menyambung rantai ekonomi. Sejumlah pabrikan kini mulai serius dengan penjualan mobil secara online, termasuk APM dari Honda di Indonesia yaitu Honda Prospect Motor (HPM). Malahan, baru – baru ini HPM menggandeng dua e-Commerce lokal untuk menggarap pasar online.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor menjelaskan, “Peningkatan pembelian mobil secara online dipengaruhi antara lain oleh pembatasan aktivitas konsumen di luar rumah dan juga perilaku konsumen yang semakin terbiasa melakukan belanja secara online. Hal ini terutama berasal dari konsumen yang melakukan repeat order atau pernah melakukan pembelian mobil Honda sebelumnya, namun saat ini juga mulai banyak dilakukan oleh konsumen baru yang semakin percaya terhadap brand Honda. Kami melihat hal ini juga akan terus meningkat setelah kita memasuki era normal yang baru nanti.

Honda menggandeng dua situs e-commerce, yaitu Blibli dan Tokopedia. Melalui kerjasama ini, Honda akan membuka toko resmi (official store) serta memberikan promo eksklusif untuk konsumen yang melakukan pembelian di kedua situs penjualan online tersebut. Executive Vice President (EVP) of Digital Product & Automotive Category Blibli, Lay Ridwan Gautama mengatakan, “E-commerce menjadi kanal penjualan dan pemasaran utama bagi pengusaha ritel, termasuk otomotif, karena e-commerce mampu menjaga akses ke pasar walaupun di tengah keterbatasan akibat COVID-19. Honda Prospect Motor telah menjadi mitra kuat bagi Blibli dan sebab itu, kami bangga terpilih menjadi partner e-commerce yang hadir dalam bentuk official online store.

AVP of Business Tokopedia, David Kartono mengungkapkan, “Kolaborasi antara Tokopedia dengan Honda juga menjadi salah satu upaya kami dalam mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, termasuk dari industri otomotif, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring”. Konsumen yang melakukan pembelian mobil melalui Blibli dan Tokopedia juga mendapatkan bonus yang sama yang berlaku untuk program “Beli Honda di Rumah Aja”. Seluruh program di atas berlaku di seluruh dealer Honda di Indonesia selama periode bulan Mei dan Juni 2020.

Oiya, Pada akhir tahun 2019 lalu, pembelian mobil Honda yang dilakukan secara online tercatat masih di bawah 5%. Sementara pada bulan April 2020, pembelian mobil Honda secara online meningkat hingga mencapai sekitar 20% dari seluruh total penjualan Honda di Indonesia. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: